May 6, 2017

Day 6 - 2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17

2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17

Aku sangat kagum akan kecintaan Daud pada Allah.  Setelah kerajaannya kokoh, Daud tidak berdiam diri saja santai2 di kerajaannya.  Daud tetap ingat Tuhan diwaktu dia berjaya. Bukti dari kerendahan dirinya dihadapan Tuhan adalah Daud merencanakan membangun bait suci tempat kediaam Allah, shg tabut Tuhan tidak tinggal di Kemah suci lagi.
1 Tawarikh 17:1 (TB)  Setelah Daud menetap di rumahnya, berkatalah ia kepada nabi Natan: "Lihatlah, aku ini diam dalam rumah dari kayu aras, padahal tabut perjanjian TUHAN itu ada di bawah tenda-tenda."

Melihat niat baiknya Daud tsb, Allah menanggapi Daud lebih dari apa yang Daud inginkan.  Dari hal ini aku belajar bahwa ketika aku memikirkan perkara2 Allah, aku akn melihat hal2 yang diluar dari apa yang aku pikirkan.  Tuhan menjawab aku Lebih dari keinginanku.  Oh, Tuhan sungguh tak terselami jalan pikiran Allah bagi kami manusia.

Allah menanggapi keinginan Daud tsb dengan berjanji akan 3 hal berikut ini kpd Daud :

1. Janji mengenai diri Daud
1 Tawarikh 17:8 (TB)  Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku akan membuat namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi.
Tuhan berjanji akan membuat besar nama Daud.  Keluarga Daud dan kerajaannya serta tahtanya akan kokoh untuk selama lamanya. 2 Samuel 7:16 (TB)  Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya."

2. Janji mengenai kerajaan Israel
1 Tawarikh 17:9 (TB)  Aku akan menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan akan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditekan oleh orang-orang lalim seperti dahulu,
 Allah berjanji bahwa kerajaan Israel akan ditanamkan dgn kokoh shg diam di tempatnya sendiri.

3. Janji mengenai keturunannya
1 Tawarikh 17:11 (TB)  Apabila umurmu sudah genap untuk pergi mengikuti nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, salah seorang anakmu sendiri, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.1 Tawarikh 17:12 (TB)  Dialah yang akan mendirikan rumah bagi-Ku dan Aku akan mengokohkan takhtanya untuk selama-lamanya.
 Ini menunjukkan Salomo anak Daud yang akan membangun bait suci.  Dan yang lebih besar dari situ juga menunjukkan Yesus Kristus anak Daud yang akan mjd Raja.

Respon : Terimakasih Tuhan buat pengajaran hari ini.  Aku mau belajar spt Daud, belajar akan kecintaannya kpd Tuhan.  Mampukan aku memikirkan hal2 surgawi dlm hidup ini, memikirkan pekerjaan tangan Tuhan di bumi ini. Amin

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Belajar Memasak - Ikan Mas Arsik

Belakang ini aku lagi rajin-rajinnya masak. Dan lagi memang belajar masak masakan khas batak :) Sudah ada sekilas baca2 resep2nya...