Oct 16, 2017

Belajar Memasak - Ikan Mas Arsik

Belakang ini aku lagi rajin-rajinnya masak. Dan lagi memang belajar masak masakan khas batak :) Sudah ada sekilas baca2 resep2nya, tapi sebenarnya guru paling andal dalam memasak masakan batak yaitu nyokap. Ini salah satu masakan batak yang sudah berhasil dibuat, walau memang masih ada kurangnya juga sih. Tapi dari survey orang dirumah katanya enak :) rasa paslah untuk ukuran pemula hahahaha. 

Jadi minggu itu pergi kepasar beli ikan mas. Beli yang masih hidup 3 ekor. Sengaja memang gak potong lagsung di tempat ikan biar belajar potong sendiri dirumah. Tapi alhasil gagal juga motongnya, ikannya lari karena licin dipegang wkwkwk. 


Ini bahan-bahan yang disiapkan :











- Ikan Mas 1 kg
- Tahu ( untuk tambahan pelengkap)
- Kacang Panjang
- Bawang Batak
- Kemiri
- Bawang Putih
- Bawang Merah
- Cabe
- Kunyit
- Asam gelugur
- Serai
- Andaliman ( tapi resep diatas ga pakai, seharusnya pakai biar tambah lezat)

Cara membuat
- Giling cabe, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit
-  Tuang air didalam kuali serta masukkan seluruh bumbu halus yang telah digiling. Masukkan serai, Asam gelugur
- Setelah air mendidih. Tata tahu dibagian bawah, baru ikan mas dan sayur kacang panjang. Usahkan ikan terendam seluruhnya sehingga masak utuh. 
- Tunggu sampai masak , dan jangan lupa kasih garam secukupnya. 

Masakanya sebenarnya sangat mudah, gak pakai minyak, dan gak terlalu repotlah. Dan ini dia hasilnya, sepertinya warna nya agak kurang kuning sedikit lagi :) 





Entah mengapa aku senang sekali. Mungkin inilah wanita, panggilannya dalam memasak itu pasti ada hahaha. Lain wantu mau belajak masak ikan mas naniura. Udah ngiler aja nih jika diingat. Jika berhasil bakalan di posting disini. Oh iya, aku tulis di blog ini untuk pengingat diriku dan untuk sharing buat yang lainya. 




Oct 6, 2017

Tindakan ketika kekuatiran muncul

1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Pagi ini aku begitu bersyukur dan dikuatkan Tuhan oleh FirmanNya. Suara Tuhan itu dapat kita dengar salah satunya dari membaca Alkitab. Dengan mendapat rhema dari Firman. Hari ini Tuhan bilang sama aku " serahkanlah segala kekuatiranmu uli kepda Tuhan, sebab Tuhan yang memelihara mu. "

Dua hari ini aku memang begitu kuatir masalah kesehatanku lagi. Dan membaca pesan Tuhan pagi ini membuatku menangis bersukacita. Menghiburkan aku, menguatkan aku. TUHAN YESUS MEMELIHARA aku.

Yang harus aku lakukan adalah menyerahkan segala kekuatiranku ini kepada Tuhan.  Apapun yang kualami Tuhan Yesus   bersamaku disetiap saat. Amin. Terimakasih Tuhan Yesus buat Firman hari ini. Terpujilah nama Tuhan sampai selama lamanya.

Respon : aku menyerahkan kekuatiranku ini kepada Mu Bapaku. Aku percaya seorang Bapa pasti memelihara anaknya. Amin


--------------------------------

Pagi  pada hari Senin 05 Oktober. Aku membaca jadwal bacaan  Alkitab  di 1Petrus 5. Saat aku membaca dan mendapat pesan dari Tuhan benar2 membuat airmataku bercucuran. Tuhan tau kalau aku begitu kuatir beberapa hari . Dan kekuatiranku terus berkecamuk dalam pikiranku. Aku sudah memikirkan yang terlalu jauh kedepan. Aku begitu takut.  Sampai aku dengar Tuhan bilang " serahkan segala kekuatiranmu kepada- KU. Aku Tuhan memeliharamu.

Manis sekali janjiMu Tuhan. Semakin membuatku jatuh hati pada KasihMu yang terlalu ajaib bagiku.


Lewat postingan ini aku hanya mau bersaksi apapun kekuatiranmu pada hari ini. Kuatir akan masalah kesehatanmu, kuatir masalah PH, Kuatir masalah keluarga,kuatir masalah pekerjaan. Tuhan hanya bilang " Serahkan ke Aku kekuatiranmu itu. Jangan simpan sendiri, jangan pikirkan sendiri. Aku TUHAN. AKU PENCIPTA ALAM SEMESTA. AKU YANG PUNYA BUMI INI. AKU YANG CIPTAKAN MANUSIA. AKU TAU APA YANG KAMU RASAKAN. TUHAN YESUS TAU SEGALANYA. 

Tuhan hanya mau kita datang padaNya. Datang berserah kepadaNya. Maukah kita percaya bahwa Dia memelihara hidup kita?

Jadi hari senin itu aku bertekad pergi ke dokter lagi. Aturannya mau pergi pagi dan izin ga kerja, tapi setelah pikir lagi aku pergi sore hari saja setelah pualng kerja. Tapi saat sore pulang kerja hujanpun turun. So, aku cancel pergi ke dokter dan berencana selasa. Besoknya pulang kerja aku pergi ke dokter . Rasa deg degan terus ada. Hingga sebelum pulang aku bicara sendiri. " Aku sehat Tuhan, aku menyerahkan apapun hasil pemeriksaanku hari ini, berkati dokter tsb.

Setelah sampai disana, dan sampaikan keluhanku lagi. Ini untuk yang kedua kalinya aku datang kesana. Setelah diperiksa dokter bilang tidak ada apa2. Dan si dokter menjelaskan penyakit yang aku pikirkan. So, aku pulang dan aku senyum -senyum sendiri.

Tuhan Yesus Terimakasih banyak.
Engkau Baik dan selalu Baik
Aku percaya kepadaMu
Penebusku
Penyelamat hidupku
Kekasih hatiku


Sep 17, 2017

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning
One With God the Lord Most High
Your hidden glory in creation
Now revealed in You our Christ

What a beautiful Name it is
What a beautiful Name it is
The Name of Jesus Christ my King

What a beautiful Name it is
Nothing compares to this
What a beautiful Name it is
The Name of Jesus

You didn't want heaven without us
So Jesus, You brought heaven down
My sin was great, Your love was greater
What could separate us now

What a wonderful Name it is
What a wonderful Name it is
The Name of Jesus Christ my King

What a wonderful Name it is
Nothing compares to this
What a wonderful Name it is
The Name of Jesus
What a wonderful Name it is
The Name of Jesus

How sweet is your name, Lord, how good You are
Love to sing in the name of the Lord, love to sing for you all?
Death could not hold You, the veil tore before You
You silenced the boast, of sin and grave
The heavens are roaring, the praise of Your glory
For You are raised to life again

You have no rival, You have no equal
Now and forever, Our God reigns
Yours is the Kingdom, Yours is the glory
Yours is the Name, above all names

What a powerful Name it is
What a powerful Name it is
The Name of Jesus Christ my King

What a powerful Name it is
Nothing can stand against
What a powerful Name it is
The Name of Jesus

video

Sep 13, 2017

Penegasan Hidup

Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan:
 Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah 
dengan pikirannya yang sia-sia
Efesus 4:17 (TB)


Ayat ini penegasan yang sangat penting buat aku. Jangan hidup sama seperti orang yang tidak mengenal Allah.

Hidup Orang yang tidak mengenal Allah itu seperti : 
@ pikirannya sia- sia
@ jauh dari persekutuan dgn Allah
@ hati yang degil
@ perasaan tumpul
@ menyerahkn hidup kpd hawa nafsu

Aku telah mengenal Kristus. Dan Kristus tidak seperti itu hidup. Aku harus menaggalkan manusia lamaku shg hidupku dapat diperbaharui dan mengenakan manusia baru. Manusia baru di ciptakan menurut pola Allah yang hidup kudus.

Manusia baru hidupnya :
@ jujur
@ tidak marah sampai berdosa
@ rajin bekerja
@ berkata kata dgn ucapan yang membangun dan kasih
@ tidak menyedihkan Roh Kudus
@ tidak ada sakit hati dan dendam
@ berbelaskasihan
@ mengampuni

Respon : Aku mau hidup sesuai pola yang Allah kehendaki yaitu hidup sbg manusia baru. Amin

Sep 12, 2017

Langit menceritakan kemuliaan Allah


Langit menceritakan kemuliaan Allah,
 dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; 
hari meneruskan berita itu kepada hari,  
dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. 
Tidak ada berita dan tidak ada kata,
suara mereka tidak terdengar; 
tetapi gema mereka terpencar keseluruh dunia,
 dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. 

Mazmur 19: 2-5 


Coba kita baca secara perlahan dan menghayati setiap kata -kata diatas. 
  
Hasil karya seni Allah, berbicara tentang diriNya, mencerminkan siapa Dia, dan seperti apa Dia.
Itu sebabnya kita dipanggil untuk menyembah Dia. Hasil karya-Nya, kerajinan tangan-Nya, dan ciptaan-Nya menggemakan kebenaran bahwa Dia adalah Yang Mulia. Tidak ada yang seperti Dia. Dia adalah Raja segala raja, Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Dulu, Sekarang dan Akan Datang.  

 

Efesus 1 # Jaminan

Efesus 1

Efesus 1:14 (FAYH)  Kehadiran Roh Kudus dalam diri kita merupakan jaminan bahwa Allah benar-benar akan memberikan kepada kita segala yang dijanjikan-Nya; dan meterai Roh pada kita itu berarti bahwa Allah telah membeli kita dan menjamin akan membawa kita kepada-Nya. Inilah satu alasan lagi bagi kita untuk memuji Allah kita yang mulia.

Membaca Firman ini kembali menyadarkan aku bahwa aku begitu berharga dimata Tuhan. Dia memberikan jaminan akan janji yang Dia nyatakan. Janji bahwa kita adalah anak2 Allah, dan bahwa kita berhak menerima segala harta kekayaan Allah Bapa. Janji bahwa didalam Yesus ada pengampunan dosa ada kehidupan kekal di surga.
 
Jaminan = Bisa digambarkan seperti saat kita meminjam uang ke bank. Ada jaminan yang kita berikan ke bank. Demikian juga Bapa, ketika Dia berikan janjiNya.  Bapa berikan jaminan Roh Kudus. Bahwa Janji yang Dia ucapkan itu kekal/pasti. (Janji bahwa ketika kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita adalah anak-anakNya) 

Kalau dipikir siapa aku org berdosa dijamin Tuhan? Tetapi itulah kebenarannya. Dari semula sebelum dunia dijadikan,Allah telah memilih aku dan menetapkan aku  menjadi anak2 Allah yang segambar dgn rupa Allah.

Aku mau bilang terimakasih banyak Allah telah memilihku dan menjadikan aku berharga. Aku anak Allah. Aku harus hidup selayaknya anak Raja. Terimakasih Yesus Kristus buat Kasih Mu. Amin

Aug 3, 2017

KebaikanNya


Nahum 1:7 (TB)
"TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya."

Kita percaya tidak Tuhan itu baik?  Percayakah kita bahwa Tuhan itu baik bahkan ketika kita mendoakan satu hal dalam waktu yang cukup lama, kita tahu itu adalah hal yang baik, namun sampai sekarang sepertinya tidak ada perubahan?  Ketika kita terus menantikan hal yang baik namun sepertinya situasi semakin memburuk?  Relasi yang semakin renggang, kesehatan yang semakin menurun, kebiasaan yang semakin membawa kita jauh dari Tuhan, keadaan ekonomi yang tidak juga membaik, buah hati yang tidak kunjung diberikan, dll. Begitu banyak hal yang begitu tidak ideal dan menekan kita untuk semakin berteriak, "Dimanakah kebaikan Tuhan?"

Pandangan kita begitu terbatas dan fokusnya seringkali salah. Kita hanya ingin masalah kita selesai, jawaban doa kita terjawab, harapan kita terjadi dan tidak ingin melewati proses yang sedang Tuhan kerjakan. CaraNya Tuhan tidak pernah instan, kebaikanNya tidak pernah melewatkan pembentukan hati kita.  Ingat Abraham dan Sarah, kakek dan nenek yang harus menunggu dalam waktu yang sangatttt lamaaaa untuk mendapatkan Ishak. JanjiNya tidak pernah berubah, kebaikanNya tetap ada untuk kita bahkan di saat kita ragu. Tetap berharap, tetap percaya, tetap menanti karena kebaikanNya sedang mengerjakan keajaiban yang satu hari semakin mendekat pada dirimu.  Masihkah kau percaya kepadaNya?

--------------------------------------
Tadi pagi teman Group baca Alkitab kirim WA berisi renungan diatas  . Saat membaca ayat Firman Tuhan tsb  aku teringat akan ayat naik sidiku yang dikasih yaitu Nahum 1 :7.

Allah baik; itulah pribadi Allah. Walaupun banyak doa2ku belum dijawab, Allah baik. Allah mengenal orang orang yang berlindung kepadaNya. Allah mengenal aku yang berdoa kepadaNya.  Dan Allah tau kapan waktu terbaik menjawab doaku.

Jangan pernah tanya kepada Tuhan kenapa aku harus seperti ini?  Jangan pernah tanya Tuhan, mengapa aku mengalami pergumulan. Tapi katakan pada Tuhan, apa maksuk dibalik pergumulanku ini. Katakan aku percaya Tuhan bekerja dibalik pergumulanku.

Disaat kita mengalami pergumulan ingatlah satu hal " ALLAH BAIK"



Belajar Memasak - Ikan Mas Arsik

Belakang ini aku lagi rajin-rajinnya masak. Dan lagi memang belajar masak masakan khas batak :) Sudah ada sekilas baca2 resep2nya...