Jul 31, 2013

Puding Ubi Ungu

Belakang ini aku sering coba resep-resep masakan :) ingin menggali skill dibidang masak memasak. Aku yakin  kita para wanita pasti punya skill dibidang masak :) hanya perlu dilatih untuk belajar dan mencoba :) 
Udah dua hari berturut turut aku cobain masak puding ubi ungu. Hari pertama masak itu komennya rasanya kurang manis, trus coba lagi hari kedua lumayan berhasil hehe. Komentarnya baik dan enakkk 
Ini cara dan bahan yang aku buat untuk puding ubi ungu : 
 
Bahan 
- Ubi ungu kukus
- 2 sachet susu bendera encer
- 1 bungkus  agar-agar yg tidak bewarna
- gula pasir
- santan ( boleh pake atau gak) kalau aku gak buat soalnya udah pake susu

Cara bikin :
1. Kupas dan kukus ubi ungu lalu blender bersama susu. Jika gak ada blender bisa dengan cara diparut aja ubinya. 
2. Masak satu gelas ukuran tupperware susu cair campur gula dan setengah bungkus agar2. Masak sampai mendidih. Lalu tuangin ke cetakan. Bisa pake cetakan khusus untuk agar2 atau loyang cake. ( Kalau mau pake santan bisa dicampur juga,trus dikurangi susu cairnya) semua tergantung selera. Kalau aku gak pake santan lagi cukup susu aja :) Biarkan adonan beku
3.  Ubi ungu yang udah diblender tadi campur satu gelas susu cair ukuran tupperware 470 ml campur gula sesuai selera lalu setengah bungkus lagi agar2nya. Aduk sampai mendidih
4. Tuang adonan keatas adonan yang pertama yang sudah beku tadi. Lalu dinginkan dan puding siap disajikan. Seperti gambar dibawah hasilnya :) :) 





Jul 19, 2013

Dream From The Lord

Kembali ketemu dengan minggu kedua dibulan Juli. Minggu ini aku dapat berkat firman masih yang sama dengan tema bulan yang lalu yaitu mimpi yang dari Tuhan. Yusuf anaknya Yakub memiliki mimpi dimana  ketika dia menceritakan mimpi tsb Yusuf diejek saudara-saudaranya. Apa isi mimpi Yusuf : 
Pada suatu malam Yusuf bermimpi, dan ketika ia menceritakan mimpinya itu kepada abang-abangnya, mereka bertambah benci kepadanya. (Kejadian 37:5)
Inilah yang dikatakan Yusuf kepada mereka, "Coba dengar! (Kejadian 37:6)
Saya bermimpi kita semua sedang di ladang mengikat gandum, lalu gandum saya berdiri tegak. Gabung-gabung kalian mengelilingi gabung saya lalu sujud kepadanya."( Kejadian 37:7)
"Kaukira engkau akan menjadi raja dan berkuasa atas kami?" tegur abang-abangnya. Lalu makin bencilah mereka kepadanya karena mimpi-mimpinya dan karena apa yang dikatakannya.(Kejadian 37 :8)
Kemudian Yusuf bermimpi lagi, dan ia mengatakan kepada abang-abangnya, "Saya bermimpi lagi, saya lihat matahari, bulan dan sebelas bintang sujud kepada saya." (Kejadian 37:9)
Mimpi itu diceritakannya pula kepada ayahnya, dan ayahnya menegur dia, katanya, "Mimpi apa itu? Kaupikir saya, ibumu dan saudara-saudaramu akan datang dan sujud menyembah kepadamu?" (Kejadian 37 :10)
Dan diceritakan bahwa mimpi Yusuf itu terjadi tetapi dengan proses yang tidak mudah. Diceritakan bagaimana Yusuf dimasukkan kedalam sumur oleh saudara-saudaranya sendiri terus Yusuf dijual. Di rumah potifar Yusuf dijadikan pelayan dan dia difitnah oleh istrinya Yusuf. Akibat fitnah tsb dia dimasukkan kedalam penjara. Dalam penjara mungkin adalah hukuman yg begitu hina dan meyakitkan dimana nama kita tercemar dan didengar tidak baik. Tetapi Yusuf mengalami semua hal tsb. Bahkan ditempat yang hina sekalipun dia ditempatkan dia tetap percaya dan mau taat akan Tuhan. Sejumlah proses ini dijalani Yusuf hingga dia diangkat menjadi penguasa Mesir saat itu. Dan banyak orang datang padanya untuk meminta stok makanan termasuk saudara-saudaranya dan ayahnya Yakub. Mimpi yang pernah diceritakan Yusuf kepada keluarganya itu terbukti benar. Itulah mimpi yang dari Tuhan. Ketika Tuhan memakai hidup Yusuf untuk dibentuk dan menjadi berkat dinegeri asing. 

Puji Tuhan, aku begitu terkagum-kagum akan sosok Yusuf. Dia seorang anak Tuhan yang taat melewati setiap proses pembentukkan hidupnya. Tak sekalipun dia membenci saudara-saudaranya yang telah menjualnya tetapi dia menangis ketika bertemu dengan mereka. Ada kasih yang besar dalam hidupnya. Dan aku banyak dapat berkat dan hikmat dari kisahnya Yusuf ketika aku ditempatkan ditengah-tengah orang yang aku gak sebanding rasanya dengan  mereka. Aku berada jauh dibawah mereka, dan ketidakadilan itu kadang terjadi padaku. Disaat aku mulai merenung akan hidupku, Tuhan bawa aku akan kisah Yusuf untuk dia menjadi besar dia harus melewati setiap proses dahulu. Praise the Lord, trimakasih buat jawaban yang Engkau berikan Tuhan. 

Kembali kepada tema yang diberikan pada ibadah  minggu kedua yaitu mengapa kita harus punya Impian TUHAN? 
  • Karena Impian Tuhan adalah impian yang mulia 
  • Impian Tuhan jauh lebih besar dari pada impian kita
  • Impian Tuhan pasti terjadi

Apa Impian Tuhan bagi kita
  • Ibarani 11:10  >>> Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah
  • Yehezkiel 37 :10 >>> Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.
  • Yosua 6 :4 >>> dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala. 
Yang dimaksud dengan Imam disini adalah kita-kita orang yang dipilih Tuhan dan yang percaya  kepadanya. Tertulis didalam kitab Petrus : 

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:     ( 1Petrus 2 :9)

kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan ( 1 Peturs 2 :10)

Suatu sukacita besar mendengarnya, aku dan kamu dan kita adalah bangsa yang terpilih. Kita adalah imamat yang rajani, umat kepunyaan Allah. Dimana kita telah dipanggil dari kegelapan yang dahulunya tidak berharga menjadi umat yang dikasihi / dipilih Allah untuk memberitakan perbuatan-perbuatan Allah yang besar bagi dunia ini. Puji Tuhan, aku sangat bersukacita mendengar kabar ini :)

Ada 7 (tujuh) pelayanan Imam : 
  1. Pelayanan Keluarga
  2. Pelayanan Gereja
  3. Pelayanan Pemerintahan dan Hukum
  4. Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan 
  5. Pelayanan Sosial dan Masyarakat
  6. Pelayanan Dunia Usaha
  7. Pelayanan Media,Seni dan Olahraga
Waw :) mendengarnya tujuh pelayanan itu begitu dasyat. Tuhan mau bawa dan pakai kita jauh dan jauh lebih dari yang kita bisa pikirkan. Dibidang pelayanan manakah kita sekarang  memberitakan perbuatan-perbuatan Allah yang begitu besar bagi orang lain? ( jawab dalam hati ya)   

Dan membawa 7 (tujuh ) sangkakala : 
  1. Menjangkau
  2. Memenangkan
  3. Menggembalakan
  4. Memuridkan
  5. Melatih
  6. Mengutus
  7. Merayakan
Aku berharap kita semua anak-anak Allah yang telah dipilinya dan dibawa dari kegelapan menuju terangNya berdoa meminta mimpi yang dari Tuhan. Masuk dan menjangkau pelayanan dimana kita ditempatkan. Didalam hatiku Tuhan taruh sebuah kerinduan untuk masuk dalam pelayanan anak dan remaja khusunya perempuan. Mungkin saat ini yang bisa aku kerjakan adalah menulis untuk sebuah renungan harian bagi pelayanan anak dan remaja perempuan. Didalam hatiku ada mimpiNya Tuhan untuk menjangkau dan memberitakan kabar baik tentang perbuatan-perbuatan Allah yang besar bagi kehidupan mereka. Dan aku juga percaya Tuhan akan kasih mimpiNya buat kamu, dan kamu yang membaca postingan ini. Dan lebih dari itu Tuhan  mau pakai generasi muda sebagai tentara dan pasukannya untuk menjangkau dunia ini memberitakan keselamatan bagi mereka yang belum terpanggil. Bagi mereka yang hancur hatinya, bagi mereka yang merasa hidupnya gak ada artinya lagi, bagi mereka yang kehilangan kasih bapa,bagi mereka yang dianggap hina oleh dunia ini. Kita generasi muda mau dipakai Tuhan bersiaplah dan jadilah imam-imannya Tuhan. Aku sungguh diberkati  dengan firman yang disampaikan minggu ini :) praise the Lord. 
Dan diakhir ibadah setiap minggu kedua dalam setiap bulan kami merayakan perjamuan kudus digereja. Dan aku mendapat roti yang bertuliskan 1 Yoh 3 : 4

Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.

Postingan ini seharusnya aku bagi dihari senin, tetapi aku baru bisa untuk menulis dengan penuh isi dari firman Tuhan yang diberikan hari minggu 14 Juli 2013 sekarang. Diakhir postingan aku share sebuah  lagu yang indah dari Tuhan . Tuhan Yesus memberkati setiap yang membacanya :) :)


Basuh keletihanku, sentuh kebekuanku

Pulihkan tubuh, jiwa, juga rohku

Habiskan kedaginganku, mimpiMu jadi mimpiku

Di hadapan tahtaMu kuberseru



Jangan biarkan aku pergi, jangan biarkan aku berlari

menjauh dari tahta kasih karunia yang Kau beri

Tanamlah aku di hadiratMu, materaikanku dalam hatiMu

Di hadiratMu, di hadapanMu, di pelukanMu, itulah hidupku

Jul 17, 2013

BUMI PENUH DENGAN CIPTAANMU YANG INDAH

Awalnya begitu indah bumi ini diciptakan

Semuanya baik Engkau ciptakan Tuhan

Bumi dipenuhi keanekaragaman yang saling bermanfaat

Begitu unik semua yang Engkau ciptakan

Cakrawala yang dilangit dengan semua benda benda penerang itu

memberi petunjuk bagi kami manusia

Engkau yang telah membuat  bulan menjadi penentu waktu

Matahari yang tahu saat terbenamnya

Air dan makhluk hidup yang didalamnya

Tumbuh tumbuhan yang hidup didaratan

Membawa kesenangan bagi manusia

Engkau melihat dan menciptakan semuanya itu begitu baik

Manusia makhlukMu yang begitu indah

Engkau ciptakan untuk berkuasa atas yang telah Engkau ciptakan

Memenuhi bumi dan berkuasa atasnya

Bumi penuh dengan CiptaanMu yang indah 




Jul 16, 2013

ENGKAU SELALU ADA

Dalam letihku 
aku ingin digendong dalam balutan janjiMu
dalam sesakku 
aku ingin disejukkan air kehidupan dari padaMu
dalam sedihku
aku ingin tertawa bersama dalam setiap sukacitaMu

Bapa
aku memanggilmu Bapa
karena Engkaulah Bapa yang kupunya
Kau memeliharaku sejak aku ada
Kau mengajariku berjalan dikehidupan ini
Kau yang selalu ada dalam setiap bebanku
karena Engkau selalu memegang tanganku 
kemanapun aku melangkah


Jul 9, 2013

Anugrah Terindah

Selamat datang July :) enam bulan telah berlalu ditahun ini. Resolusi bagaimana? apakah sudah ada yang tercapai sebagian atau masih dalam angan-angan ???  Kalau buat aku resolusinya macet ditengah jalan sepeti mobil yang mogok ditengah jalan. Mungkin kehabisan bahan bakar diakibatkan BBM yang udah naik hehehe. Aku harus berjuang tuk kembalikan pososi mobilku tetap bisa aku pakai, tetap bisa berdiri untuk berjalan. Agar resolusi untuk tahun ini bisa tercapaai :) Butuh spirit, butuh support yang besar buat bangkitkan semangatku. 

Minggu awal bulan ini aku dapat berkat firman tentang Nehemia. Banyak kisah menarik yang dapat dipelajari dari sosok Nehemia. Nehemia yang peduli akan nasib bangsanya, Nehemia yang berani dan punya spirit yang besar dalam hidupnya. Punya kekuatan yang besar tuk bangun kembali tembok-tembok Yerusalem yang sudah hancur. Tadi pagi aku baru baca sedikit kisah tentang Nehemia, baru baca bagaimana dia berdoa buat bangsanya yang terpecah. Dan aku udah haus ingin baca secara keseluruhan isi kitab Nehemia. 

Diakhir ibadah aku dapat berkat pujian yang membangkitkan spiritku, ini sebagian lirik lagunya :
Yesus Kau Anugrah Terindah Dalam Hidupku
Kau Sungguh Berarti Di Setiap Jalanku
Dan Anugrahmu Selalu Mempesonaku
Yesus Kau Terbaik
Yesus Kau Termanis
Di Dalam Hidupku
Setiap kata dalam lirik lagu tsb menusuk tulang-tulangku. Bahwa Yesus adalah anugerah terindah yang ada yang hadir dalam hidupku. Akhir-akhir ini sebelum aku dapat berkat pujian ini, aku sempat berpikir tentang ketritunggalan Allah. Sulit untuk aku share disini apa yang aku pikirkan tentang ketritunggalan tsb. Tapi,aku bersyukur lewat pujian minggu tsb aku dapat jawabannya Yesus anugrah terindah didalam hidupku.

Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. ( Ibrani 4 :12)

Belajar Memasak - Ikan Mas Arsik

Belakang ini aku lagi rajin-rajinnya masak. Dan lagi memang belajar masak masakan khas batak :) Sudah ada sekilas baca2 resep2nya...