Mar 20, 2017

Belajar Masak - Putu Ayam Tepung Ketan

Sabtu kemarin mood masak lagi datang wkwkwk, kebetulan malam minggu dua keponakan aku datang main kerumah yaitu Ella dan Joice. Senang jadi ada teman dirumah, kebetulan nyokap lagi ada pesta luar kota. Jadi minggu paginya aku dah kepikiran ntar buat makananlah buat mereka. Kasihan juga dah datang berkunjung tantenya malas2  masak hehehe. 

Setalah pulang gereja. Cap cus pergi belanja. Sebelumnya aku dah bilang ntar kita masak kue ini ya (sambil tunjukin gambar kuenya yang aku browsing dari internet). Iya tan kata mereka. Tapi sebelumnya kita masak bihun goreng dululah yaaaa.  Masakan bihun goreng yang semalam aku masak cukup lumayan berhasil hahah, jarang2 aku  masak mie goreng itu enak :( tapi ini rasanya cukup baiklah. 

Tujuan lain berinisiatif masak juga karena mau bangun kerajinan keponakanku juga mau suka masak-masak. Dari pada mereka nonton tv terus, yah aku suruh saja bantuin aku. Lumayanlah bantuin bersihkan cetakannya, bantuin isi bahan pelengkapnya. Jadi mereka bisa belajar dan tau suatu saat nanti. Belakang ini juga suka baca-baca kegiata homesholling buat anak2. Ternyata kegiatan homeshololing cukup bagus, peran seorang ibu yang perlu ditingkatkan untuk ngajarin anak2nya :) 

Ini dia resep buat putu ayam tepung ketannya. Aku ambil resepnya dari sini 

Bahan 

125 gram tepung ketan putih
100 gram gula pasir
2 butir telur
1/4 sdt garam
8 lembar daun pandan blender dgn 100 ml santan

Taburan
kelapa putihnya saja
garam halus

Cara membuat
1. Tata kelapa parut diatas cetakan putu ayam yang sudah dioleh sedikit minyak. Panaskan kukusan 
2. Kocok telur, gula, garam hingga mengembang ( aku pakai mixer) lalu masukkan tepung ketan bergantian dengan santan. Ini pakai kecepatan rendah saja 
3. Tuang adonan diatas kelapa. Kukus 15 menit . Angkat, setelah agak dingin keluarkan dari cetakan. 


Aku buatnya 250 gram tepung ketan, dan 3 butir telur. Karena dirumah oranngya banyak jadi adonannya aku tambahkan. 

Ini dia hasilnya 





  




 

Untuk tahap awal baru mencoba resep ini ya aku bersyukur. Thanks Lord Jesus. Walau bentuknya kacau, ada yang bisa ada kelapanya ada yang tidak wkwkwk. Tapi rasanya lumayan enak kok. Legit gitu karena terbuat dari tepung ketan. Kapan kapan mau praktekin lagi ini resep. Semoga jauh lebih bagus hasilnya :) Dan semoga rajinnya tetap setia :) :)

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Kepada Mulah aku berharap

"Ya TUHAN, beritahukanlah kepadaku ajalku, dan apa batas umurku, supaya aku mengetahui betapa fananya aku! Sungguh, hanya bebera...