Mar 29, 2017

Day 29- Hakim hakim 1 -2

Hakim hakim 1 -2

Setelah kematian Yosua. Israel bertanya kpd Tuhan siapkah yang harus lebih dahulu maju menghadapi Kanaan?
Firman Tuhan berkata Suku Yehudalah.
Membaca ini jadi teringat Berkat/nubuat yang diucapkan Yakub terhadap Yehuda yaitu
Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara2mu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu (kej 49:8)
Yehuda maju berperang dan mengalahkan musuh2nya :
* maka majulah suku Yehuda, lalu Tuhan menyerahkan orang Kanaan Dan feris ketangan mereka ayat 4
* sesudah itu bani Yehuda berperang melawan yerusalem, merebutnya ay 8
* Bani Yehuda berperang melawan orang Kanaan yg diam Di pegunungan Di tanah Negeb ay 9
* Yehuda menyerang orang Kanaan dihebron , dan penduduk debir
* Yehuda merebut Gaza ay 18

Tetapi suku yang lain tidak menghalau penduduk kota tsb :
* orang Yebus tidak dihalau bani Benyamin. Masih diam bersama2 dgn mereka
* suku manasye tidak menghalau penduduk bet Sean dan penduduk kotanya
* suku Efraim pun tidak menghalau orang Kanaan yg diam Di gezer, mereka tetap tinggal bersama disana
* suku Zebulon tidak menghalau penduduk kitron dan nahalol. Mereka tetap diam tinggal disana
* suku asyer tidak menghalau penduduk ako, mereka tinggal bersama
* suku naftali tidak menghalau penduduk betsemes dan bet anat. Mereka diam tinggal bersama mereka
* orang Amori juga masih tinggal bersama mereka 

Suku2 yang lain tetap membiarkan penduduk negeri tsb tinggal bersama dengan mereka. padahal sebelumnya Allah telah memberikan Mereka Peringatan apa yang harus mereka lakukan setelah menduduki tanah perjanjian tsb.
Bilangan 33 : 50 maka haruslah kamu menghalau semua penduduk negeri itu Dari depanmu, membinasakan segala batu berukir kepunyaan mereka.
Mereka disuruh membinasakan semua penduduk negeri itu dari depan mereka. Tapi Israel membiarkan mereka hidup di tengah2 mereka. Padahal Tuhan juga udah berpesan ketika membiarkan mereka hidup maka akan spt selumbar dimatamu, duri yang menusuk lambungmu, yang akan menyesatkan kamu

Semua itu terbukti generasi selanjutnya yang tidak mengenal Tuhan. Mereka menyembah baal dan asytoret. Menyembah berhala penduduk Kanaan. Isreal tidak setia lagi kepada Tuhan, dan Tuhan murka atas apa yang dilakukan Israel. Isreal kalah terhadap musuh2nya, isreal mendapat kutuk kebalikan dari semua berkat yang pernah mereka terima. Sesuai dgn perkataan Tuhan pada mereka.

Hari ini aku belajar ketika aku sudah mengalami hidup baru didalam Tuhan, aku harus tumpas semua kehidupan lamaku, tumpas semua habitat lama yang hidup dlm dosa. Tuhan suruh melakukan perintah Nya, aku harus mengerjakannya secara penuh. Jangan setengah2. Bahkan ketika Tuhan suruh tinggalkan dosa, aku juga harus tinggalkan dosa itu secara total. Jangan setengah2. Aku gak boleh biarkan yang setengah lagi atau yang sedikit saja tertinggal,nanti akan mempengaharui kehidupanku dgn Tuhan. Mungkin spt berbohong dlm hal kecil, Sama saja Bohong besar atau kecil semua itu adalah dosa dimata Tuhan. Aku harus tinggalkan Jangan dipelihara Walau kelihatannya kecil. Ketika Tuhan bilang ga boleh berpasangan dgn orang yang tidak mengenal Tuhan, aku harus melakukannya. Jangan kasih cela pertemanan yg dekat dgn org2 yg Belum mengenal Tuhan. Ketika Tuhan suruh mengampuni aku harus mengampuni secara total dgn tidak mengingat2 atau mengungkit kesalahannya lagi. Harus secara total. Tuhan tolong aku, bimbing aku di jalanMu Tuhan. Agar aku berjalan lurus tidak menyimpang kekanan atau kekiri.

Aku juga belajar bahwa Firman dan ketetapan Tuhan harus diajarkan kpd generasi berikutnya. Jangan terputus dikita saja. Spt isreal generasi baru yang tidak mengenal Tuhan. Mengapa mereka tidak mengenal Tuhan? Bisa jadi orangtua atau generasi sebelumnya tidak mengajarkan hukum taurat yang diperintahkan Tuhan kpd mereka. Padahal sebelumnya Allah telah mengingatkan mereka agar memperkatakan hukum Taurat kpd anak2 mereka shg mereka mengenal Tuhan. Tapi sepertinya tidak shg generasi baru tsb menyembah allah2 lain

Ini juga peringatan buat aku kelak, ketika aku memiliki generasi aku harus mau mengajarkan mereka ttg Firman Tuhan. Mau Bersaksi ttg kuasa Tuhan dan menceritakan ttg Tuhan kpd generasiku shg juga mereka mengenal Tuhan. Juga diingatkan untuk berdoa akan PH ku nantinya seorang imam yang mau mengajarkan firman bagi generasiku.

Dan berbicara generasi diingatkan juga bahwa aku punya tanggung jawab kpd generasi anak2 muda sekarang ini. Mau berbagi firman dan Bersaksi pada mereka. Mampukan aku Tuhan melakukan tugas pelayanan ini. Terimakasih Tuhan, berikan aku hati seperti hati Mu yang memandang tuaian di sekelilingku. Amin

Hakim-hakim 2:16 (TB) Maka TUHAN membangkitkan hakim-hakim, yang menyelamatkan mereka dari tangan perampok itu.

Dari ayat ini aku belajar, Tuhan itu sangat panjang sabar dan penuh Kasih Setia. Ketika umatnya tidak setia, ketikaTuhan menghukum umatnya. Tuhan tetap Kasih. Tuhan memberi hukuman agar umatnya berbalik dan Bertobat kepadaNya. Hari ini aku belajar bahwa Tuhan gak pernah tinggalkan aku. Ketika aku gagal, aku jatuh dlm dosa. Tangan Tuhan panjang lebar membantuku, mengangkatku kembali. Terimakasih Tuhan, aku punya Tuhan yang sungguh2 sangat baik dan penuh Kasih. Terpujilah nama Tuhan kekal selama Lamanya. Amin

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Wahyu 1 - Berbahagia yang baca,dengar & pelaku Firman Tuhan

31 Okt Wahyu 1 Wahyu 1:1 (TB)  Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba...