Feb 9, 2017

Hari Kesembilan - Keluaran 30 -32

Keluaran 30 -32
- Mezbah ukupan diletak di depan tabir penutup tabut hukum, di depan tutup pendamaian ,dimana Allah bertemu dengan imam.
Persembahan ukupan terbuat dari Wangi wangian. Yang dipersembahkan setiap Pagi Dan senja. Dan persembahan ukupan tidak boleh dicampur dgn persembahan yang lainnya. 
Mazmur 141:2 biarlah doaku adalah bagiMu spt persembahan ukupan . Doa dan Puji pujian adalah persembahan Dupa yang Harum dihadapan Tuhan.
Hari ini aku diingatkan untuk belajar memberikan persembahan Dupa yang Harum dihadapan Tuhan, yaitu dengan pujian Penyembahan, doa doa yang berkenan dihadapan Tuhan

- Uang pendamaian
Mempersembahkan uang pendamaian karena nyawanya. Uang pendamaian disebut persembahan khusus. Dan digunakan untuk ibadah dalam Kemah pertemuan.
Yang Berarti aku yang telah didamaikan dengan Allah melalui perantara Yesus wajib memberikan persembahan khusus kpd Allah untuk pekerjaan rumah Tuhan. Persembahan Baik berapa materi dan juga persembahan hidupku untuk melayani dlm pekerjaan Allah dibumi ini.Tuhan mampukan aku melakukan perintah Mu ini, mau melayani Tuhan dengan talenta yang Tuhan berikan kpd ku.

- Minyak urapan
Terbuat dari rempah2 yang terpilih . Digunakan untuk mengurapi Kemah pertemuan dan tabut hukum beserta perkakas yang ada dalam Kemah. Mengurapi mezbah dan pakaian Harun sbg imam. Semua harus diurapi dengan Minyak urapan agar menjadi kudus.
Minyak urapan Berarti Roh Kudus. Tubuhku yang adalah bait Allah haruslah kudus. Haruslah diurapi dengan Roh Kudus. Tangan, Kaki, mulut, dan semua Anggota tubuhku harus kudus. Agar Allah layak tinggal di dalam hidupku, agar aku layak melayani Tuhan. Aku harus diurapi dengan Roh Kudus. 

Pasal 32
Sebentar saja Israel ditinggal Musa, mereka sdh seperti kuda yang terlepas dari kandangnya. Israel mengambil inisiatif sendiri dengan memilih allah mereka dengan membuat anak lembu emas jadi allah mereka. Padahal mereka telah melihat segala penyertaan Allah sepanjang perjalanan mereka, mudah sekali mereka berbalik dari Allah. Dan terlebih Harun yang telah ditunjuk Allah sbg imam, tidak bisa mjd pemimpin yg menegur umat nya, ia malah ikut membuat keputusan dan menciptakan patung emas dan mempublikasikan nya kpd Israel itulah allah mereka. Saat membaca ini aku begitu sedih. Bagaimana Harun bisa menghianati Allah ? Allah yang selama ini telah befirman kepadanya Dan melihat Mukjizat Tuhan selama perjalan mereka, bisa menghianati Tuhan. 

Tuhan aku akui aku juga pernah menghianati Engkau. Aku pernah berjalan dengan jalanku sendiri padahal Tuhan telah tegur aku. Aku pernah mau diajak jalan sama pria yang bukan anak Tuhan, padahal hatiku udah gak damai. Aku Lebih memilih jalanku sendiri. Oh Tuhan, waktu itu aku sdh menghianatiMu. Aku Mohon Mampukan aku Tuhan untuk tetap setia kepada Mu.
Berbeda dengan Musa. Musa sungguh seorang pemimpin yang bertanggung Jawab akan tugas yang diberikan Allah kpdnya membawa Israel ke tanah Kanaan.

Musa seorang leader yang punya hati kepada umatnya . Dapat dibaca Di ayat 9-14. Betapa musa membujuk hati Allah agar Allah Jangan menghukum Israel. Dan juga di ayat 32-33 saat musa meminta ampun Atas dosa yang dibuat bangsa Israel. Bahkan Ia bersedia menanggung hukuman atas dosa bangsa Israel dengan berkata bersedia namanya dihapus dari kitab Tuhan. 

Hari ini aku belajar dari karakter sifat musa yang memiliki hati yang lembut Dan memiliki hati yang Berbelas kasih. Tuhan ajar aku memiliki hati yang Berbelas kasih kpd orang2 terdekatku. Hati yang Berbelas kasih tetap berdoa meminta keselamatan Atas keluargaku. Kadang aku merasa udah capek Tuhan menunggu waktunya kapan. Tapi aku ga Boleh down, aku harus bisa spt Musa. Musa yang bertindak meminta Belas kasihan Tuhan. Aplikasi yang aku harus aku lakukan adlh terus dengar FirmanNya spt Musa selalu dengar firman Tuhan. Terimaksih Tuhan. Mampukan aku melakukan apa yang Tuhan katakan padaku Hari ini. Amin

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Kejadian 2 - Penolong

Kejadian 2 Kejadian 2:18 (TB)  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong...