Jan 11, 2017

Hari Kesebelas - Ayub 29-31

11 Januari 2017


Ayub 29-31

Pasal 29  Ayub menceritakan perbuatan perbuatan yang  ia lakukan selama ini. Bagaimana waktu dia menjadi orang kaya dan membantu para janda dan orang sengsara. Bagaimana ayub duduk sebagai orang yang dituakan dan dianggap sebagai pemimpin.  Namun di Pasal 30 Ayub seperti  memperhitungkan kebaikan yang selama ini dia lakukan bagi orang lain. Ayub menganggap orang yang pernah dia tolong tidak berterimakasih kepadanya malah sekarang mentertawakannya dan menganggap ia hina. 

Sedih membaca kisah ayub ini, kalau ayub sudah menceritakan kesengsaraannya, ia yang dahulu terhormat sekarang dipandang hina. Ditambah luka fisik yang hinggap ditubuhnya. Bagaimana orang2 memperlakukannya sedih kali bacanya Tuhan. 

Ayub sepertinya sudah tidak tahan lagi akan penderitaannya sehingga ia mengucapkan kata2 yang mempertanyakan Tuhan. Dapat dilihat di ayat 20,21,24,27.

Ayub 30: 20 Aku berseru minta tolong kepada-Mu, tetapi Engkau tidak menjawab; aku berdiri menanti, tetapi Engkau tidak menghiraukan aku.
 
Ayub 30: 21 Engkau menjadi kejam terhadap aku, Engkau memusuhi aku dengan kekuatan tangan-Mu.

Ayub 30: 24 Sesungguhnya, masakan orang tidak akan mengulurkan tangannya kepada yang rebah, jikalau ia dalam kecelakaannya tidak ada penolongnya?

Ayub 30: 27 Batinku bergelora dan tak kunjung diam, hari-hari kesengsaraan telah melanda diriku

Pasal 31 Ayub membela perkaranya dihadapan Tuhan dengan berkata aku tidak pernah melakukan dosa ini, ataupun dosa yang lain. Jika aku melakukan dosa aku siap dihukum. Sepertinya ayub mulai menantang Allah akan penderitaan yang ia derita.
Aplikasi dalam kehidupan

Tuhan, aku juga sering mau seperti Ayub.Ketika ada masalah dalam hidupku aku suka mempertanyakan Engkau, Suka bertanya mengapa aku? Mengapa aku menderita padahal aku sudah melakukan kebenaranMu. Aku minta ampun Tuhan. Ajar aku untuk lebih bisa menyelami setiap rencanaMu dalam kehidupanku.
 

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning One With God the Lord Most High Your hidden glory in creation Now revealed in You our Christ What a ...