Jan 22, 2017

Day 22- Kejadian 30 - 31

 Day 22 : Kejadian 30 - 31

Kejadian 25:27 (TB) Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah.


Kejadian 28:13 (TB) Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. 

Kejadian 29:15, 20 (TB) Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: "Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku, engkau bekerja padaku dengan cuma-cuma? Katakanlah kepadaku apa yang patut menjadi upahmu."
Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.
Dari pasal sebelumnya yang pernah dibaca disebutkan yakub adalah seorang yang tenang yang suka tinggal dirumah Dan pada saat Ia tinggal di rumah Laban Ia bekerja disana, menggembalakan ternak Domba dan kambing. Dan ia bekerja selama 14 tahun untuk mendapat upah nya Rahel Dan lea. Bagaimana seorang yang dulunya Suka tinggal dirumah, sekarang bekerja Bahkan 7 tahun dianggap 7 hari. Itu semua terjadi Karena sebelum yakub tiba Di rumah Laban, ia mengalami perjumpaan dengan Tuhan di Betel. Ia mengalami Tuhan dalam hidupnya. Dan Tuhan menyertai perjalanannya. Sehingga Ia berhasil dalam perjalannya bertemu saudara dari ibunya. Dan ia bekerja Disana. (yakub mengalami perubahan yang dahulunya seorang yang suka dirumah sekrang menjadi orang yang bekerja) semua perubahan itu Karena penyertaan Tuhan Karena Ia telah mengalami Tuhan di Betel. Dan ketika Ia bekerja Selama 7 tahun bagai 7 hari Ia bekerja Karena Kasih.

Hari ini diingatkan agar aku dalam melakukan pekerjaan hendaklah aku melakukan dengan penuh kasih, penuh kecintaan didalam hatiku atas pekerjaan yang aku kerjakan sekarang ini.
Ketika Rahel mandul Ia marah Dan hidupnya penuh kecemburuan kepada Lea, sehingga Ia mengucapkan kata2 yang seharusnya Ia tidak ucapkan. Hari ini juga aku mau belajar, agar aku selalu dapat mengekang emosiku, tidak mudah cemburu akan apa yang dimiliki orang lain, menaruh pengharapanku pada Tuhan, tidak seperti Rahel yang marah pada Yakub, dan yakub menegurnya agar ia meminta nya kepada Allah.

Aplikasi nya Jangan pernah menaruh pengharapan akan manusia, taruhlah pengharapan pada Tuhan. Seperti Lea yang menaruh pengharapan dan deritanya kepada Tuhan.
Dari kehidupan yakub aku juga diingatkan bahwa walaupun Allah sudah memberkati yakub, namun Ia tidak terlepas dari masalah,ia mau dibunuh Esau, sehingga Ia harus melarikan diri Dari saudaranya. Di tempat Laban Ia juga ditipu oleh Laban mengenai Rahel , dan Laban mengambil keuntungan buat dirinya sendiri atas kerja keras yakub. Dari sini diajarkan bahwa ketika mengikut Yesus, Belum tentu kita akan terlepas dari masalah, masalah akan tetap ada. Tapi yang terpenting adalah penyertaan Tuhan atas Hidup kita yang memampukan kita berjalan menghadapi masalah dalam hidup ini. Yakub disertai Tuhan sehingga perjalanannya berhasil, ia juga membawa berkat bagi Laban dengan bertambah banyak nya Harta Laban Akibat pekerjaan Yakub.
Tuhan aku juga mau selalu Hidup dalam penyertaanMu sehingga pekerjaanku membawa berkat di tempat aku bekerja.

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Kejadian 2 - Penolong

Kejadian 2 Kejadian 2:18 (TB)  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong...