Jan 23, 2017

Day 23- Januari Kej 32-34

Day 23-  Januari Kej 32-34

Yakub kembali ke tanah perjanjian, saat mau kembali ia kepikiran dengan Esau. Saudaranya yang dahulu ingin meleyapkannya. Ada waktu sekitar 20 tahun Yakub tinggal dirumah Laban. Dia berpikir bahwa Esau mungkin masih mempunyai rasa dendam kepadanya. Dan yakub merancang strategi dalam menghadapi Esau dan juga ia memberikan persembahan hartanya untuk diberikankepada Esau, siapa tau dengan memberikan persembahan hartanya, Esau bermurah hati kepada Yakub.
Yakub penuh dengan kuatir dan rasa takut, di dalam ketakutannay ia berdoa merendahkan dirinya dan meminta perlindungan dari Tuhan. ( ayat 9-12) “ Lepaskanlah kiranya aku dari tangan kakakku, dari tangan Esau, sebab aku takut kepadanya, jangan-jangan ia datang membunuh aku, juga ibu-ibu dengan anak-anaknya” (kejadaian 32: 9)

Hari ini diajarkan untuk selalu menyerahkan rasa takut dan kuatir kepada Tuhan. Bukan hanya mau berdoa menyerahkan Rasa takut tetapi percaya sepenuhnya akan perlindungan Tuhan. Aku termasuk tipe orang yang pemikir dalam arti lebih duluan banyak takutnya ketika melangkah/melakukan sesuatu. Dan kadang pemikiranku itu membuat aku jadi gak pede,udah kepikiran kalah duluan. Padahal jelas2 Tuhan yang befirman kepada Yakub untuk kembali, namun tetap aja dia dipenuhi rasa takutnya. Aku juga sering masih begitu,udah jelas2 doa minta pimpinan Tuhan dalam melangkah, eh udah melangkah malah takut duluan. hari ini aku diingatkan untuk beriman akan perkataan Tuhan. Tuhan suruh doain orang, Tuhan suruh berkomunikasi dengan orang,aku kadang udah takut duluan, takut di tolak. Hari ini belajar untuk taat dan mau dengar perintah Tuhan. Jadi dalam tahun sebelumnya, Tuhan udah gerakkan hatiku untuk doa buat jiwa2 yang aku temuin di angkot/bus way. Kadang aku malas,maunya maen hp aja di dlm bus. Apalagi kalau memulai komunikasi paling sulit, kadang ga tau mau ngomong apa. Firman hari ini membuat aku untuk lebih taat lagi akan perkataan Tuhan. Sampai sekarang kalau aku pulang atau pergi kerja naik angkutan umum,aku sudah mulai untuk mau berdoa buat orang2 yang ada dalam angkutan tsb. Tapi untuk memulai berkomunikasi aku masih belum bisa. Ajar aku Tuhan untuk taat akan perintah ini. Bukan hanya taat tapi beriman Tuhan pasti menyertaiku.

Yakub mengalami perjumaan dengan Tuhan, ia medapat berkat yaitu Dahulu nama Yakub (artinya penipu) sekarang menjadi Israel (artinya Pahlawan Allah). Ia mengalami lahir baru. Sebenarnya masih kurang paham Kenapa Tuhan mau bergulat dengan Yakub? Dan dikatakan yakub memang Berarti Tuhan kalah. Apa bisa kita mengalahkan Tuhan? Namun yang kudapat hari ini adalah Tuhan memukul sendi pangkal paha,yang Berarti Tuhan gak mau Yakub mengandalkan kekuatannya sendiri, Namun Tuhan Mau kita mengandalkan Tuhan. Tuhan mau memegang kendali hidup kita.
Pelajaran yang kudapat, Tuhan aku mau nenyerahkan seluruh tubuh, jiwa Dan rohku Hidup dalam pengendalian Tuhan. Aku juga mau mengalami perubahan yang terus diperbaharui hingga aku menjadi serupa dengan gambaran Allah.


Pasal 33 Yakub berbaik kembali dengan Esau.
Walaupun Yakub sudah menerima berkat anak sulung, ia tetap merendahkan dirinya dengan menyebut dirinya sebagai hamba.
Bahkan yakub sujud sampai ke tanah 7 kali. Ia tetap merenda. Dari sini aku belajar bahwa pertengkaran dapat diredakan dengan kerendahan hati dan perkataan yang lemah lembut. Yakub menjawab pertanyaan Esau dengan ucapan yang enak di dengar tidak membangkit kan amarah. Hari ini diingatkan untuk mau belajar merendahkan diri, tidak sombong, mau berlaku sebagai hamba. Dan memberi jawaban dengan ucapan yang penuh kasih.

Pasal 34 Dina Di Sikhem
Kejadian 34:1 (TB) Pada suatu kali pergilah Dina, anak perempuan Lea yang dilahirkannya bagi Yakub, mengunjungi perempuan-perempuan di negeri itu.

Hari ini Tuhan ingatkan untuk jangan mau pergi mengunjungi tempat tempat orang fasik. Belajar menjaga kaki ku agar aku melangkah tidak menuju kebinasaan. Bisa jadi Dina Pergi mengunjungi perempuan Di sikhem untuk bercerita /gosip. Atau ingin tau kehidupan perempuan Disana seperti apa. Tapi nasib buruk menimpanya. Benar benar diingatkan sebagai perempuan untuk belajar menjaga kaki dan langkahku.


Yakub yang tidak berperan sebagaimana seharusnya sehingga lewi dan Simeon yang mengambil tindakan sendiri atas masalah Dina. Kembali Tuhan ingatkan lagi pentingnya memiliki seorang kepala keluarga yang bisa menjadi pemimpin dan bisa mengambil keputusan besar buat keluarganya. Tuhan ingatkan lagi untuk berdoa terus untuk pasangan hidup ku kelak adalah seorang pria yang dapat jadi pemimpin.

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning One With God the Lord Most High Your hidden glory in creation Now revealed in You our Christ What a ...