May 8, 2013

Katakan Tidak Untuk Minuman Keras

Dunia remaja adalah dunia menyenangkan karena masa remaja adalah masa pertumbuhan saat -saat kita belajar ingin tau banyak kehidupan dan mencari jati diri kita sendiri. Belajar keingintahuan tersebut tentunya adalah hal-hal yang positif dan berguna buat masa depan. Tetapi dalam kehidupannya banyak sebagian remaja menyimpang dari keingintahuannya tersebut kearah yang justru berbahaya bagi masa depannya. Sebut saja yang berbahaya itu seperti Narkoba, Rokok, Minuman Keras dan Minuman Berakohol. Proses keingintahuan yang bergejolak dalam diri remaja itu membuat remaja ingin selalu mencoba hal-hal baru yang dipandang dan dirasakannya baru baginya. Awal mula yang berkata coba-coba berakhir dengan kata ketagihan/kecanduan. 

Jika sudah menjadi kecanduan/ketagihan seperti ketagihan mengkonsumsi minuman keras dan minuman berakohol memberikan dampak yang sangat buruk bagi remaja kemasa depannya. Kecanduan tsb dapat berakibat fatal seperti kematian. Baru -baru ini dalam kabar berita 17April 2013 di Bandung dua remaja dewasa harus meregang nyawa akibat menenggak miras oplosan. Remaja tsb masih berusia 19 dan 23 tahun, ditemukan tewas di kediamannya setelah malakukan pesta miras. Dari Kediri juga dilaporkan tiga warga Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kediri, diduga tewas karena overdosis (OD) miras selama dua hari. Kabar dari Ciamis - Dudung Sodikin (31) dan Sukirman (30), keduanya warga Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Kertasari, Ciamis, meninggal di RSU Ciamis Rabu (1/5/2013) siang, diduga akibat pesta miras oplosan yang biasa disebut "suliwa." 

Sejauh mana pengaruh buruk Minuman keras bagi kesehatan? Mari kita ulas sedikit apa itu minuman keras dan dampak buruknya bagi kesehatan tubuh. 

Apa itu Minuman Keras 
Minuman keras/ Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung zat etanol. Etanol sendiri adalah zat/bahan yang bila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran konsumennya sperti mabuk. Minuman keras ini akan menyerang saraf manusia dan merusaknya secara perlahan. Yang membuatnya lebih parah adalah minuman keras ini memiliki zat adiktif, yaitu zat yang apabila dikonsumsi (walau hanya sekali) akan membuat orang tersebut merasa ingin terus mengkonsumsinya (kecanduan) dan akhirnya malah merasa bergantung pada minuman keras.
 

Dampak Buruk Minuman Keras
 
• Kerusakan saraf

Gangguan yang satu ini adalah yang paling banyak diderita oleh alkoholik (orang suka mengkonsumsi minuman keras). Karena minuman keras ini mengandung zat adiktif yang membuat ketagihan, seseorang yang meminumnya akan terus-menerus mengkonsumsinya. Meminum minuman keras tidak hanya memabukkan, bila diminum secara rutin dalam jumlah yang banyak, minuman keras ini akan mulai mengganggu kinerja saraf otak lalu merusaknya secara perlahan. Akibatnya, manusia akan hilang kesadaran, hilang keseimbangan dan akal sehatnya. Bahkan, jika diminum sampai over dosis, akan menyebabkan kematian.

• Gangguan jantung
Akibat minuman keras yang lain adalah gangguan jantung. Minuman keras punya kemampuan untuk merusak sel-sel tubuh, termasuk organ jantung. Akibatnya, kinerja jantung pun akan terganggu dan tidak optimal.
Gejala yang paling banyak dirasakan adalah detak jantung terasa cepat (berdebar-debar) dan saat jantung mulai melemah, dada akan terasa sesak, nafas juga seperti tersumbat. Hal ini bila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kematian.

• Mengganggu metabolisme tubuh

Selain menggangu kinerja jantung, akibat minuman keras yang lain adalah mengganggu proses metabolisme tubuh. Salah satu organ yang paling banyak dirusak oleh minuman beralkohol ini adalah hati.

Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Bayangkan bila hati sampai rusak, sedangkan hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Bila rusak, tentu saja racun di dalam tubuh malah akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan memburuk.

• Menyebabkan gangguan pada ibu hamil

Orang biasa saja tidak boleh meminum minuman beralkohol, apalagi seorang wanita yang tengah hamil. bila ibu hamil mengkonsumsi minuman ini, yang terjadi selanjutnya adalah bayinya akan lahir cacat.

Janin menerima nutrisi dari apa yang dimakan/diminum ibunya. Bila ibu hamil minum minuman keras, alkohol ini akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Alkohol ini akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga janin akan rusak dan terlahir cacat.

• Gangguan jiwa

Yang dimaksud gangguan jiwa bukan berarti menjadi gila, walau tidak menutup kemungkinan bahwa seorang alkoholik bisa saja menjadi tidak waras. Gangguan kejiwaan pada alkoholik adalah turunnya tingkat sosialisasi, mereka menjadi lebih pendiam, selalu ketakutan, gelisah tanpa sebab yang jelas, konsentrasi menurun, tingkat emosional meningkat dan mudah sekali tersinggung.

Dari uraian pengertian dan dampak buruk minuman keras terhadap kesehatan sudah seharusnya kita tidak berani mengkonsumsinya terutama mencoba. Terutama kepada para remaja yang menjadi penerus bangsa ini. Pemerintah seharusnya lebih peka dan lebih tegas memberikan aturan peredaran minuman keras beredar di pasaran. Untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan minuman keras bantuan masyarakat sangat diperlukan untuk mendukung pemberantasan minuman keras tersebut. Seperti : berikan didikan dan arahan kepada anak pengertian apa itu minuman keras dan dampak bagi kehidupannya, mendampingi anak saat menonton film yang mungkin berisi tayangan minuman keras. Semua berawal dari pengaruh positif dari lingkungan keluarga yang membawa dampak pergaulan yang baik bagi remaja dilingkungan luarnya.

Janganlah engkau ada di antara peminum anggur  dan pelahap daging.  Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin

Referensi : 
http://www.anneahira.com/akibat-minuman-keras.htm 

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Wahyu 1 - Berbahagia yang baca,dengar & pelaku Firman Tuhan

31 Okt Wahyu 1 Wahyu 1:1 (TB)  Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba...