Jul 4, 2014

Hemat atau pelit

Hahaha tertawa aku saat membaca postingan dua temanku Mega dan Echa tentang postingan mereka tentang orang batak hemat atau pelit. hihihi secarakan aku asli keturuan batak. Belum lagi beberapa hari yang lalu teman kantorku bilang kita keturunan tapanuli itu sering dikatakan pelit lho li. Apa iya ya? 

Kalau menelusuri kedalam keluarga, aku lihat Bapak dan Mama itu gak pelit kok orangnya. Mereka cukup royal apalagi terhadap keluarga mereka. Aku gak pernah lihat Bapak dan Mama itu pelit sedikitpun. Cuman mereka memang mengajarkan untuk gak terlalu berlebihan memiliki barang- barang itu saja. Yang aku lihat Bapak itu baik sekali sama keluarga darinya, siapa saja yang datang kerumah atau minta tolong sama dia, sebisa mungkin dia perhatikan. Apalagi saudara kandungnya sendiri, Bokapku tuh paling baik sedunia kepada saudara- saudara kandungnya. Aku belajar banyak dari dia untuk care dan peduli kepada saudara sendiri. Mau pinjam duit gak dikembalikan juga gak masalah sama dia (coba bayangin). Kalau ingat waktu anak- anak, kalau anak- anak dari familyku datang pasti deh dikasih duit hehe, begitu juga kalau kunjungan kerumah mereka, bokap tuh pasti nyalamin ke anak-anak dari family yang dikunjungi. Serius :)

Kalau mama hampir sama juga. Dia gak akan pernah keberatan orang -orang tinggal dirumahnya, malahan dia senang :) gak pernah mikirin kekuatiran bakalan habis persediaan dirumah. Siapa saja yang datang pasti disuruh makan, pasti dijamu makan gak pernah pandang orang. Makanya aku salut sama nyokap yang bisa seperti itu. Kalau dipikir -pikir, mama itu dulunya susah hidupnya. Dia tinggal harus ditompangin dirumah familynya yang lain karena ortunya dah meninggal. Tapi dia bisa sebaik dan semurah hati seperti ini, Salut :)

Nah, kalau aku sendirinya jujur aku tuh masih suka perhitungan hehehe, contohnya saja tuk belanja barang -barang. Gak terlalu tertarik tuk beli barang baru kalau barang lama masih bisa dipakai hahha. Contohnya tas kerja aku tuh sampai rusak baru deh mau ganti, Terkadang mama yang sewot kenapa aku gak beli yang baru saja liatin tas aku  itu melulu yang aku pakai hahaha. Tapi itu bukan pelit menurutku yaa, Karena kebutuhan yang lain yang lebih penting masih ada, kenapa harus habis-habisin uang tuk  hal-hal yang masih bisa dipending. Mengenai hp juga gitu, kayaknya sayang banget keluarin uang tuk beli hp yang modren sedikit. Sampai- sampai cap anak gak gaul tuh dibilangin ke aku, tapi akunya yah cuek aja. Masa hanya karena aku gak punya BB dibilangin gak gaul. Memang dari punya BB bisa makan apa hahaha. Terus kejadian yang baru saja. Aku tuh dibelikan baju oleh temanku, jadi dia suruh aku yang milih. Yah aku pilihlah satu, trus dia bilang cukup satu? Ya aku langsung jawab " ya cukuplah, untuk apa berlebihan membeli barang," Cukupkan diri dengan apa yang ada itu membuat kita belajar tuk hidup gak sombong.

Tapi jangan ditanya soal buku dan pendidikan. Aku cukuk royal untuk hal yang satu ini. Apa mungkin karena hoby jadi gak kepikiran hemat atau pelitnya. Jadi kalau soal belikan buku, mau seharga apapun sebisa mungkin aku mau keluarin uang. Begitu juga dengan belikan buku-buku buat keponakan, kalau ajakin mereka ke toko buku pasti deh belikan tampa pikir panjang. Kalau gitu penilainnya gimana? pelit atau hemat hehe. Tapi aku harap ketulusan dan kemurahan hati Bokap dan Nyokap tuh ngalir dalam diriku. amin,,,,,


No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning One With God the Lord Most High Your hidden glory in creation Now revealed in You our Christ What a ...