Jan 20, 2015

Resep Semur Betawi

Awal tahun rencananya mau posting segala hal yang sudah dilewati di tahun 2014, menuliskan perjalanan hidup, segala pertolongan Tuhan, pergumulan hidup :) namun sampai sekarang hal tsb belum kesampaian. Kesibukan luar biasa di awal tahun, perubahan2 yang terjadi di kantor jadilah rencana nulis gak jadi. 

Di kesempatan yang gak banyak ini aku mau buka postingan tahun 2015 dengan sukacita ku bisa masak hahaha bertambah lagi ilmu aku dalam memasak, ya walaupun cuman semur tahu plus telur dan kentang :) tapi rasa senang itu masih terasa saat menuliskan ini. Ditambah respon yang memakan nya tambah buat hati senang :) :) 

Ini dia resep Semur Betawi yang aku lihat dari resep mbak Didi, Resep-resep disana cukup mudah untuk dicoba dan aku sudah beberapa kali lihat contoh resep masakan dari blog nya Mbak Didi.Untuk resep aslinya lansung menuju blognya saja ya, kalau yang ini sudah dimodifikasi dengan bahan-bahan yang ada saja. Tidak memakai daging sapi :)

Semur Betawi                                
Bahan :                                   
250 gram kentang, dipotong 
4 butir telur
1 bungkus tahu yang bersisi 5 potong digoreng dahulu
8 butir bawang merah, diiris tipis 
2 buah tomat, dipotong-potong 
1/2 sendok teh pala bubuk 
3 butir cengkeh 
3 cm kayumanis 
4 sendok makan kecap 
1 sendok teh garam / kaldu sapi secukupnya.
1.500 ml air                      
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus: 
6 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe 
6 butir kemiri, disangrai  aku ganti pakai kacang tanah
1 sendok teh ketumbar 
1/4 sendok teh jintan (aku tidak pakai bahan ini)

Cara membuat :           
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan  kentang, tahu dan telur serta air. Masukkan tomat, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak  sampai kentang empuk dan bumbu meresap. Warnanya gak kelihatan seperti yang diresep mbak Didi karena tidak memakai jintan.  Tapi rasanya tetap enak. Jadi ingin memasaknya kembali. Ada yang mau? :)

  

Saat menuliskan postingan ini, teringat firman Tuhan yang aku baca saat pagi tadi yang tertulis  di Mazmur 37:4 tentang Kebaikan Tuhan dan mengingatkan untuk bergembira didalam Tuhan. Thank u Lord Jesus. 

dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 
Mazmur 37: 4

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Kejadian 2 - Penolong

Kejadian 2 Kejadian 2:18 (TB)  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong...