May 2, 2012

Ibu Berpengaruh Besar Dalam Kesehatan Keluarga Dan Negara

Jantung suatu bangsa ialah rumah tangga. Kesejahteraan masyarakat, kemakmuran bangsa tergantung atas pengaruh-pengaruh rumah tangga. Rumah haruslah menjadi tempat yang paling menarik kepada anak-anak dalam dunia ini. Kehadiran ibu haruslah menjadi pengaruh yang paling besar di keluarganya. Kesejahteraan dan  kemakmuran bangsa sangat tergantung pada seorang ibu

Ibu mempunyai tanggung jawab yang sangat besar dalam menjaga kesehatan keluarganya. Kita bisa melihat saat seorang ibu mengandung dia sudah  berperan aktif menjaga kesehatan buah hatinya selama sembilan bulan. Ibu wajib menjaga pola makan dan kesehatannya agar calon anaknya lahir dengan sehat. Karena anak adalah generasi bangsa.

Lalu setelah anak lahir, seorang ibu tugasnya adalah terus memperhatikan perkembangan anak baik melalui asupan makanan dan kebersihan serta kesehatan mereka. Disaat masih bayi dan balita sang anak  dibawa posyandu untuk imunisasi dan memperhatikan kesehatannya agar gizinya cukup. Anak yang cukup gizi, terawat kebersihan dan kesehatannya  akan menjadi generasi muda yang sehat secara fisik dan menjadi aset bangsa dan negara.

Dirumah juga anak belajar banyak menjaga kebersihan. Ibu yang selalu setia memberikan contoh dan pelajaran langsung kepada anaknya. Seperti, bangun tidur anak disuruh menyikat gigi dan membersihkan kasur tempat tidur. Anak diajar untuk bersih dan rapi. Anak diwajibkan untuk sarapan agar diwaktu sekolah dapat menerima pelajaran dengan baik. Anak juga diajarkan membersihkan perkarangan disekitar rumah dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar rumahnya. Ibu yang  membawa pengaruh besar dan banyak  mengajarkan hal- hal positif untuk perkembangan dan kepintaran  anak- anaknya. Karena majunya bangsa dan negara ini berawal dari rumah dan pola didik orangtuanya.

Tulisan ini ditulis untuk mengikuti lomba blog yang diselenggarakan oleh Liza Fathiariani dan disponsori oleh Blogdetik , Kamoe Publishing Forum Lingkar Pena Aceh , Piyoh Design , Rise Up Coffeehouse, Kedai Bandar Buku, falyadesign.com | Your Design Partner”




2 comments:

  1. peran seorang ibu memang besar,
    tanggung jawabnya juga besar dong..

    ReplyDelete

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning One With God the Lord Most High Your hidden glory in creation Now revealed in You our Christ What a ...