May 12, 2014

Martabak Manis

Sabtu sore aku belajar masak martabak. hehe. Sebenarnya jumat itu aku liat postingan majalah femina tentang resep martabak. Trus jadi kepengin buat deh. Tapi cara buatnya agak sedikit susah, trus nyari-nyari diblog teman yang suka masak-masak (blog Cella)  ketemu deh resep ini. Sangat mudah :)

bahan:
250 gram tepung terigu
5 gram ragi instant/ fermipan setengah bungkus
75 gram gula pasir
1 butir telur kocok lepas
300 ml air

bahan isian:
butter, keju cheddar, susu kental manis. (aku cuman pake susu kental manis sudah cukup enak )

cara membuat:

ayak tepung terigu di wadah adonan. masukan ragi dan gula pasir. aduk rata. tambahkan telur, aduk rata lagi. tuang air sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai adonan menyatu dan lembut (bisa pakai whisk bisa juga pakai mixer). nah sampai sini adonan kental banget warnanya putih kekuningan. diamkan 45 menit. kalau kelupaan 10 menitan masih oke lah..tapi kalau kelamaan banget jangaaan..ntar terlalu asam adonannya karena si ragi kerja berlebihan.

nah...ini bagian yang tricky...
saat akan menuang adonan martabak, tes dulu si wajan anti lengket yg kita gunakan. caranya taburkan sejumput gula pasir, jika si gula langsung larut dan hilang/ meleleh artinya wajan siap dituang adonan. kalau wajan kepanasan, ntar si adonan ga sempat membentuk sarang atau pori-pori itu...begitu juga kalau wajan kedinginan, insyaallah bantet martabaknya ga berpori.

kalau si wajan udah cukup panas tadi... tuang si adonan, pasti akan bunyi "cesssssss". udah deh aman, tuang gula pasir dan biarkan adonan naik sampai berpori. kurang lebih 10 menit apinya kecil sampai sedang aja dan biarkan sampai permukaan martabak matang dan bolong-bolong. angkat deh dari wajan.

dalam keadaan panas, oles dengan mentega, dan taburkan keju parut (bisa juga sesuai selera mau kasih rasa apa), lalu tuang susu kental manis. potong dua bagian, lalu lipat deh. potong2 lagi. siap dinikmati. 

Dan Hasilnya taraaaaaa


Bentuknya kurang bagus setelah dipotong-potong, karena aku gak punya pisau yang bagus untuk potong-potong martabaknya. Tapi jangan kuatir, rasanya enak kok :) :) jadi pengen buat lagi dengan rasa yang berbeda-beda :) 

Selamat mencoba !!!

4 comments:

  1. perut udah keroncongan, belum lunch, eh udah lihat yang beginian... >_<

    ReplyDelete
  2. mengoda sekali nih,
    makasih ya, mbak telah berbagi resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lama gak berkunjung mbak? senang rasanya bisa blogwalking lagi :)

      Delete

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Wanita dan Menudungi Kepalanya

Waktu itu bacaan gorup kita diambil dari 1 Kointus 11 dengan judul perikop Hiasan Kepala Wanita. Ada seorang teman yang tanya kenapa  wanit...