Dec 10, 2012

BIOTEKNOLOGI BAHAN BAKAR MASA DEPAN



Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu seperti apa ya Bu? Tanya seorang siswa kepada Gurunya ketika belajar mengenai sumber daya alam yang ada di bumi ini. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperhabarui itu seperti minyak bumi, gas alam, emas perak, batubara. Yaitu sumber daya alam jika dipergunakan/dipakai setiap saat terus menerus akan habis dan tidak dapat digantikan lagi/dibuat lagi oleh manusia. Karena itu adalah sumber daya yang ada dari alam/bumi ini tampa buatan manusia. Manusia hanya dapat melakukan daur ulang terhadap sumber daya alam tersebut, yaitu mengolah kembali bahan yang telah dipakai agar dapat digunakan kembali. Atau dengan penghematan pemakian sumber daya alam tersebut.

Teringat akan pelajaran waktu semasa duduk dibangku sekolah. Dimana kita diajarkan mengenai sumber daya alam yang ada dibumi ini. Salah satunya adalah minyak bumi yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Artinya minyak bumi jika sudah habis ya habis, kita tidak akan memilikinya lagi. Oleh karena itulah kita sebagai penikmat sumber daya alam yang ada untuk menjaga dan menghemat pemakaian minyak bumi, gas alam,emas perak, batubara agar tetap lestari dan tetap dapat kita pakai lebih lama dan lebih lanjut kegenerasi berikutnya.

 Apa itu minyak bumi ?

Minyak bumi sangat erat hubungannya dengan segala aktivitas kita sehari hari. Minyak bumi adalah sumber daya alam yang dipergunakan manusia sebagai bahan bakar. Setelah diolah minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar minyak kendaraan, bahan bakar untuk menggerakkan mesin-mesin produksi. Jenis olahan minyak bumi adalah seperi bensin, solar, pertamak, minyak tanah juga olahan dari minyak bumi. Begitu banyak fungsi dan pentingnya minyak bumi ini. Jadi kita bisa bayangkan jika minyak bumi habis bagaimana nasib kita.

Minyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun. Akibat adanya tekanan permukaan tanah di bumi serta pengaruh suhu di bumi berubah menjadi cairan pekat yang disebut minyak bumi. Oleh karena itu letak minyak bumi ada di kedalaman berpuluh- puluh meter dari permukaan tanah, bahkan kadang juga letaknya di bawah laut, dan manusia harus menggali untuk mengambilnya.

Alternatif pengganti bahan bakar

Pernah mendengar Bioteknologi? Apa itu bioteknologi? Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilan produk dan jasa guna kepentingan manusia. Dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan.  Bioteknologi dapat dikembangkan pada sektor pertanian, kesehatan, peternakan dan pada bahan bakar.

Bahan bakar minyak bumi adalah  termasuk sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Suatu saat pasti habis, dan kita tentunya kita harus berpikir dari sekarang. Alternatif apa yang dapat kita gunakan sebagai pengganti jika sumber energi bahan bakar minyak itu habis? Saat ini telah ditemukan dua jenis bahan bakar yang diproduksi dari fermentasi limbah, yaitu Biogas (metana) dan gasohol (alcohol). Biogas adalah gas metana (CH4) yang dihasilkan dari penguraian bahan organik oleh mikroorganisme yang terdapat di dalam kotoran ternak. Gas metana dipakai sebagai penghasil energi panas untuk memasak mirip gas elpiji (LPG). Energi biogas ini lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan energi dari minyak bumi dan batubara karena tidak membuang gas-gas pencemar udara berupa karbon monoksida (CO). Disamping itu, limbah dari kotoran ternak yang telah diambil biogasnya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Hasil uji coba pemanfaatan biogas dari kotoran enam sapi dapat menghasilkan energi yang cukup untuk keperluan sehari-hari seperti memasak,lampu penerangan, dan memanaskan air untuk tiga orang.

Di Negara Cina dan India sudah ada terdapat beberapa kelompok masyarakat yang hidup di desa yang telah menerapkan teknologi fermenter Biogas untuk menghasilkan metana. Bahan baku terknologi termenter tersebut adalah feses hewan,daun-daunan,kertas dan lain-lain yang akan diuraikan oleh bakteri dalam fermenter.  Jadi sesuatu yang kita anggap sampah dan tidak berguna dapat kita olah untuk sesuatu yang menghasilkan. Sedangkan tekonologi gasohol telah dikembangkan di Brazil sejak harga minyak meningkat sekitar tahun 1970. Gasohol dihasilkan dari fementasi kapang terhadap gula tebu yang melimpah. Gasohol bersifat murah, dapat diperbaharui dan tidak menimbulkan polusi.

Bioteknologi pengolahan limbah

Apa yang dapat kita lakukan untuk menghemat pemakaian energi bahan bakar? Kita tentunya selalu berhubungan dengan sampah dan barang-barang bekas seperti kaleng,kertas bekas dan sisa makanan , sisa aktivitas pertanian atau industri yang  sudah tidak dikehendaki oleh manusia. Bahan –bahan tersebut dinamakan limbah atau sampah. Keberadaan sampah sangat tidak kita suka dan  limbah sangat mengancam lingkungan. Oleh karena itu harus ada upaya yang kita lakukan untuk menanganinya. Penanganan sampah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan ditimbun, dibakar atau didaur ulang. Daur ulang adalah proses penanganan sampah yang baik bagi lingkungan. Salah satu contoh proses daur ulang sampah yang telah diuji pada beberapa sampah tumbuhan adalah proses pirolisis. Yaitu proses dekomposisi bahan-bahan sampah dengan suhu tinggi pada kondisi tampa oksigen. Dengan cara ini sampah dapat diubah menjadi arang,gas (misal metana) dan bahan anorganik. Bahan-bahan tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar. Kelebihan bahan bakar hasil proses ini adalah rendahnya kandungan sulfur, sehingga cukup mengurangi tingkat pencemaran.


Contoh  hasil dari proses pirolisis yang dapat digunakan sebagai  bahan bakar adalah arang. Arang diperoleh dengan memanaskan kayu sampai lengkap pirolisis (karbonisasi), hanya meninggalkan karbon dan anorganik abu. Jenis-jenis arang ada terdiri dari arang kayu,arang sekam padi, arang serbuk gergaji, briket arang. Arang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar.  Salah satu contoh lain yang sangat mudah dan memasyarakat adalah penggunaan serbuk gergaji sebagai bahan bakar untuk memasak. Penggunaaan serbuk gergaji sebagai alternatif penghematan energi  bahan bakar dikalangan industri rumah tangga dikarenakan harganya yang irit dibandingkan dengan penggunaan minyak tanah. Untuk penggunaanya  kita harus memiliki sebuah perapian yang nantinya dipakai untuk memadatkan serbuk gergaji yang akan digunakan. Dimana bentuk dan ukuran perapian yang digunakan  adalah seperti sebuah tabung, atau lebih tepatnya berbentuk sebuah silinder yang dapat dibuat dengan menggunakan semen. 

Semua ada didepan mata kita. Kita hanya perlu lebih jeli memanfaatkan apa yang ada tercipta dibumi ini demi kelestarian bumi tercinta.
 



No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Kejadian 2 - Penolong

Kejadian 2 Kejadian 2:18 (TB)  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong...