Dec 30, 2011

Ayo Ngeblog untuk konservasi sumber daya air

Air adalah senyawa penting bagi semua bentuk kehidupan yang ada di bumi ini. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi yang sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, yang juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air juga menjadi kebutuhan pokok kehidupan manusia dimana  tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

Air kita pakai untuk minum, untuk mencuci tangan, mandi, mencuci baju dan banyak lagi kegunaan air.  Tetapi di zaman kita sekarang air yang digunakan oleh manusia sering mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengganggu kelangsungan hidup. Tidak ditemukannya lagi keaslian air tersebut. Air banyak tercemar  terkena banyak polusi dari manusia itu sendiri. Air sangat berarti bagi  kelangsungan hidup manusia, kita sebagai ciptaan Tuhan yang ditugaskan melindungi segala ciptaanNya yang berada di bumi ini, seharusnyalah kita  menjaga dan melestarikan sumber daya alam tersebut. 

Berbagai cara dapat kita lakukan untuk penghematan dan pelestarian sumber daya air diantaranya:
R     1. Reboisasi
Melakukan reboisasi  pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir atau pantai, dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga. Serta pemanfaatan air hujan dengan sebaik baiknya.

-      2. Memberikan perlakuan khusus kepada limbah.
Membuang limbah pada tempatnya. Mendaur ulang limbah, limbah bisa diolah terlebih dahulu sebelum dibuang agar tidak mencemari tanah, air dan lingkungan yang akan berakibat pada pencemaran.

-     3.  Peduli dan sadar akan  kebersihan.
Peduli dan sadar akan kebersihan dari diri kita sendiri. Sejak kita dari sekolah kita sudah diajarkan untuk menjaga kebesihan seperti  tidak membuang sampah  sembarangan, seperti di aliran sungai, di tanah resapan, dan ditempat-tempat yang tidak semestinya yang akan mengakibatkan terganggunya sistem aliran air. Jika saluran air sudah tersumbat, maka bahaya banjir akan mengintai kita.

-     4.  Mensukseskan program pemerintah penanaman 1 Milyar Pohon Tahun 2011 
Mari kita ikut serta dalam progam pemerintah ini, menamam satu pohon satu hari satu jiwa. Mulai dari hari ini dan saat membaca postingan ini mari kita menamam pohon.

5. Menghemat pemakaian air
Karena air sangat penting, kita sebaiknya melakukan penghematan air saat kita pakai seperti menghemat air waktu mandi, waktu mencuci, waktu berada di toilet, menghemat air dengan melakukan penghematan pemakain produk. 

6. Membuat waduk 
Dengan membuat waduk kita dapat banyak menyimpan air. Waduk juga dapat berfungsi sebagai pembangkit listrik, irigasi, budi daya ikan, tempat rekreasi , pengendali banjir. Banyak manfaat dengan dibuatnya waduk.

Melalui blog ini,saya mengajak para blogger yang tercinta dan para pembaca untuk peduli akan alam sekitar dengan  melakukan berbagai konservasi sumber daya air. Kita wajib melakukan penghematan dan pemeliharaan akan sumber daya air. Banyak cara yang kita lakukan untuk mempromosikan penghematan dan pemeliharan  air, salah satunya adalah dengan ngeblog.  Di dalam blog kita mari banyak tulis postingan-postingan yang mengajak para pembacanya untuk peduli akan lingkungan sekitar. Satu langkah kecil tetapi berdampak besar dikemudian harinya.  

Salam !!! 

 

No comments:

Post a Comment

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

What a beautiful Name

You were the Word at the beginning One With God the Lord Most High Your hidden glory in creation Now revealed in You our Christ What a ...