Dec 29, 2011

Andai saya menjadi anggota DPD RI

DPD RI adalah kepanjangan dari Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.
Berikut ini adalah Fungsi, Tugas dan Wewenang dari anggota DPD RI ( yang dikutip dari http://dpd.go.id yaitu:

Fungsi, Tugas & Wewenang
Sesuai dengan konstitusi, format representasi DPD-RI dibagi menjadi fungsi legislasi, pertimbangan dan pengawasan pada bidang-bidang terkait sebagaimana berikut ini.

Fungsi Legislasi
Tugas dan wewenang:
  • Dapat mengajukan rancangan undang-undang (RUU) kepada DPR
  • Ikut membahas RUU
Fungsi Pertimbangan
  • Memberikan pertimbangan kepada DPR
Fungsi Pengawasan
Tugas dan wewenang:
  • Dapat melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan menyampaikan hasil pengawasannya kepada DPR sebagai bahan pertimbangan untuk ditindaklanjuti.
  • Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara yang dilakukan BPK

Itulah sebagian besar fungsi, tugas, dan wewenang setiap anggota DPD RI. Seandainya saya yang menjadi anggota DPD RI ada dua hal utama yang menjadi pusat perhatian dan pengembangan saya. Yaitu bidang pendidikan dan kesehatan rakyat Indonesia. 

Bagi saya pendidikan adalah modal besar bagi setiap orang. Jika kita berpendidikan kita akan maju, jika rakyat maju maka bangsapun akan menjadi maju dan berkembang. Program pendidikan wajib 9 tahun dari pemerintah dan Dana BOS merupakan program pemerintah  yang baik untuk mendorong  majunya pendidikan di Indonesia. Tapi kita bisa melihat bahwa tidak merata dan berlangsung secara lancar program pemerintah tersebut. Jika saya menjadi anggota DPD saya akan mengembangkan progam pemerintah tersebut ditambah saya akan mengusulkan kepada pemerintah untuk menambah progam pemerintah wajib belajar 9 tahun menjadi 12 tahun. Dan program yang lain seperti dibukanya 24 jam perpustakaan di seluruh Indonesia.Perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku yang bermutu dan perpustakaan yang maju akan teknologi.Dibukannya banyak cabang- cabang perpustakaan sampai kedaerah daerah terpencil. Dipromosikannya perpustakaan di media- media di televisi,promosikan semangat belajar dan membaca bagi seluruh rakyat sehingga tidak ada lagi masyarakat yang buta huruf.Buku- buku pelajaran dibagi gratis bagi sekolah sekolah. Saya akan ikut dalam mengajukan rancangan UU kepada DPR mengenai pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu. Dibuatnya Undang-undang yang mengatakan pendidikan gratis bagi masyarakat Indonesia.Tidak ada satupun dari rakyat Indonesia yang tidak bersekolah. Ditambahnya sekolah- sekolah sampai ke daerah-daerah terpencil sehingga adanya kesetaraan antara masyarakat kota dan desa untuk menikmati pendidikan yang bermutu.
Setiap bulan diadakannya evaluasi atas kinerja program-progam pemerintah yang dijalankan, sehingga terkontrol dan ada tanggung jawabnya ke DPR untuk dapat ditindaklanjuti.

Kedua jika saya menjadi anggota DPD RI, saya akan memajukan bidang kesehatan. Pendidikan dan kesehatan adalah dua hal yang berkaitan.Jika kita berpendidikan kita pasti menjaga kesehatan. Saya akan mengusulkan adanya UU kesehatan yang membantu kalangan miskin. Diberikannya pelayanan -pelayanan kesehatan gratis bagi mereka yang tidak mampu. Puskesmas- puskesamas yang didaerah pedalaman buka 24 jam, dengan dilengakapi tenaga yang profesional dan sarana yang berteknologi. Begitu juga RS pemerintah buka 24 jam didukung tenaga dan sarana yang maju dan berteknologi. Semakin rakyat kita sehat maka rakyatpun akan menjadi orang yang pintar. Setiap bulan ada evaluasi dan tanggung jawab pelaporan akan setiap kinerja yang dibuat kepada DPR.


Inilah sebagian besar inspirasi dan impian saya jika saya menjadi anggota DPD RI yang saya sumbangan kepada anggota DPD yang menjabat sekarang,semoga ada respon dan perhatiannya,terimakasih.






1 comment:

  1. masukan yang bagus bila pendidikan dan kesehatan bisa gratis di Indonesia...kapan ya hal itu bisa terwujud di Indonesia?

    ReplyDelete

Saya senang jika sahabat semua memberi komentar
Gbu all

Wanita dan Menudungi Kepalanya

Waktu itu bacaan gorup kita diambil dari 1 Kointus 11 dengan judul perikop Hiasan Kepala Wanita. Ada seorang teman yang tanya kenapa  wanit...