Day 26- Yosua 16 -18

Yosua 16 -18

Hari ini aku belajar bahwa untuk menikmati janji Tuhan dalam kehidupanku aku harus melakukan tindakan. Aku ga boleh bermalas malasan. Aku harus bekerja. Seperti suku manasye yang komplain kpd Yosua bahwa tanah pusaka mereka sempit dgn jumlah mereka yang besar. Yosua berkata pergilah ke pegunungan, kehutan, haruslah kamu membukanya. Sampai keujung ujungnya tanah itu akan mjd milikmu.

Yousa 17 : 15 Jawab Yosua kepada mereka: "Kalau engkau bangsa yang banyak jumlahnya, pergilah ke hutan dan bukalah tanah bagimu di sana di negeri orang Feris dan orang Refaim, jika pegunungan Efraim terlalu sesak bagimu."

Yosua 17 : 17-18 Lalu berkatalah Yosua kepada keturunan Yusuf, kepada suku Efraim dan suku Manasye: "Engkau ini bangsa yang banyak jumlahnya dan mempunyai kekuatan yang besar; tidak hanya satu bagian undian ditentukan bagimu,
tetapi pegunungan itu akan ditentukan bagimu juga, dan karena tanah itu hutan, haruslah kamu membukanya; kamu akan memilikinya sampai kepada ujung-ujungnya, sebab kamu akan menghalau orang Kanaan itu, sekalipun mereka mempunyai kereta besi dan sekalipun mereka kuat." 
 
Membaca ini aku juga teringat firman yang aku dengar tadi pagi. Kita sbg anak Tuhan adl beharga dimata Tuhan, kita memiliki kuasa untuk melakukan pekerjaan2 yang pernah dilakukan Yesus dibumi ini. Kita punya kuasa sbg anak2 Allah.
Terimakasih Tuhan, Hari ini benar2 diberi kekuatan yang menguatkan. Aku punya kuasa untuk menikmati janji2 Tuhan. Spt janji tanah Kanaan yang berlimpah susu dan madunya. Janji rancangan rancangan keberhasilan. Yang aku harus lakukan aku harus taat akan perkataan Tuhan. Aku gak boleh bermalas malasan. Aku harus bertindak bekerja untuk mencapai janji Tuhan tsb. Hari ini juga diingatkan agar segera kerjakan talenta yang Tuhan berikan, aku gak boleh bermalas malasan. Jika ingin menikmati tanah perjanjian yang telah dijanjikan padaku. Terimakasih Tuhan.

Day 25- Yosua 12 -15

Yosua 12 -15

Mengingat Kaleb teringat 12 pengintai yang disuruh mengintai tanah Kanaan Dan bahwa Hanya Kaleb Dan Yosua saja yang begitu yakin dan percaya bahwa mereka akan menduduki negeri tsb. Terbukti mereka berdualah yang berhasil menduduki tanah Kanaan dari rombongan pertama yang keluar dari Mesir.
Hari ini aku belajar mau berani menyatakan imanku didepan umum. Mau berani spt Kaleb. Dan hari ini melihat bahwa janji Tuhan bagi Kaleb terbukti. Berkat yang diucapkan Musa kepada Kaleb tergenapi. Kaleb mendapatkan tanah yang dahulu diintai nya, dimana Kaleb dulu menginjakkan kakinya menjadi milik kepunyaannya.

Janji Tuhan selalu ya dan amen. Jika aku hidup seturut jalan Tuhan maka pasti Pemeliharaan Tuhan akan selalu menjadi milikku. Tuhan mampukan aku taat dan berjalan hanya didalam kehendak Tuhan saja. Bukan jalan pikiranku sendiri. Belakang ini aku sering kali memaksakn melakukan hal2 sesuai Cara pemikiranku. Ketika aku menuruti keinginanku, aku kecewa karna jalanku salah. Dan membuat aku uring2an, ga fokus. Ampuni aku Tuhan. Aku mau belajar melakukan sesuatu seturut keinginan Tuhan saja. Mampukan aku bisa mendengar suara Tuhan. Terimakasih

Day 24- Yosua 9 -11



Yosua 9 -11

Sebab yang berperang untuk orang Israel ialah Tuhan Allah Israel.
Hari ini aku belajar bahwa Tuhan gak pernah tinggalkan aku ketika aku menghadapi peperangan imanku. Tuhan besertaku. Kembali diingatkan jangan takut melangkah. Jangan takut melangkah melakukan pelayanan yang Tuhan perintahkan. Ampuni aku Tuhan kalau aku masih takut aku Gak mampu melakukan pelayanan yang kudengar harus aku lakukan. Hari ini aku belajar seperti Yosua dan Isreal yang mengalami kemenagan2 merebut tanah perjanjian yang telah dijanjikan Tuhan kpd mereka. Aku juga beriman aku juga pasti mengalami kemenagan2 akan janji yang telah Tuhan janjikan padaku. Aku mau melangkah Tuhan, ini aku Tuhan pakai aku

Day 23- Yosua 5 -8

Yosua 5 -8

Hari ini belajar ttg Cara Tuhan bekerja sangat unik Bahkan spt diluar pikiran kita saja. Spt disuruh Keliling tembok yeriko slm 7 Hari. Kok perintahnya sedikit aneh kedengarannya, Tapi mereka taat melakukan nya. Dan bagaimana Sebuah suara sorak pada Hari ketujuh bisa buat tembok yeriko runtuh? Hanya dengan mau taat dengar suara Tuhan, mengikuti perintah Nya.

Tuhan aku belajar bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mengerti Cara pikiran Tuhan. Tuhan punya hikmat dan jalan keluar yang gak pernah dapat aku selamin caranya gimana. Yang aku harus lakukan adalah aku mau mendengar apa Kata Tuhan Walau kadang yang Tuhan perintahkan diluar Dari pikiranku manusia. Tapi aku mau belajar taat sepenuhnya, Beriman Tuhan punya kuasa, dan aku mau melakukannya sesuai petunjuk Tuhan. Terimakasih telah ingatkan aku Tuhan.

Day 22 Yosua 1 -4


Yosua 1 -4

Berkali kali disebutkan kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu. Tuhan ga mau aku kalah bertarung dalam pertandingan Imanku. Walau masalah datang silih berganti. Jangan sampai aku goyah. Sedikit langkah lagi buat aku masuk tanah perjanjian. Tuhan mau aku tetap kokoh berdiri. Tetap kuat, dengan cara :
• bertindak secara hati2,yaitu Jangan bertindak dengan akal pikiranku,namun aku harus hati2, tanya Tuhan sebelum aku melangkah
• Jangan menyimpang ke Kanan atau kekiri. Yaitu aku harus berjalan di jalan yang lurus yaitu jalan yang benar.
• memperkatakan firman, dengan merenungkan firman itu Siang Dan Malam. Mau membawa segala pikiranku hanya memikirkan Firman Tuhan. Dengan setiap hari membaca Alkitab spt ini, aku sungguh bersyukur. Setiap aku berpikir yang salah, Tuhan ingatkan aku ttg Firman yang aku baca. Seperti tadi sore, saat aku begitu ragu gak percaya akan sesuatu hal yang baik ttg pekerjaanku. Aku ditegur Tuhan dengan diingatkan umat Israel yang tidak percaya Akhirnya mati tidak dapat menikmati masuk tanah perjanjian yang penuh susu dan madu. Aku juga ditegur ketika aku gak percaya adanya berkat Tuhan, sama saja aku gak percaya Tuhan dan meremehkan kuasa Tuhan. Ampuni aku Tuhan. Mau belajar merenungkan firman shg itu lah yang menumbuhkan imanku dan dapat menaruh Kepercayaan penuh pada stp rancangan Tuhan dlm hidupku.

Pasal 2
Sungguh indah bagaimana umat Israel menjadi saksi Allah yang hidup buat penduduk di yeriko. Bagaimana penduduk yeriko takut dan gentar mendengar kuasa Tuhan dlm peristiwa Mukjizat laut teberau.
Hari ini aku belajar biarlah proses kehidupan yang aku lalui sekarang akan menjadi saksi Allah yang hidup Buat orang lain. Shg orang lain yang mendengar dan melihat hidupku, mereka juga melihat Tuhan yang bekerja atas hidupku dan mereka memuliakan Tuhan.
Ini aku Tuhan pakailah aku mjd sanksi yang hidup ttg kuasa Tuhan.

Pasal 3 &4
Tidak mudah menjadi pengganti seorang yang besar spt Musa. Bisa jadi umat Israel membanding bandingkan Yosua dgn kepemimpinan Musa .

Yosua 3:7 (TB) Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: "Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau.

Tuhan sungguh sangat peduli pada Yosua. Dengan Mukjizat menyebrang sungai Yordan umat Israel bisa melihat bahwa Tuhan menyertai Yosua spt Tuhan menyertai Musa yang dapat menyebrangi laut teberau .
Baca kisah ini Aku diingatkan ttg rasa tidak pede ku juga dalam melayani. Aku sering kali berpikir aku itu gak bisa spt si A yang dipakai Tuhan melayani dlm bidang yang sama. Suka ga percaya diri Apakah aku mampu melakukan pelayanan spt si A lakukan. Tapi membaca hal ini aku jadi belajar bahwa ketika Tuhan yang suruh melakukan pelayanan, Tuhan juga persiapan aku melakukan hal2 besar spt Yosua yang melakukan hal besar spt yang dilakukan Musa. Mau belajar percaya secara utuh pada Tuhan.


Day 26- Yosua 16 -18

Yosua 16 -18 Hari ini aku belajar bahwa untuk menikmati janji Tuhan dalam kehidupanku aku harus melakukan tindakan. Aku ga boleh ...