Jan 29, 2015

Tempe Kering Gulmer

Siapa yang gak sedih ketika sudah capek-capek nulis trus hilang gitu aja dilihat besok harinya :( ya begitulah satu postingan yang aku tulis semalam dengan judul Impian dalam memasak hilang tampa jejak. Sedikitpun tak ada drafnya padahal aku sudah publis dan masih sempat baca lagi sore harinya. Namun tadi pagi aku buka blogku, postingannya sudah hilang :( sedih rasanya.

Baiklah dari pada larut dalam kesedihan mengenai tulisanku yang bisa hilang gitu aja, lebih baik posting resep masakan lagi. Padahal dipostingan yang hilang itu aku udah jelasin mengapa akhir-akhir ini postingan aku mengenai masakan dan masakan lagi. Karena didalam postingan tsb sudah aku jelaskan resolusi yang aku buat di tahun 2015 ini. Ya mungkin jika ada waktu banyak aku ingin tulis kembali postingan yang hilang tsb. Di waktu yang gak banyak ini karena ini waktu lagi nunggu jemputan pulang kerja, aku mau post resep Tempe Kering Gulmer. Yang berhasil aku buat karena renyah dan enak hahaha :

Bahan :
4 buah tempe ( aku pilih tempe yang dibungkus plastik bukan dibungkus daun)
6 siung bawang merah iris- iris
2 siung bawang putih iris-iris
8 buah cabe merah iris tipis-tipis
gula merah secukupnya
kecap manis 1 sendok
jahe satu ruas jari dijebrek

Cara Membuat :
Potong- potong tempe dengan ukuran yang agak tipis tapi sedikit panjang ya, biar gak hancur gitu kalau digoreng. Setelah dipotong-potong digoreng dalam minyak yang penuh dan api yang sedang saja agar tempe benar-benar masak sehingga kering hasilnya. Biarkan dingin .
Lalu goreng cabe dan bawang yang telah diiris-iris tadi beserta jahe samapai kering lalau masukkan gula merah yang telah diris iris dahulu sehingga mudah hancur saat dimasukkan. Tambahkan kecap manis jika suka. Dan setelah berbuih gula merahnya segera masukkan gorengan tempe. Aduk rata dan simpan dalam wadah yang tertutup. Dan inilah hasilnya dari 4 bh tempe. :)






 

Jan 23, 2015

Bolu Gula Merah

Kembali posting resep masakan lagi :) kali ini yang mau dibagi resep bolu, yang aku buat saat moment tahun baruan,tiga kali coba dua berhasil satu gatot hehehe. 
Ini dia resep nya yang aku lihat dari blog MbakDiah Didi Kitchen. Thank you very much sudah berbagi :) 

Bahan :
5 butir telur
200 gram gula aren, sisir halus
25 gram gula pasir
1 sendok teh SP                      
185 gram tepung terigu
1 sendok teh baking powder
1 sachet susu kental manis
100 gram maragarin,lelehkan
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat :
Kocok telur dan semua gula hingga mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam, kocok rata lagi sebentar. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil di ayak dan di aduk rata.                       
Masukkan margarin leleh dan susu kental manis, aduk rata. Tuang di loyang ukuran diameter 20 cm. Lalu oven sampai masak. 

Jan 20, 2015

Resep Semur Betawi

Awal tahun rencananya mau posting segala hal yang sudah dilewati di tahun 2014, menuliskan perjalanan hidup, segala pertolongan Tuhan, pergumulan hidup :) namun sampai sekarang hal tsb belum kesampaian. Kesibukan luar biasa di awal tahun, perubahan2 yang terjadi di kantor jadilah rencana nulis gak jadi. 

Di kesempatan yang gak banyak ini aku mau buka postingan tahun 2015 dengan sukacita ku bisa masak hahaha bertambah lagi ilmu aku dalam memasak, ya walaupun cuman semur tahu plus telur dan kentang :) tapi rasa senang itu masih terasa saat menuliskan ini. Ditambah respon yang memakan nya tambah buat hati senang :) :) 

Ini dia resep Semur Betawi yang aku lihat dari resep mbak Didi, Resep-resep disana cukup mudah untuk dicoba dan aku sudah beberapa kali lihat contoh resep masakan dari blog nya Mbak Didi.Untuk resep aslinya lansung menuju blognya saja ya, kalau yang ini sudah dimodifikasi dengan bahan-bahan yang ada saja. Tidak memakai daging sapi :)

Semur Betawi                                
Bahan :                                   
250 gram kentang, dipotong 
4 butir telur
1 bungkus tahu yang bersisi 5 potong digoreng dahulu
8 butir bawang merah, diiris tipis 
2 buah tomat, dipotong-potong 
1/2 sendok teh pala bubuk 
3 butir cengkeh 
3 cm kayumanis 
4 sendok makan kecap 
1 sendok teh garam / kaldu sapi secukupnya.
1.500 ml air                      
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus: 
6 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe 
6 butir kemiri, disangrai  aku ganti pakai kacang tanah
1 sendok teh ketumbar 
1/4 sendok teh jintan (aku tidak pakai bahan ini)

Cara membuat :           
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan  kentang, tahu dan telur serta air. Masukkan tomat, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak  sampai kentang empuk dan bumbu meresap. Warnanya gak kelihatan seperti yang diresep mbak Didi karena tidak memakai jintan.  Tapi rasanya tetap enak. Jadi ingin memasaknya kembali. Ada yang mau? :)

  

Saat menuliskan postingan ini, teringat firman Tuhan yang aku baca saat pagi tadi yang tertulis  di Mazmur 37:4 tentang Kebaikan Tuhan dan mengingatkan untuk bergembira didalam Tuhan. Thank u Lord Jesus. 

dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. 
Mazmur 37: 4

Day 6 - 2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17

2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17 Aku sangat kagum akan kecintaan Daud pada Allah.  Setelah kerajaannya kokoh, Daud tidak berdiam diri saja san...