Aug 27, 2014

Curhat

Minggu ini kesibukanku asyik saja lihat pengumuman cpns. Walaupun pendaftaran sudah dibuka,tapi aku belum menentukan pilihan di istansi mana yang akan kudaftar. Berhubung cuman satu kesempatan disetiap istansi yang boleh kita pilih. Hari itu cuman baru buka empat,setiap hari bertambah dan sampai hari ini aku masih dalam kebingungan memutuskan pilihanku :(  ujung- ujungnya dua minggupun nanti berlalu tampa ada pendaftaran.

Aku bingung Tuhan, Apa Tuhan mau aku mendaftar sebagai CPNS? tapi dimana? itu yang terus aku doakan selama pendaftaran ini dibuka. Ada beberapa instansi yang menarik perhatianku, tapi ternyata lokasi ujiannya tidak ada dikotaku, yang ada di ibukota di Jakarta sana. Memikirkan lokasi yang jauh rasanya udah gak mungkin. Ada yang lokasinya di kota tempat tinggalku, tapi peluangnya cuman satu orang. Makanya pikiranku galau memikirkan ini. Apa kesempatan ini harus aku ambil? atau aku lewatkan saja. 

Tuhan, Engkau tau apa yang ada di isi hatiku sekarang ini. Mengapa aku begitu memilih istansi yang akan aku daftar, tapi berapa lama lagi aku harus mengambil keputusan,sedangkan ini semua akan berlalu dalam dua minggu ini...

Aug 15, 2014

Ceritaku Minggu ini

Seminggu ini aku bawaan malas :(  Malas nulis, padahal udah ada yang ingin aku tulisakan disini. Ada rencana mau share buku yang baru siap aku baca. Ada 3 buku, semenjak libur  lebaran kemarin sempat banyak baca buku. Satu buku itu tentang doa keliling dan manfaat besar dari melakukan doa keliling. Semenjak baca buku itu, aku dalam setiap perjalanan ke kantor, pulang kantor, atau melewati jalan yang gak biasa aku lewati udah belajar untuk berdoa buat tempat-tempat tsb. Walau memang aku gak langsung berjalan kaki langsung disetiap tempat. Namun, diatas motor,  karena biasanya aku diatarin sama adek untu pergi kerja, jadi kesempatan itu aku banyak pergunakan untuk doa bukan untuk cerita sama adek. Dengan berdoa melepaskan Roh Allah berkeja disetiap tempat agar mereka yang belum percaya dan mengenal Yesus beroleh pemahaman tentang keselamatan dan kebenaran dalam Kristus. Dan juga berdoa mengikat pekerjaan iblis. Ada satu firman Allah yang kuingat yang berkata apa yang kita ikat dibumi akan terikat disurga dan apa yang kita lepaskan dibumi akan lepas disurga.
Kepadamu akan Kuberikan kunci  Kerajaan Sorga . Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. ( Matius 16:19)

Jadi, setiap melewati daerah yang baru atau jarang aku lewati, aku selalu diingatkan untuk doa. Ntar deh aku ulas buku tsb secara lengkap. Doakan ya :) Akhir -akbir ini  banyak yang memang aku pikirkan untuk saat ini. Jadi rencana untuk nulis, jadi tertunda terus :(  Satu, aku kepikiran  rencana mau ikut Cool digereja. Jadi hari Senin itu aku dapat sms isinya ngajakin aku untuk ikut Cool. Aku juga binggung nih orang dapat nomor aku dari mana? Ternyata dia balas maaf aku dapat nomornya dari perpuluhan kamu digerja. Baru ingat memang waktu kasih perpuluhan aku cantumin nomor hp, biasanya sih gak pernah cantumin :) terus diajakin ikut Cool, eh ternyata Cool acaranya  malam hari setiap hari kamis. Dari hari senin kemarin aku doain, Tuhan kasih konfirmasi donk aku boleh pergi atau enggak? berikan aku damai sejahtera Tuhan. Ya bergitulah doaku mulai hari senin, selasa juga, rabu juga, kamis aku nanti - natikan. Kok Tuhan gak kasih jawaban ya? pergi atau gak? damai sejahtera atau enggak mau  pergi? Akhirnya aku putuskan untuk gak pergi. Sebernarnya dari hari Rabu dia udah sms ingatkan acara Cool untuk besok. Aku hanya jawab iya, tapi dalam hatiku belum pasti pergi. Alasan memang ortu yang mungkin tanda tanya, aku kemana? karena memang gereja aku dan nyokap itu beda. Dan aku memang sangat memilih kegiatan digerja bukan ada maksud apa sih, tapi aku berusaha tuk gak jadi batu sandungan dalam keluarga. Kebetulan nyokap juga punya acara partamiangan/ibadah lingkungan setiap kamis. Gak mungkin juga  bentrok waktunya aku harus milih (jadi bingung sendiri) Jadi kamis sore aku putuskan aku gak pergi. Mungkin bagi yang belum tau Cool itu seperti komunitas bertumbuh dan pemuridan, sebuah  komunitas keluarga rohani. Ya itu dia, aku memang merindukan belajar untuk dimuridkan lagi. Dulu memang pernah waktu kuliah, kita punya kelompok kecil dalam Tuhan ada sekitar 7 orang ikut kakak pembimbing. Tapi setelah tamat, dan semua anggota udah pada kerja dan pindah kota sebagian. Bubarlah namanya kelompok kecil tsb. Namun, aku rindu ingin sekali punya kakak rohani lagi, belajar dimuridkan lagi, belajar Alkitab, bertumbuh dalam komunitas yang sehat. Awalnya aku dikasih tau apa itu Cool aku senang dalam hati aku bilang Tuhan apa ini jawaban doaku? tapi ada kejangglan juga ternyata yang akan ajak aku itu usianya masih dibawah aku. Dan dia memang khusus muridkan anak-anak muda (yang masih kuliah/skul). Yah itu juga yang jadi pertimbangan aku apa ikut masuk ke Cool dia atau gak? Dia juga nawarin kalau kakak segan, bisa gabung sama yang udah berkeluarga. Makanya hal ini memang masih dalam pergumulan doa. Ya, aku berharap segera ada pencerahan buat pergumulan ini.

bersambung besok yaa...

Aug 12, 2014

Lima Jawatan

Happy Tuesday. This day i want to write back what i received in the last week in pray sunday with pastor Ricky Nelson. Tulisan ini aku tulis sebagian besar dari apa yang dikotbahkan pada hari miggu kemarin. 

Efesus 4 :11 ----> Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

Efesus 4 :12 ----> untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

Efesus 4 : 13 ----> sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus

Jadi intinya ada 5 (lima) jawatan didalam pekerjaan pelayanan dalam Tubuh Kristus yaitu Rasul, Nabi, Penginjil,Gembala, dan Pengajar. Jadi kelima jawatan ini adalah sama pentingnya dalam memperlengkapi kita murid- murid Tuhan untuk bertumbuh dalam Kristus. Berikut saya coba paparkan lima jawatan tsb :
 
Ada 5 Jawatan
1. Rasul
Contoh Pelayanan Rasul adalah :
  • Membawa jemaat mengalami terobosan
  • Membawa jemaat kegerakan tubuh Kristus dan transformasi komunitas
2. Nabi 
Contoh Pelayanan Nabi adalah :
  • Membawa jemaat untuk  lebih intim dengan Tuhan dalam doa, pujian dan penyembahan
  • Menyampaikan pesan dan teguran bahkan peringatakan dari Tuhan
  • Menyampaikan Firman atas tuntunan Roh Kudus
3. Penginjil
Contoh Pelayanan Penginjil adalah
  • Membawa jemaat untuk merima keselamatan kekal yaitu Pertobatan dan Babtisan
  • Membawa jemaat untuk memenangkan jiwa
4. Gembala
Contoh Pelayanan Gembala adalah 
  • Membalut hati yang luka
  • Melindungi kawanan domba dari binatang buas (iblis)
  • Mendidik dan mendisiplinkan
5. Guru/ Pengajar
Contoh pelaynan Pengajar adalah:
  • Memberikan pengajaran doktrin Alkitab
  • Memberi pengajaran latar belakang dan sejarah Alkitab
  • Memberi pengajaran- pengajaran khusus tentang topik tertentu yang dibutuhkan seperti membangun karakter Kristus, membangun keluarga sesuai Alkitab. 
Kelima jawatan ini penting sekali dalam tubuh Kristus/ Gereja. Jadi sebagai muridNya Tuhan kita juga wajib menerima setiap pelayanan dari kelima jawatan tsb. Jangan karena kita merasa hanya suka tentang kotbah berkat dan kesembuhan kita tidak mau/malas mendengarkan kotbah tentang sejarah dan latar belakang Alkitab. Guys, semua jawatan itu penting untuk memperlengkapi kita orang-orang kudus (ayat 12) agar kita mencapai Kesatuan iman, pengetahuan yang benar tentang anak Allah, kedewasaan penuh dalam Kristus, Pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus untuk menjadikan kita serupa dengan Kristus, karena itu adalah tujuan hidup kita yaitu memuliakan Tuhan Yesus Kristus dan bertumbuh secara rohani untuk menjadi serupa dengan Kristus

So, jangan pernah kita mengeraskan hati kita untuk diajar dan dididik dalam pengenalan Kristus. Semua pekerjaan pelayanan yang dilakukan oleh 5 (lima) jawatan tsb adalah baik untuk membuat kita bertumbuh dalam Kristus dan semakin mengenalNya.

Aug 11, 2014

Roti (Firman) di Perjamuan Kudus 10 Agustus

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya  dan mengikut Aku
Matius 16 :24  


 

Aug 3, 2014

Hidup Yang Kekal

Happy Sunday :)  Aku mau posting sebuah kabar sukacita, sebuah kebenaran yang harus kita ingat sebagai anakNya Tuhan. Ini ayatnya 

1 Yohanes 5 : 11 ---->Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.

1 Yohanes 5 : 12 ---->Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya.

1 Yohanes 5 : 13 ----> Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

Ibadah minggu pagi aku benar-benar diberkati dengan kebenaran Firman Tuhan yang disampaikan. sebuah pesan yang dikatakan "jangan menukar kasih karunia yang Allah berikan hanya demi karir, uang, pasangan hidup. Anak- anak Allah ketahuilah ketika Tuhan memilihmu menjadi anak pilihanNya ketehuilah Ia juga mengaruniakan hidup kekal didalam Yesus Kristus." Aku berkata pada diriku sepertinya Firman itu disampaikan buat aku, buat negur aku. Memang bernarlah FirTu yang berkata bahwa Firman Allah itu bagai pedang bermata dua yang menusuk hati kita agar mau tobat.
Sebab firman Allah  hidup  dan kuat  dan lebih tajam dari pada pedang  bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati   kita. ( Ibrani 12 :4 ) 

Dan aku benar merasakannya FirTu itu bagai menusuk aku dan aku sampai menitihkan air mata saat mendengarnya. Tuhan Engkau baik. Engkau gak membiarkan anakMu jatuh terlalu dalam, Engkau menopangku dan terus mengingatkanku agar aku gak jatuh dalam pencobaan ini. Thank you Lord. Sampai aku dirumah aku baca ulang lagi kebenaran tsb dan Tuhan semakin bukakan kebenaranNya buat aku. Praise the Lord :)

Sudah pada tau belum kabar baiknya? Bahwa Allah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita, dan hidup itu ada dalam Anak-Nya (Yesus Kristus). Coba baca berulang -ulang sampai kita ngerti dan tau apa maksud firman tsb. Jelas dikatakan hidup kekal itu hanya ada dalam AnakNya yaitu Yesus Tuhan. Dan kabar gembiranya Allah sendirilah yang mengaruniakan itu semua kepada kita. Kita yang dipilihnya, kita  yang mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan, Kita yang bukan siapa-siapa tetapi Dia rela korbanin AnakNya sendiri mati dan nanggung dosa kita. Kurang baik apa coba Allah sama kita? Kita dipilih. Kita ditebus. Ada hidup kekal didalamNya.

Guys, hidup kekal disini bukan hanya mengartikan hidup kekal disurga kelak. Hidup kekal juga mengartikan  kehidupan kita didunia ini.Hidup yang tahan goncangan, hidup yang tahan uji terhadap segala kondisi didunia. Karena kita punya Tuhan yang selalu pelihara hidup kita. Coba renungkan sendiri bahwa anak_Nya sendiri Dia berikan buat kita, apalagi perlindungan dan kekuatan dariNya pasti semua diberikan sesuai kehendakNya.

Roma 5 : 8 ----> Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita,   ketika kita masih berdosa.

Guys taukah kita bahwa keselamatan itu diberikan cuma-cuma buat kita. Dan bukan karena kita yang memilih Dia tetapi Tuhanlah yang memilih kita dan menjadikan kita layak dihadapanNya dengan pergorbanan Yesus sebagai anak domba yang menghapuskan segala dosa-dosa kita, menghapuskan keburukan kita, menghapuskan cacat ditubuh kita. Dia mau tanggung itu semua agar kita layak dihadapan Allah.

1 Yohanes 4 :19 ----> Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.  
 
Kolose 2 :14 ---- > dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan  hukum   mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib

So guys, satu yg perlu kita garisbawahi setelah kita tau bahwa keselamatan itu diberikan cuma-cuma buat kita, bukan berarti kita lantas hidup semaunya kita saja. Justru kerena kasih karunia yang telah diberikan secara gratis tersebut kita jauh lebih mau menghargai dan memberikan yang terbaik kepada Allah atas pemberiannya kepada kita.

1 Korintus 15 :10 ---->Tetapi karena kasih karunia   Allah   aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku   tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua;   tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.  

Seperti Rasul Paulus ketika ia tau arti kasih karunia itu, ia bekerja keras berjuang memberitakan injil, memberitakan kebenaran kebanyak orang. Guys ketika kita sudah merasakan kasih karunia itu terjadi dalam hidp kita, tentu didalam hati kita ada perasaan/ ada suatu gelora/suatu kerinduan yang besar agar orang-orang disekitar kita yang belum merasakan kasih karunia itu dapat merasakannya dan diselamatkan dalam Yesus Tuhan.  Mari rasakan Kasih Karunia yang diberikan Allah cuma-cuma lewat pengorbanan Yesus dikayu salib. Ketika engkau merasakannya engkau akan mengerti betapa berharganya pengorbanan itu bagi hidupmu. Tuhan memberkati :)



Hanya Kau Tuhan di hidupku
Kau berikan hidup yang baru
Darah-Mu menyucikan pulihkan hatiku
Kunyatakan Kau-lah s'galanya

Engkaulah sumber pengharapan
Kuasa-Mu sanggup menyembuhkan
Jiwaku pun berserah hanya kepada-Mu
Yesus Kau-lah segalanya

Kar'na salib-Mu kuhidup
Kar'na salib-Mu kumenang
Engkau yang berkuasa
Sanggup 'tuk melakukan
Mujizat-Mu di hidupku


Wahyu 1 - Berbahagia yang baca,dengar & pelaku Firman Tuhan

31 Okt Wahyu 1 Wahyu 1:1 (TB)  Inilah wahyu Yesus Kristus, yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba...