May 30, 2014

Berkat Pujian

Semalam waktu ibadah memperingati hari Kenaikan Tuhan Yesus, aku dapat berkat pujian yang menyentuh plus bangkitkan imanku. Ini lirik lagunya 
 
Ketika Tuhan Memulihkan Keadaan Sion
Keadaan Kita Seperti Orang Yang Bermimpi
Waktu Itu Mulut Kita Penuh Dengan Tawa
Lidah Kita Dengan Sorak-Sorai 

Yang Menabur Dengan Mencucurkan Air Mata
Akan Menuai Dengan Bersorak-Sorai
Yang Berjalan Menangis Sambil Menabur Benih
Pasti Pulang Membawa Berkas-Berkasnya 
 
Pujian ini benar -benar memberkati, judul lagunya Sukacita Penuaian, coba lihat reff lagu ini diambil dari nyanyian mazmur Daud di 
Mazmur 126 : 5 ----> Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.
 
Mazmur 126 : 6 ----> Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.
 
 

May 28, 2014

#Rindu#

"Aku rindu Tuhan," kataku dalam hati. Aku rindu ngobrol denganMu dalam doa. Rasanya udah lama aku sibuk gak menentu dengan hal yang gak jelas dan gak ada hasil. Aku rindu tau diriMu lagi. Aku rindu tau kelanjutan kisah-kisah yang tertulis dalam kitabMu. Aku rindu Engkau menjawab doa-doaku. Aku rindu Engkau menghiburku. Aku rindu masalah yang membuat aku mengadu padaMu. Pokoknya aku rindu sekali padaMu. Aku ingin berbalik, cukup sudah aku bermain dengan kedegilan hatiku. Aku rindu Engkau yang ada disetiap nafas hidupku. Aku rindu

May 12, 2014

Martabak Manis

Sabtu sore aku belajar masak martabak. hehe. Sebenarnya jumat itu aku liat postingan majalah femina tentang resep martabak. Trus jadi kepengin buat deh. Tapi cara buatnya agak sedikit susah, trus nyari-nyari diblog teman yang suka masak-masak (blog Cella)  ketemu deh resep ini. Sangat mudah :)

bahan:
250 gram tepung terigu
5 gram ragi instant/ fermipan setengah bungkus
75 gram gula pasir
1 butir telur kocok lepas
300 ml air

bahan isian:
butter, keju cheddar, susu kental manis. (aku cuman pake susu kental manis sudah cukup enak )

cara membuat:

ayak tepung terigu di wadah adonan. masukan ragi dan gula pasir. aduk rata. tambahkan telur, aduk rata lagi. tuang air sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai adonan menyatu dan lembut (bisa pakai whisk bisa juga pakai mixer). nah sampai sini adonan kental banget warnanya putih kekuningan. diamkan 45 menit. kalau kelupaan 10 menitan masih oke lah..tapi kalau kelamaan banget jangaaan..ntar terlalu asam adonannya karena si ragi kerja berlebihan.

nah...ini bagian yang tricky...
saat akan menuang adonan martabak, tes dulu si wajan anti lengket yg kita gunakan. caranya taburkan sejumput gula pasir, jika si gula langsung larut dan hilang/ meleleh artinya wajan siap dituang adonan. kalau wajan kepanasan, ntar si adonan ga sempat membentuk sarang atau pori-pori itu...begitu juga kalau wajan kedinginan, insyaallah bantet martabaknya ga berpori.

kalau si wajan udah cukup panas tadi... tuang si adonan, pasti akan bunyi "cesssssss". udah deh aman, tuang gula pasir dan biarkan adonan naik sampai berpori. kurang lebih 10 menit apinya kecil sampai sedang aja dan biarkan sampai permukaan martabak matang dan bolong-bolong. angkat deh dari wajan.

dalam keadaan panas, oles dengan mentega, dan taburkan keju parut (bisa juga sesuai selera mau kasih rasa apa), lalu tuang susu kental manis. potong dua bagian, lalu lipat deh. potong2 lagi. siap dinikmati. 

Dan Hasilnya taraaaaaa


Bentuknya kurang bagus setelah dipotong-potong, karena aku gak punya pisau yang bagus untuk potong-potong martabaknya. Tapi jangan kuatir, rasanya enak kok :) :) jadi pengen buat lagi dengan rasa yang berbeda-beda :) 

Selamat mencoba !!!

May 8, 2014

Belajar dari Hidupnya Daud

Helo Helo Helo...
Absent Ngeblog hahahaha
Maafkan diriku yang udah mulai kendor nih kerajinannya tuk nulis. Mumpung ada kesempatan sebelum pulang lebih baik isi blog dulu deh :) 

Kali ini aku mau bahas tentang Daud, maksudnya raja Daud yang tertulis dalam kitab Samuel. Sebenarnya aku udah berapa kali baca kitab Samuel ini dah udah selesai, tapi entah mengapa Tuhan suruh aku baca  kitab itu lagi sampai aku harus garisbawahi pake pena alkitabku tentang kisah-kisah Daud. Kenapa aku tertarik tuk baca ini? Yaah, Tuhan suruh aku belajar tuk jadi seorang prajuritnya Tuhan. Dimulai dari kisah pahlawan Triwira yang pernah aku post diblog ini. Trus mundur kebalakang tentang kenapa Daud yang jadi Raja? trus Daud itu orangnya seperti apa? Kenapa dia dikerjar-kejar terus sama Saul dan ingin dibunuh. Yaah semua pertanyaan itu muncul dengan sendirinya dipikiran dan hatiku, dan aku terus bertanya-tanya kenapa ya? dan dalam alkitab aku nemukan jawabannya. Terkadang jawaban yang aku dapat itu bukan langsung dapat saat aku baca firman tsb, namun saat lagi kerja dikantor kepikiran ayat firman yang aku baca tadi. Ini contohnya :
Kan Daud itu terus dikejar-kejar Saul dan ingin dibunuh oleh Saul. Sampai Daud mendapat kesempatan tuk bunuh Saul sampai dua kali, namun Daud gak mau melakukannya, kerena Daud gak mau membunuh orang yang diurapi Tuhan ( karna Saul masih menjadi raja Israel saat itu). Dan saat aku udah dikantor, aku kepikiran sama firman itu, alasan apa Saul begitu bencinya sama Daud? bukankah Daud itu salah seorang prajurit perang yang pemberani? Daud juga menantunya , tapi kenapa ia mau dibunuh?
Dan aku ngerti alasannya, hanya karena Saul begitu benci/iri mendengar rakyatnya membandingkan Daud dengan Saul. Dikatakan Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa. 
1 Samuel 18 : 7 ---> dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa."
1 Samuel 18 : 8 --->Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."
1 Samuel 18 : 9 --->Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud.

Dan disitulah aku mengerti kenapa Daud dikejar-kejar oleh Saul. Saat Tuhan kasih aku jawaban atas pertanyaanku ini, Tuhan kasih perlihatkan aku akan pertiwa yang ada disekitarku, jadi adalah si Mr. A yang sangat membenci si Mrs. B. Aku kadang memikir kenapa yaa si A ini selalu mengusik si B, sampai si A selalu berusaha agar si B ditendang dari wilayahnya tempat dia berdiri. Salahnya apa? kadang si B juga cuka curhat ke aku kenapa yaa aku gak disukainya li? kenapa yaa dia ngusik kerjaan aku aja? aku salah apa ya  li? sampailah aku mengerti mengapa si A melakukan hal itu, ya sama seperti Saul yang dengki kepada Daud hanya karena iri/ cemburu atas apa yang dikatakan orang-orang yang suka membanding-bandingkan. 

Aku ngerti sekarang Tuhan kataku dalam hati alasannya apa. Tuhan memang luar biasa bijaksana kasih kita Alkitab yang berisi Firman yang hidup. Kalau dipikir untuk apa kita disuruh baca kisah raja-raja Israel yang ada dalam alkitab, Guys, Tuhan mau kita belajar banyak dari hal tsb. Karna apa? karna disekeliling kitapun, dimanapun kita berada, kita alamin yang namanya peperangan, kecemburuan, iri, kedengkian, tidak disuka orang lain, dikejar-kejar musuh. Semua itu kita alami kan saat -saat sekarang ini? Nah, Tuhan kasih kita pedoman dan kasih kita Firman yang benar-benar hidup dan membangun tuk bisa tetap berdiri, teguh menghadapi masalah-masalah kita sekarang. Liat deh Daud, dikekar-kejar musuh (saul) ia tetap dalam lindungan Tuhan. Bahkan ia jauh lebih berguna dan terpakai liat ayat firman ini, saat ia berada dalam Gua Adulam datanglah kepadanya orang yang dalam kesukaran, dikerjar piutang, orang yang sakit hati, dan Daud menjadi memimpin mereka. Nah, Daud lebih dipakai saat ia menghadapi masalah, Ia gak fokus pada masalahnya sendiri saja, but  Daud juga mau  melayani orang-orang yang datang kepadanya. 
1 Samuel 22 : 2 --->Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang. 
Thanks Lord buat Firmanmu ini.. Semoga kita bisa banyak belajar lagi dari isi Firman Allah yang ada di Alkitab, karna Allah kasih kita Alkitab tuk kita baca bukan karna kurang kerjaan, tapi karena isi dalam Alkitab itu benar-benar berguna buat kita hidup didunia ini. Semakin kita baca, semakin kita mengarti dan Tuhan akan bukakan pada kita rema yang gak dapat kita beli dari manapun.

Udah dulu yaa, aku mau pulang nih...
Gbu

Kejadian 2 - Penolong

Kejadian 2 Kejadian 2:18 (TB)  TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong...