Mar 24, 2014

Pahlawan Triwira


Sebulan yang lalu (aku lupa tepatnya kapan) aku baca firman Allah tentang kisah Raja Daud. Saat membaca kisah Raja Daud aku sangat terkagum-kagum akan pemerintahan raja Daud dan yang lebih seru lagi yaitu saat membaca pahlawan-pahlawan bagi Daud  yang tertulis di 2 Samuel 23. (coba deh baca) Pahlawan-pahlawan yang berperang bagi bangsa Israel. Kesetiaan mereka kepada Raja mereka saat itu yaitu Daud. 


2 Samuel 23 : 8 ---> Inilah nama para pahlawan yang mengiringi Daud: Isybaal, orang Hakhmoni, kepala triwira; ia mengayunkan tombaknya melawan delapan ratus orang yang tertikam mati dalam satu pertempuran.

2 Samuel 23 : 9 ---> Dan sesudah dia, Eleazar anak Dodo, anak seorang Ahohi; ia termasuk ketiga pahlawan itu. Ia ada bersama-sama Daud, ketika mereka mengolok-olok orang Filistin, yang telah berkumpul di sana untuk berperang, padahal orang-orang Israel telah mengundurkan diri.

2 Samuel 23 : 10 ---> Tetapi ia bangkit dan membunuh demikian banyak orang Filistin sampai tangannya lesu dan tinggal melekat pada pedangnya. TUHAN memberikan pada hari itu kemenangan yang besar. Rakyat datang kembali mengikuti dia, hanya untuk merampas

2 Samuel 23 :11 ---> Sesudah dia, Sama, anak Age, orang Harari. Ketika orang Filistin berkumpul di Lehi--di sana ada sebidang tanah ladang penuh kacang merah--dan tentara telah melarikan diri dari hadapan orang Filistin

2 Samuel 23 : 12 ---> maka berdirilah ia di tengah-tengah ladang itu, ia dapat mempertahankannya dan memukul kalah orang Filistin. Demikianlah diberikan TUHAN kemenangan yang besar.

Yang membuat Daud salut akan kehebatan ketiga pahlawan Triwira ini adalah

2 Samuel 23 : 15 ---> Lalu timbullah keinginan pada Daud, dan ia berkata: "Sekiranya ada orang yang memberi aku minum air dari perigi Betlehem yang ada dekat pintu gerbang!"

2 Samuel 23 : 16 --->Lalu ketiga pahlawan itu menerobos perkemahan orang Filistin, mereka menimba air dari perigi Betlehem yang ada dekat pintu gerbang, mengangkatnya dan membawanya kepada Daud. Tetapi Daud tidak mau meminumnya, melainkan mempersembahkannya sebagai korban curahan kepada TUHAN,

2 Samuel 23 : 17 --->katanya: "Jauhlah dari padaku, ya TUHAN, untuk berbuat demikian! Bukankah ini darah orang-orang yang telah pergi dengan mempertaruhkan nyawanya?" Dan tidak mau ia meminumnya. Itulah yang dilakukan ketiga pahlawan itu. 

Saat itu Daud  dan orang-orangnya berada dalam dalam kubu gunung dan  pasukan pendudukan orang Filistin pada waktu itu ada di Betlehem. Saat itu timbullah keinginan Daud untuk minum air dari Perigi di Betlehen. Keinginan Daud terdengar oleh ketiga pahlawan tsb yaitu Isybaal, Eleazar dan Sama. Dan ketiga pahlawan tsb menerobos perkemahan orang -orang Filistin. Mereka menimba air dari perigi Betlehen yang ada dekat pintu gerbang. Mengangkatnya dan membawanya kepada Daud. Tetapi Daud tidak mau meminumnya melainkan mempersembahkan sebagai korban curahan kepada Tuhan. Atas pengorbanan yang dilakukan ketiga pahlawan ini, Daud mengatakan  tidak ada yang menyaingi kehebatan mereka.
Wow...Luar biasa mereka Tuhan, kataku dalam hati.
Aku sampai berulang- ulang membaca kisah ini dan benar-benar membuatku kagum dan terpesona akan keberanian dan kehebatan mereka :) :)  Setelah atau sebelum mebaca FirTu ini (aku lupa tepatnya kapan), aku nonoton film The Legend of Hercules dan Troy. Dimana kisah film ini berkisahkan tentang perang-perang. Dan dari film yang kutonton aku dapat melihat bagaimana keadaan di medan perang, bagaimana kesiapan para prajurit dan kesetiaan mereka kepada perintah Raja. Wow...aku benar-benar dapat gambaran akan apa yang dilakukan  Pahlawan Triwira tersebut dari film yang kutonton. Thanks God .
 
Dan dari FirTu yang kubaca mengingatkanku tentang pengorbanan apa yang telah aku lakukan buat Rajaku. Apakah aku punya keberanian seperti mereka masuk ke ladangnya musuh? Sungguh membuatku mau nangis. Aku belum melakukan apa-apa dan tidak sehebat mereka.  Tuhan hari ini aku belajar bahwa aku harus benar -benar siap menjadi prajurit-prajuritnya Kristus. Prajurit-prajurit Kristus yang dibanggakan oleh RajaNya. Apakah kalian juga mau menjadi prajurit dan menjadi pahlawan yang dibanggakan oleh Raja kita Yesus Kristus???

Mar 9, 2014

"Kepunyaan-Ku "


"Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
(Yesaya 43 :1b)

 


* Firman di Roti Perjamuan 9 Maret 2014

Mar 5, 2014

Pengharapan



Engkau yang mengetahui setiap isi hatiku
Apapun yang kupikirkan
Apapun yang kurasakan
Apapun yang bergejolak dihatiku
Apapun yang membuat kesedihanku
Dipagi ini
Di setiap ketidakadilan yang kurasakan
Ketika mereka selalu anggap aku ini kecil tiada arti

Bapaku
Arahkanlah pandanganMu kepadaku
Sendengkalah telingaMu dengar
Jeritan hatiku
Hiburlah aku dengan sukacita daripadaMu
Engkau yang mengenal aku
Engkau yang mengetahui  masa depanku
Jangan biarkan aku sendiri Bapa

Mar 4, 2014

Sepenggal Cerita dihari Minggu

Happy Monday :) Aku mau cerita sedikit kejadian yang aku alamin semalam. Dari pada ntar lupa lebih baik ditulis disini aja. Well, semalam aku gereja pagi ikut ama adekku masuk jam 8 pagi. Karena udah telat dan bangku-bangku digereja udah pada penuh apalagi posisi tempat biasa aku duduk juga udah terisi. Jadi aku ikutin adekku aja yang pilih tempat duduk. Dan ternyata setelah duduk, adekku baru nyadar orang yang dibelakang tempat duduk kami itu si mantan ama istrinya dan ama nyokapnya. Aku sih gak pernah berharap ketemu dia lagi apalagi harus cakapan sama dia. Tapi ya aku gak tau kenapa harus ketemua ama dia lagi. Yah memang gak dipungkiri kami pasti bisa ketemu karena kami tuh satu gereja. Tapi setau aku dia kan gak tinggal dipekanbaru lagi, tapi ntah mengapa harus ketemu.Ya udah gak usah dipikirin lagi, aku juga gak ketemu dia karena pas habis ibadah dia langsung caw gak keliatan,  hehehe. Yang jelas aku  sudah bisa nerima semua yang udah terjadi. Mungkin pilihannya untuk nikah ama istrinya sekarang itu pilihan yg baik buatnya. 

Jadi yang buat aku kepikiran sampe sekarang adalah sikap nyokapnya dia semalam ama aku. Aku benar-benar terkejud dan mikir sampe rumah dan sampe sekarang atas sikap nyokapnya ama aku. Nyokapnya itu langsung nyalam aku semalam pas habis ibadah dan mau sun pipi aku karena aku agak terkejud gitu ama sikapnya aku jadi canggung aja, dan nyokapnya itu sempat cubit pipiku karna gemasnya dia ama aku. Benaran aku gak nyangka aja namboru itu bersikap seperti itu ama aku dan adekku diperlakukannya seperti itu juga. Aku hanya bilang ama  adekku mungkin namboru itu lagi happy makanya sikapnya seperti itu. Setelah aku pikir memang udah lama aku  gak ketemu sama namboru ini, ya bisa jadi karena aku jarang gereja kesini makanya jarang nemu hehehe. Buatku pribadi namboru itu orang yang hebat, dia wanita yang tangguh dan mandiri dan dia bisa nerima sesuatu hal yang dia gak miliki, Aku cukup kagum ama dia. Thanks Lord buat setiap pertemuan setiap kejadian hidup yg selalu mempunyai arti.

* Tulisan yang hampir 2 minggu belum selesai ditulis. Tepatnya  tanggal 16 Febuari,bulan yg lalu :) 


Yesaya 13 -17

15 Juli Yesaya 13 -17 Jujur agak sulit mendapatkan rhema untuk bacaan hari ini. Namun, hari ini aku diingatkan Tuhan agar janga...