Oct 20, 2013

Perpuluhan #3

Lanjutan dari postingan sebelumnya

Aku berharap dari setiap terguran dan peristiwa yang Tuhan kasih membuat aku mau taat dalam hal perpuluhan. Jadi awal bulan ini saat aku mau kasih perpuluhanku jujur keinginan daging vs keinginan rohku bertolak belakang. Keduanya seperti berjuang saling berperang untuk jadi pemenang. Keinginan hati dan rohku berkata kasih dan taat ama Tuhan, tetapi keinginan dagingku berkata gak usah kasih bulan ini dengan berbagai alasan nanti gak cukup. Kalau secara logika mungkin memang benar, aku juga sempat mikir dengan kondisi adekku sekarang penganguran karena habis kontrak dtempat dia kerja. Jadi udah hampir 2 bulan nganggur. Beban yang selama ini bisa dibagi dua antara aku dan adekku sekarang menjadi tanggungan aku sendiri.  Kondisi tersebut jujur membuat aku cukup kuatir memikirkannya, setelah menghitung-hitung  pengeluaran untuk bulan ini rasanya memang takut gak cukup. Namun,keinginan rohku bisa mengalahkan segala pemikiran dan keinginan dagingku tsb. Aku taat mau kasih, aku sudah siapin dirumah dan masukkan keamplop untuk dikasih nanti saat ibadah digeraja. Aku doa "Tuhan aku percaya Engkau Allah yang sanggup mencukupkan segala kebutuhan dan keperluanku" dan aku mau kembali belajar taat akan Engkau. 

Sungguh apa yang aku lakukan aku yakin semua berkat kuasa Tuhan  yang memampukan aku mengalahkan segala pemikiran dan kekuatiranku. "Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan:  roh memang penurut, tetapi daging lemah."  Aku mengucapsyukur buat kekuatan dan pertolongan yang Tuhan berikan buatku :) Buat setiap teguran yang Tuhan ingatkan aku untuk mau taat. Thanks Jesus. Tuhan Yesus Engkau baik dan sangat baik.




Oct 19, 2013

Perpuluhan #2

Lanjutan dari postingan semalam tentang perpuluhan.

Namun, setelah aku bekerja untuk pertama kalinya dan memiliki uang sendiri. Ketaatan aku memudar :( dimulai dari keputusan aku untuk berhenti dari pelayanan digereja disaat aku masih kuliah dan memutuskan untuk pindah gereja. Banyak hal pergumulan yang kuhadapi saat itu sehingga aku memutuskan keluar dari geraja itu adalah keputusan yang baik menurutku. Hingga hampir setengah tahun aku gak pernah menginjakkan kakiku digereja. Bahkan setiap diajak untuk ikut kebaktian pemuda aku selalu menolak. Setiap hari minggu untuk ibadahpun aku gak pergi. Pergumulan yang membuat aku susah untuk memilih. Ada perasaan kecewa, keharusan bahkan disaat memilih antara keluarga atau pelayanan. Lain hal akan kuposting diblog ini. 

Jadi siangkat cerita aku kembali lagi mau beribadah itu  setelah teman yang pernah aku kenal di Medan saat bimbingan dulu ternyata lulus kuliah di kota aku diPekanbaru. Jadi dia ajak ketemuan dan gereja bareng. Aku percaya Tuhan yang mengerakkan hatinya untuk mengajakku saat itu. Kalau tidak mungkin aku sudah menjadi anak yang hilang yang gak pernah pulang kembali keBapanya :) Tidak ada yang kebetualan. Semua hal terjadi karena rencana dan rancangan Tuhan amin

Kembali kesoal perpuluahan. Jadi setelah aku bekerja dan memiliki uang sendiri, jujur aku masih suka bolong-bolong kasih perpuluhan. Kadang aku kasih, kadang aku gak kasih. Bahkan ada aku kasih tapi jumlahnya gak seberapa/tidak sepersepuluh dari penghasilanku. Pokoknya aku gak taat lagi seperti awal-awalnya aku kenal dan dekat ama Tuhan.   Jujur aku suka sedih kalau aku ingat aku gak kasih, aku merasa berdosa dan aku sudah membohongi Tuhan karna gak kembalikan milikNya.

Aku menyadari banyak hal cara Tuhan ingatkan aku untuk mau taat masalah ini. Aku cukup sering ditegut lewat kotbah pendeta digereja. Aku cukup sering ditegur lewat kejadian dan peristiwa yang aku alami. Aku tau Tuhan ngomong ama aku lewat kejadian yang pernah aku alami tsb agar aku taat kepadaNya. Dari kejadian motorku yang tiap bulan selalu ada aja masalahnya, aku tau lewat kejadian itu Tuhan ingatin aku untuk taat masalah perpuluhan. Pokoknya Tuhan itu baik :) banyaklah contoh peristiwa dimana Tuhan ingatin aku kasih perpuluhan. Sehingga kalau udah ditegur gitu ama Tuhan aku jadi taat ama Tuhan :)

* bersambung besok lagi yaa 

Oct 18, 2013

Perpuluhan #1

Today i see a miracle in  my life. maybe for some people this is just hal kecil yang sepele but for me what I see what I feel adalah miracle dari Tuhan :) yang terus aku ingat :) thanks God buat kejadian - kejadian yang kelihatan kecil didepan mata tetapi buat aku begitu luar biasa Allah memberkatiku. 

Aku mau cerita singkat dulu tentang namanya perpuluhan. Sebenarnya dari aku mengenal Tuhan aku sudah diajarkan untuk memberikan perpuluhan. Itu sudah lama semenjak aku SMP. Saat itu guru agama sekaligus pendeta gereja aku sudah mengarjarkan aku tentang memberikan perpuluhan. Awalnya ini termasuk tugas dari guru tsb jadi setiap minggu kami akan ditanyakan dan dicatatat siapa saja yang memberikan perpuluhan tiap minggu digerejanya masing-masing. Jadi awalnya  hanya  ketaatan akan tugas yang diberikan guru agama tsb untuk memberikan persepuluhan. Yang diajarkan waktu itu adalah perpuluhan adalah sepuluh persen dari jajan yang kami terima. Jadi kami diajarkan untuk menyisihkan sepuluh persen dari uang yang kami terima dari orangtua kami sebagai uang jajan kami. Bisa diabanyangkan waktu jaman aku SMP itu uang jajan hanyalah kecil paling untuk jajan disekolah sedangkan untuk ongkos aku mengendarai sepeda jadi tidak perlu ongkos hehehe. Intinya guru agamaku hanya mengajarkan kami untuk taat mengembalikan kepada Tuhan apa yang menjadi hakNya Tuhan gak peduli berapa besarnya uang perpuluhan tsb. Sehingga saat kami siswanya sudah kerja dan memiliki penghasilan kami mau taat dan tetap mau kasih perpuluhan :) 

Jadi selama aku SMP aku taat memberikan perpuluhan digereja dimana aku beribadah walau gak seberapa :) Hingga akhirnya aku masuk dalam pelayanan digerja dimasa aku SMA aku semakin mengerti apa arti perpuluhan itu. 
Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! Maleakhi 3 : 8
Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! Maleakhi 3 : 9
Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.  Maleakhi 3 : 10
Semakin dekat sama Tuhan aku mengerti akan arti perpuluhan :) perpuluhan adalah perintah Tuhan yang terdapat dalam firman yang dalam Maleakhi 3: 10 . Perpuluhan adalah hak milikNya Tuhan dan kepunyaan Tuhan. Jadi dari apa yang kita terima baik seperti gaji itu  bukanlah milik kita semuanya. Didalamnya ada milik Tuhan dan harus kita kembalikan untuk persediaan rumah Tuhan :) Itulah singkat tentang perpuluhan. Yang aku lakukan semenjak aku SMP. 

*bersambung besok ya

 

 

 

Oct 16, 2013

Penolongku Yang Aku Percaya

Hari - hari ini memang  pengen dengarin musik dan share di blog ini. Lagu ini berisikan ucapan syukur atas penyertaan Tuhan yang sempurna dalam setiap hidupku. Karena Tuhan udah janji akan menjadi penolong yang setia yang selalu ada buat anak-anakNya. Dan satu hal Tuhan mau agar kita ingat terus dan pegang janjiNya karena Dia adalah Allah yang setia akan setiap janjinya. Yuk dengarin dan resapi setiap kata demi kata dalam pujian ini :) 

Setiap Janjimu Tuhan
Kusimpan Dalam Lubuk Hatiku
Lewati Setiap Masalah
Tiap Tetes Airmata Dalam Hidupku
Janjimu Menopang Hidupku
Kasihmu Menuntun Langkahku
Dalam Setiap Waktu
Penolongku Yang Aku Percaya

Trima Kasih Buat Kasih Setiamu
Penyertaanmu Sempurna
Janjimu Tak Pernah Terlambat Menolongku
Trima Kasih Kubertrima Kasih
Buat Kasih Setiamu Di Dalam Hidupku


Oct 14, 2013

I Need You More

Hari minggu semalam saat ibadah aku dengar lagu baru dan lagu yang benar-benar nyentuh hatiku. Lagu ini berisi ungkapan hati bahwa kita butuh Tuhan lebih dari segalanya. Sebuah lagu yang mengaku kelemahan kita bahwa kita gak bisa apa-apa tampa Tuhan. Ini lagunya semoga lagunya juga bawa berkat buat hati kamu yang membaca postingan ini :) :) 

I need You more, more than yesterday
I need You Lord, more than words can say
I need You more than ever before
I need You Lord, I need You Lord

More than the air I breathe, more than the song I sing
More than the next heartbeat, more than anything
And Lord as time goes by, I’ll be by Your side
Cause I never want to go back to my old life

Right here in Your presence is where I belong
Now my broken heart has finally found a home
And I’ll never be alone

I need You more, I need You more
I need You more, I need You more

Cause I never want to go back to my old life
I need You more



# Takut#

Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Oct 3, 2013

S'bab engkau 'kan mengembang ke kanan ke kiri

Lapangkanlah tempat kemahmu
Bentangkan tenda kediamanmu
Jangan menghemat pancangkan talinya
Dan pancangkan kokoh patokmu

Reff :
S'bab engkau 'kan mengembang ke kanan ke kiri
Keturunanmu 'kan memp'roleh bangsa-bangsa
Dan mendiami kota-kota sunyi
Siapkanlah dirimu

Tuhan ini kami hambaMu
Jadilah sesuai kehendakMu
Kami siap jalankan firmanMu
Nyatakanlah kemuliaanMu 


Pernah dengar lirik lagu diatas? atau pernah menyanyikannya? Sudah beberapa hari ini lagu itu terngiang-ngiang dipikiranku dan kunyanyikan. Apalagi dibagian reff lagu ini yang berkata "Sbab engkau kan mengembang kekanan kekiri....., luar biasakan isi dari lagu ini. Lagu ini berisi janji- janji Tuhan yang sangat luar biasa.

Janji Tuhan yang berkata kita akan mengembang kekanan kekiri. Keturunan kita akan memperoleh bangsa-bangsa, Kita mendiami kota- kota. Bukankah ini adalah sebuah janji yang luar biasa. Janji yang diberikan kepada Bapa Abraham dan tentunya kita ahli waris rohani dari bapa Abraham. Janji mendiami kota dimana kita berada. Amazing :) ini janji benar-benar buat aku terkagum kagum betapa Tuhan  itu memelihara anak dan keturunannya. Ini sama seperti janji berkat yang berada dalam Ulangan 28 :) coba deh baca janji-janji berkat yang tertulis dalam kitab Ulangan.

Kita semua berhak menikmati janji dan berkat Tuhan tersebut asal kita mau menjadi hamba yang taat dan setia. Janji dan berkat Tuhan adalah bagian Tuhan dan bagaimana dengan bagian kita? Bagian kita sebagai anaknya ada di lirik bagian pertamanya yaitu lapangkan tempat kemah kita yang berarti melapangkan potensi kita, melapangkan pelayanan kita. Sudahkan kita menggunakan talenta yang ada dalam diri kita untuk melayani Tuhan? mengembangkan talenta kita menjadi 5 bahkan 10 talenta.

"Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi ( Ulangan 28 : 1)



Oct 2, 2013

# Sabar #

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota
Amsal 16 : 32 

Oct 1, 2013

Membantu Orangtua


Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” Keluaran 20 : 12

Seorang Bapak baru pulang kerja dan menemukan kondisi rumahnya berantakan. Rumah terlihat kotor belum disapu dan mainan anak-anaknya masih berserakan diruang keluarga. Lalu sang bapak melihat sang istri sedang mencuci pakaian dan melihat sang putrinya yang telah berstatus mahasiswa dikamar sedang asyik bermain handphone. Sang Bapak marah dan menegur putrinya dan berkata “apakah yang kamu lakukan nak? tidakkah kamu dapat membantu Ibumu mengerjakan pekerjaan rumahnya?”  lihat ibumu sedang sibuk didapur sedangkan kamu dikamar asyik bermain handphone? Bukankah nanti  kamu bisa  melakukan kegiatan kamu nak?  Kata sang Bapak menegur  putrinya. Tetapi sang anak malah balik marah kepada Bapaknya “ itu bukan tugas Putri pak, Putri tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah ,” jawab Putri menyahut ucapan sang Bapak. 

Sobat girls adakah kita sebagai anak perempuan berlaku seperti sikap Putri diatas? Firman Tuhan dalam titahnya kelima berkata “Hormatilah Ayah dan Ibumu agar panjang umurmu dilangit yang Tuhan berikan kepadamu.” Siapa didunia ini yang tidak ingin berbahagia dan panjang umurnya dibumi. Ini janji Tuhan lho panjang umur dan bahagia yaitu dengan kita menghormati Bapak dan Ibu kita. Sebagai anak perempuan membantu pekerjaan Ibu mengurus dan membersihkan rumah  adalah tugas yang menyenangkan. Kita bisa semakin dekat dengan keluarga kita dan tentunya membuat rumah kita bersih dan nyaman jika kita bantu untuk membersihkannya. Kita pasti gak akan tega membiarkan Ibu kita mengerjakan semua pekerjaan rumah tersebut sendirian sedangkan kita asyik sendiri dengan bermain atau tidur-tiduran dikamar. Kita bisa bantu Ibu didapur seperti mencuci piring,menyapu rumah dan hal-hal kecil yang sangat membantu Ibu.

Sobat girls sebagai anak-anak terang yuk mulai menjadi terang dalam keluarga kita. Membantu pekerjaan Ibu dirumah adalah salah satu perbuatan  menghormati orangtua. Jika kita ditegur gak perlu kita  melawan. Jadilah teladan dalam keluarga kita karena disitu engkau memancarkan pribadi Allah yang penuh dengan kasih. 

* Tulisanku yang pernah dimuat 




 

Belajar Memasak - Ikan Mas Arsik

Belakang ini aku lagi rajin-rajinnya masak. Dan lagi memang belajar masak masakan khas batak :) Sudah ada sekilas baca2 resep2nya...