Mar 31, 2013

Selamat PASKAH

Karya terbesar dalam hidupku
PengorbananMu yang slamatkanku
Engkaulah harta yang tak ternilai
Yang kumiliki dan kukagumi
Yesus Engkau ku kagumi


Terimakasih buat karyaMu dua ribu tahun yang lalu
Tiada ternilai dan tiada terukur pengorbananMu
Kau selamatkanku dan bebaskanku 
Kini aku menang  bersamaMu
Selamat Paskah 


Mar 21, 2013

Salam Rindu Buat Kamu

Apa aku harus mengatakan apa yang ada dihatiku saat ini padamu? akupun bingung dengan apa yang aku rasakan sekarang. Aku masih takut membuka hati kalau hanya sebagai persimpangan. Tak mudah buatku untuk mempercayai hal-hal yang kulihat dan kurasakan nyaman lagi. Banyak kebohongan yang sedikit demi sedikit terbuka aku liat. Apakah kamu mau mendengar bahwa aku ada rasa padamu. Dapatkah kamu membalasnya jika aku mengatakan hal tersebut. Menurut pemikiranku ini hanya akan membuat sebuah pengharapan yang bertepuk sebelah tangan. Aku tau dan telah mendengar dari setiap komunikasi kita bahwa kamu belum siap akan kehadiran sesorang dihatimu. Dan percuma rasanya membuka rasa itu terus terbuka padamu jika kamu belum siap mengisi hati yang terbuka ini. 

Maafkan jika tak kubalas pesan singkatmu lagi. Aku hanya gak ingin rasa ini terbuka terus menerus dan menjadi sakit saat tidak ada tujuannya. Aku sayang pada kamu. Aku merasa nyaman pada kamu. Kamu yang udah memberi warna dan semangat buatku menulis. Kamu yang mau mendengar ceritaku walau aku tau  kamu bosan aku bercerita keponakan-keponakanku. Pada kamu yang suka lupa dan suka lama mebalas pesan singkatku.Pada kamu yang gemar dengarin musik.

Tidak ada yang kebetulan kita berteman, kita bertemu dan kita menjadi teman yang sering memberi kabar. Kita gak pernah tau apa yang terjadi dalam setiap  kehidupan kita. Mengenai mimpiku malam itu akupun tak mengerti mengapa bermimpi tentang dirimu. Apa karena aku sedang memikirkan dirimu belakang ini jadi terbawa mimipi. Mungkin aku salah sudah menceritakan padamu dan kamu berpikir aku aneh dengan mimpi itu. Kalau aku punya penglihatan akan mimpi mungkin aku bisa mengartikan arti mimpiku tersebut. Tapi aku dan kamu sama kita tak punya penglihatan akan arti mimpi. Yah, mimpi hannya bunga tidur yang memberi bumbu-bumbu tidur dimalam hari. Gak perlu dipikirkan lagi soal mimpi tersebut. Aku sebenarnya selalu merindukan kamu datang kekotaku dan kita bertemu. Tapi mungkin kotaku hanya kampung jauh dari kehidupan ibukota sana. Salam rinduku buat kamu. Biarlah apa yang ada didalam hati dapat dibaca dan dirasakan dari hati juga. 

Mar 19, 2013

Sebuah Kisah "aku capek jadi orang benar"

Ini sambungan dari postingan yang ingin aku share dari bagian part 1 yg udah lama aku post disini  Cerita mengenai aku capek jadi orang benar. Jika belum pernah baca bagian  pertamanya silakan chek di postinganku disini. Postingan ini aku copy dari blog Yohana Oktaviani .

Ini sambungan postingannya:
 Pada malam harinya , setelah ayah James mengetahui kalau James di scors . Terjadi perbincangan yg agak panas di kamar James .


"Kenapa kamu bisa di scors ?" tegur pria tua itu 

"Papa tau aku gak mungkin lakuin itu , aku difitnah . Aku capek sekali jadi orang benar , selalu di anggap cupu , ga bisa pesta , ga bebas melakukan apa saja ! " jawab James kesal 

"tetap percaya sama Tuhan , James .Tidurlah , kamu akan lebih baik besok pagi , selamat malam ," Ayah pun keluar dr kamar James

"huhhh ! Andai aja gue bukan orang percaya .. " gumam James . Setelah itu James pun tertidur .

Pada saat bangun pagi , Jeanny tidak mengusilinya , dan James mendapati ruang tamunya berantakan , dan hanya ditinggalkan sebuah memo berisi ,"Mama pinjam mobilmu ya ."
James membereskan semua sisa makanan diruang tamu , dan ia membuangnya keluar . 

Di luar rumahnya , ada seorang pria berpakaian kasual berdiri dihadapan James , dan berkata ," James , Tuhan sudah mengabulkan doa mu yg semalam ."

"Apa maksudmu ? Dan Siapa kamu ?" tanya James bingung
"Kau berdoa andai kau bukan org percaya , dan Tuhan mengabulkannya . Semuanya akan berubah hari ini ." lanjut pria itu .

Lalu ada mobil yg datang , ternyata itu ibunya yg pulang yg buru2 masuk ke dalam rumah .
"Mama, dari mana ?" tanya James 

"Haduh mama sibuk , nanti saja ya !" Ibu yg sudah berdandan cantik itu terlihat tergesa-gesa

James semakin bingung ! Kemudian datang mobil lain dengan seorang pria didalamnya , memencet klakson . Ibunya pun keluar dr rumah sambil tersenyum lebar ,dan berjalan menuju mobil itu . Pria itu bukan ayah James .

" Ma , itu siapa ? Papa mana ? Mama mau kemana?" tanya James
"Kamu nih ngomong apa sih ? Papa di LA lah , udah ya mama uda ditungguin." Kemudian mobil itu pun pergi.

"Ada apa sih ini ? Mana Papa ? Mana Jeanny ?? " James bertanya pd pria misterius tadi
"Papa dan Mama mu sudah bercerai lama , dan Jeanny tidak lahir ke dunia ini . Selama ini doa mu lah yg membuat mereka bersatu , karena kau bukan orang percaya , dan tidak berdoa untuk mereka , mereka telah lama berpisah. " jawab pria itu santai .

tiiinnn tinnn tinnn tinnnn  .. terlihat mobil yg dinaiki Chris dan Tom.
"Lihat temanmu datang , cepatlah pergi , mereka tidak sabar menunggu mu.. " kata pria itu 
"Apa lagi ini ? Kenapa semua seperti ini ? " James masih tidak mengerti

"woii buruan , lo ngapain sih ? ngoceh2 sendiri ? " teriak Tom

Pria itu menjelaskan bahwa cuma James yg bisa melihat dia , manusia lain tidak bisa melihat pria itu . Dan James pun naik ke mobil itu . Seperti biasa , James menyapa Nyonya Tina . Tapi lain kali ini nyonya itu tidak tersenyum sambil melambaikan tangannya . Ia terlihat cuek . 

"Dasar anak nakal " gumam Nyonya Tina setelah mobil Chris berlalu .

Sesampainya di sekolah , James disambut Tamara dengan kecupan manis .
"Hai James , nanti malam kita ke pesta Tom kan ? Kamu jemput aku kan jam 7 ?" tanya Tamara manja
"ah .. uhmm oke , aku jemput dirumah mu ... jam .. 7 ya ... " James menjawab dengan terbata-bata .

James shock , kenapa Tamara begitu mesra terhadapnya , dan James mulai menyukai keadaan ini . Belum selesai kebingungan James , seorang wanita yg tak lain tak bukan adalah kekasih John , menyapanya. 

"James , kau ada waktu nanti malam ? Jalan-jalan yuk ! " kata Charens

"Aku gak ada waktu , aku mau ke pesta nanti ."

"ahh tapii .. ayolahhh " desak Charens

"Aku tak ada waktu ,oke ! Lain kali aja !" James pun pergi ke kelas

"telepon aku ya .. " katanya manja

Wah ternyata sekarang Charens sama Tamara tergila-gila sama James ... 



Di kelas , ia mencari Tim , bangkunya kosong .. Ia bertanya pada teman sampingnya , "Tim mana ya ? kok gak masuk ?"

"Ye lo gimana sih temennya , dia digebukin si John kmarin , seharusnya lo ada kmrin sore ! Dia dirumah sakit sekarang." jelasnya sambil berlalu dan kembali ngobrol dgn yg lain

"Hah ? rumah sakit ? digebukin " pikir James

Kebingungan tetap menyerang James , saat pelajaran Pak Anton sudah digantikan oleh yg lain . James bertanya sama Chris , " Eh Pak Anton mane ? kok dia yg ngajar ?"

"Otak lu kenapa hari ini ? Pak Anton kan uda berenti dr 3 bulan lalu . Dia depresi gara2 kelas kita . Lupa ?" jawab Chris santai .

Setelah kelas selesai , James pergi ke ruangan yg biasa menjadi tempat meeting perkumpulan org percaya yg dia pimpin . Ia mendapati ruangan itu penuh dengan siswa - siswi yg sedang belajar accounting . James pun menjelaskan , seharusnya ini ruangan untuk meeting perkumpulan , yetapi ia malah di usir oleh guru accounting tsb .

Di depan ruang itu , James bertemu pria misterius itu lagi , " Ada apa sebenarnya ini? "

"Perkumpulan mu tidak pernah ada , James  . Selama ini kau yg memimpin perkumpulan itu , kau dan Tim yg mencari jiwa untuk menjadi berkat . Tapi kamu skrg bukan lah orang percaya ." jelas pria itu . 

"Terus Tim kenapa ?"

"Kamu lah yg selalu menasihati John untuk sabar saat ia cemburu, krn kmu bukan org percaya ,tidak ada yg menenangkan dia , sehingga ia memukul Tim sampai babak belur . Nah apakah kamu tetap ingin menjadi seperti ini ?"

"Ya gue suka keadaan gue . Gue populer . Tamara suka gue . Gue dikenal banyak orang. " jelas James bangga

Setelah ia di usir oleh kepala sekolah karena dianggap sebagai pembuat onar yg sedang berkeliaran diluar kelas . Setelah James pergi ke kelas , pria misterius itu hanya menggelengkan kepala dan tersenyum , "Kau salah , James.. " katanya .

 ***

Malamnya , James berdandan rapih dan menjemput Tamara untuk pergi ke pesta di rumah Tom . Setelah sampai , James bertemu Lili .  James berkata ke Lili , " sampein ke Santo ya , gue ga bisa dtg ke gereja hari ini , bilang sorry ya ."

Lili tampak murung dan langsung ninggalin James . James yg bingung di ajak ngomong sama teman baiknya Lili ," lo tuh gimana sih . lo kan tau dia adiknya Santo . Santo udah meninggal bunuh diri dr 7 bulan lalu , lu malah ngomong gitu ke Lili !" lalu teman baik Lili itu langsung nyusulin Lili .

Tiba2 James disamperin Charens ,

 " Eh ada kamu , hehehhee , kamu ke pesta juga .." rayu Charens

Tamara juga nyamperin James 

"Ngapain lo disini sih ? Mana John ?" ketus Tamara sambil merangkul James .

"Lo yg ngapain disini , gue uda putus ama John . Gue itu mengandung anaknya James ! mending lo yg minggir ! " jawab Charens emosi

Tamara shock mendengar itu langsung pergi keluar pesta . 

"elo tuh apa2an sih, Char ??? gue gak pernah hamilin elo  ye ! Dan lo ngomong di depan semua orang kalo gue hamilin elo !?! " bentak James


"Emang gak pernah sih .. gue pasti akan lakuin apapun untuk ngedapetin elo James ! " jelas wanita cantik itu.

James mengejar Tamara , dan menjelaskan semuanya . Dan Tamara tidak mau mendengar , ia merasa di khianati oleh James . Wanita itu sangat marah . 

Karena dendam , Charens pun menelepon John , dan memfitnah James . Wanita itu mengaku di ganggu oleh James . John sangat marah dan datang dengan kedua temannya ke pesta itu sambil meneriakan nama James .

James yg sadar akan kemarahan John , lari ketakutan , dan keluar dr rumah itu . Diluar ia bertemu Chris dan Tom . 

"Udahlah lo santai aja ! "kata Tom setengah mabuk

"gak bisa gini nih !! gue musti berdoa !" jawab James sambil panik

"apa ?? doa ? hahahaa kok doa sih ?!" kata Chris sambil tertawa

Ternyata John dan 2 temannya menemukan James , dan langsung mengejarnya untuk memukulinya . James lari terbirit2 , dan sampai di depan gereja . James mengetuk pintu gereja , sambil ketakutan . Pintu itu terkunci . John pun mendekat  dan mendapatkan James .

"Ampun2 .. gue gak hamilin Charens . jangan pukul gue ..ampun .. " James meringkuk ketakutan

" Hadeh lo ngapain James disini ? Lo baik2 aja kan ? Ngapain pukulin pintu gereja gitu ?" Tanya John . "Lo gak gila kan ? Cuma lo yg waras loh di sekitar sini ... "

 ternyata keadaan sudah kembali berbeda . 

James pun kembali bingung .. " hhh .. iya , iya gue .. gue baik2 aja .. ya .. " James ngos2an . 

"Kapan2 kita ngobrol ya , James ." kata John sambil masuk ke mobilnya . 

Setelah John pergi , pria misterius ini muncul . 

"Bagaimana James ?" sapa pria itu sambil tersenyum ," Masih berharap kamu bukan orang percaya ? Santo itu depresi krn orang tua yg bertengkar terus menerus .. Karena ia tidak mengenal Tuhan , ia mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya ." jelasnya lagi .

"Ya , anda benar ... hmmm ,,,Lalu  apa yg terjadi dengan Pak Anton ?" 

"Selama ini kamu adalah semangatnya . Ia bertahan karena ia melihat kamu berbeda . Pulanglah , kamu tidak di scors , Pak Anton sudah mengetahui semuanya .Dan tanpa kau sadari , Chris yg sering mengolokmu itu , diam2 membaca alkitab setiap malam , karena sikapmu . Semua sudah kembali seperti semula . Dan untuk Tamara , kamu tahu berapa sering ia dekat dengan laki2 ? kalau kamu skrg hanya ingin dekat2 dengannya , itu hanyalah nafsumu .. karena kau belum siap menikah sekarang , janganlah menjalin hubungan yg seperti itu dulu . Lagi pula kau pasti menginginkan wanita yang sama seperti kau , yang menjaga kekudusannya . Dan Tuhan sangat menyayangimu , hingga ia tidak memberikan Tamara kepadamu" kata pria itu lagi .

James pun akhirnya mengerti . Setelah itu pria itu langsung hilang , dan ia kembali ke rumah nya .Besok paginya , saat Jeanny kembali mengusili James , ia tidak kesal . James begitu bersemangat menhadapi harinya . Ia bersyukur akan kehidupannya di dalam Tuhan . Ia kembali bersemangat menjaga kehidupannya benar di hadapan Tuhan





Mar 18, 2013

#Catatan kecil

Ini mungkin adalah keputusan yang tepat saat ini. Aku harap aku dapat melakukannya sesuai dengan komit yang udah aku katakan pada diriku sendiri.

#hanya sebuah catatan kecil  penyemangat jiwa

Mar 14, 2013

"the strange fear"

I'm afraid when people are too good to me
because I'm afraid can not repay his kindness
I'm afraid when people are not good to me
because I'm afraid can not forgive

 

Mar 10, 2013

Hari Terindah Yang Selalu Kuingat

Yuk ngomongin ulangtahun. Setiap kita yang lahir dibumi ini tentunya punya yang namanya hari ulangtahun. Hari dimana kita bersyukur buat bertambahnya satu usia,satu kesempatan untuk melangkah ditahun yang kita jalani. Didalam keluargaku tidaklah termasuk keluarga yang begitu berpesta merayakan setiap hari kelahiran yang ada didalam keluarga kami. Paling cukup dirayakan kecil-kecilan dengan kata dan ucapan selamat ulangtahun dari keluarga. Itupun bisa jadi lupa jika tidak ada yang mengingatkan satu sama yang lainnya. Tapi bertambahnya usia dan kedewasaan aku jadi selalu ingat akan setiap tanggal ulangtahun orangtua dan saudara-saudariku. Menurutku mengucapkan selamat ulangtahun itu perlu, tidak perlu dengan ada kue atau hadiah.. Namun sebuh salam dan pelukan hangat cukup mengartikan hadiah yang membuat yang berulangtahun bahagia dan senang :) 

Ini kisah ulangtahunku saat kuliah :) sekitar tujuh tahun yang lalu. Aku punya kelompok kecil, yah kami menamainya kelompok kecil ada tujuh orang termasuk kakak pembina kami. Kakak pembina itu adalah senior kami, dia seperti seorang guru,sahabat,teman dikampus bahkan bisa lebih. Aku mengenalnya semenjak aku masuk di kampus. Jadi kami itu satu hari dalam seminggu pasti mengadakan pertemuan untuk belajar, berbagi kisah, sharing pergumulan dan sharing doa tentunya. 

Hari itu tepat tanggal 04 Juni aku berulangtahun saat tahun pertama kali menyandang status yang namanya mahasiswi. Aku datang kekampus seperti biasanya untuk mengikuti perkuliahan. Aku gak terlalu mikir apakah teman-teman dikampus atau teman-teman dalam kelompok kecilku ingat akan ulangtahunku. Karena tahun itu adalah tahun awal sebagai mahasiswi dan tentunya teman-temanku juga adalah teman-teman baru yang baru kenal dan dekat ditahun tersebut. 

Tapi, ada yang lain. Saat pulang dari kelas mata kuliah, kakak pembina kelompok kecilku mengajak untuk berkumpul. Dalam pikiranku ini bukan jadwal kami pertemuan kan? kenapa kami berkumpul hari ini. Ternyata kakak  pembina dan anggota kelompok kecil telah sepakat merayakan hari ulangtahunku saat itu. Aku terkejud,aku senang aka bahagia dan senyum slalu menjadi pertanda aku begitu senang atas apa yang mereka perbuat buat aku :) Aku masih ingat saat itu siang hari dan kami berkumpul dibawah satu pohon besar yang berada dekat kampus tersebut. Sehingga memberikan kenyamanan dan keteduhan saat kami duduk berkumpul. Kakak pembina kami langsung memulai acara tersebut. Dia berkata," hari ini ada salah satu dari anggota kelompok kita yang berulangtahun" yaitu miss Uli. Jadi kita berkumpul saat ini bukan untuk belajar atau sharing tetapi berkumpul bersama merayakan ulangtahun saudara kita ini. Dalam hatiku aku begitu senangnya, terimakasih teman-temanku kalian sungguh baik memperhatikan aku bahkan ingat dan mau merayakan hari ulangtahunku saat ini.

Dan merekapun menyanyikan sebuah lagu yang indah buatku, aku masih ingat ini lirik lagunya : 
Hari ini terindah bagimu
Bertambah satu usiamu
Ucap syukur tuk hari yang Dia bri
Bertambah indah dihati

Selamat ulangtahun saudaraku
Selamat ulangtahun sahabatku
Semoga kasih Tuhan besertamu
Berkatnya melimpah dalam hidupmu
Ini lagu buat aku mereka nyanyikan :) aku senang dan bahagia mendengarnya :) dan diteruskan sepatah dua kata selamat dan doa yang mereka ucapkan buatku,seta pelukan hangat yang meraka berikan padaku :) Dan diakhir kata aku  berkata "terimakasih teman-teman dan saudaraku aku begitu senang hari ini." Kalian adalah saudara seiman yang selalu aku ingat :) Trus mereka juga memberiku sebuah hadiah yaitu sebuah sepatu bewarna coklat. Mereka tau bahwa aku menyukai waara coklat. Sungguh aku benar-benar gak kepikiran bahwa mereka begitu care dan peduli sama aku :) aku sangat-sangat happy :) Tuhan memberkati kalian teman-temanku. Mereka adalah Kak dorly kakak pembinaku, Yuli,Rini, Derli,Debi dan Devi aku senang dan bahagia setiap aku ingat nama kalian :) 

Moment indah itu aku gak bisa rekam dalam bentuk vidio dan hp. Waktu itu aku belum punya handphone yang bisa save moment-moment tersebut. Cukuplah aku simpan dalam memoriku tersendiri dan akan terus aku ingat selalu. Dimanapun  kalian sekarang berada aku merindukan kalian semua teman dan sahabatku. Tuhan memberkati :)

Sebuah kisah ulangtahunku yang aku persembahkan kepada Keluarga Qudsy yang sendang menyelenggaran giveaway atas ucapan  syukur untuk ulang tahun Samara yang ke 3. Selamat ulangtahun Samara, Tuhan memberkatimu dalam segala aktivitasmu :) jadilah anak yang hormat dan penuh kasih pada orangtuamu. 

"Postingan ini diikutsertakan pada Give Away Ultah Samara"

Mar 8, 2013

Lagu Yang Memberi Penghiburan

Beberapa hari ini aku memang mengalami perasaan yang tidak baik alias sedih. Ya, mungkin situasi ini gak terjadi jika aku menjadi wanita yang tegas bicara dalam kehidupanku. Aku yang cukup sabar dalam menghadapi persoalan yang hinggap didalam hidupku membuat diriku terkadang kelihatan lemah dan cengeng hehehe

Rasa sedihkupun kutuangkan dalam tulisan-tulisanku. Mungkin lebih baik mencurahkannya lewat tulisan daripada mengganggu kehidupan orang-orang yang lagi sibuk dengan persoalan yang mereka hadapi. Aku tau dan aku mengerti bahwa setiap orang dimuka bumi ini pasti punya persoalan dan pergumulannya masing-masing. Sehingga gak ada yang katanya beruntung lahir dengan kehidupannya. So, semuanya sama alias rata. Aku punya pergumulan, kamu juga punya pergumulan dan kita semua punya pergumulan. Letak perbedaannya adalah bagaimana kita berjuang menghadapi pergumulan tsb. Dan menjadikan kita seorang yang penuh dengan kemenagan ketika sukacita kita bertambah saat kita sanggup mengucapsyukur atas pergumulan tsb.

Asyiknya menulis sebagai sebuah komitmen yang aku ambil ditahun 2013 ini sebagai sebuah pelayananku dalam menulis. Semua ini aku persembahkan bagi Dia yang memberi aku talenta dan kecakapan dalam menulis. Tentu saja masih terus dan terus belajar, karena tidak akan pernah bisa menjadi sempurna dan pintar jika tidak terus diasah. Menemaniku menulis  aku ditemani sebuah lagu batak rohani yang sangat benar-benar nyatu bangat artinya bagi hidupku saat ini. Terlebih saat ada pergumulan yang kuhadapi sekarang ini. Lagu ini benar-benar memberi aku penghibuaran. Judul lagunya Togu au oh Tuhan dinyanyian Franky Sihombing  

   
 
Ini lirik lagunya
Togu au o Tuhan,Ho silehon dame
Tondi nabadia i,do manggohi ngolukki
Ho do na ummuli tungsonang dilambungMi
Sasada o Jesuski holan Ho dirohakki


Tondim sai tuntun lakkaki
Dipamasu-masu on Mi
Togu au di dalanki
Tung so margogo au Tuhan

Tondim mangaramoti au
Patiur dalanhi tong-tong
Ho haporseaon hi tung sonang do au
isi dari lagu ini sangat dalam, lagu ini mengartikan kita untuk meminta perlindungan/togu/tuntunan dari Tuhan dalam menjalani hidup ini. Karena Tuhanlah yang memberi damai/penghiburan/sukacita. Tondi nabadia itu mengartikan Roh kudus/roh penolong, itulah yang menguatkan hidupku/ngoluku/jiwaku.  Ho do na ummuli mengartikan Tuhan itu mulia/berkuasa. Satu-satunya Tuhan Jesus hanya Engkau yang berada dihatiku/dirohakki. Tondim itu berarti sesuatu yang Tuhan kasih dalam diri kita seperti sebuah pengurapan/bisa juga mengartikan Roh kudus sebagai seorang  penolong yang selalu menuntun langkahku. Tuntun aku dijalanku ya Tuhan (togu au di dalanki) bukan karena kekuatanku ( tung so margogo au Tuhan). Rohkudus yang memberkati ( Tondim mangaramoti au) terangi jalanku selalu (patiur dalanki tong-tong) partiur dapat juga berarti jadikan terang/ubahkan hiduku. Engkaulah yang kupercaya/Engkaulah harapanku yang dapat memulihkan hidupku ( Ho haporseaon hi tung sonang do au)

Lagu ini benar-benar memberi penghiburan saat aku mendengarkannya. Lagu ini memberi aku kekuatan untuk tetap melangkah tersenyum dan berharap Tondi ni Debata do na manggonggom au  dimanapun aku melangkah. Terimakasih Tuhan buat lagu indah yang Engkau kirikan untuk menghiburku. 

Postingan ini ditulis saat aku mengalami pergumulan dalam interen keluarga. Sebuah lagu yang menghibur menenangkan jiwaku :)

Mar 6, 2013

Arti Yang Mendalam Dari Sebuah Lagu Berbahasa Daerah

Yuk ngomongin soal bahasa daerah. Bahasa daerah adalah bahasa yang melekat dalam diri kita dan terbentuk saat kita mewarisi keturunan dari daerah dan suku  mana kita awalnya berada. Contoh aku yang punya garis keturunan asli batak yah terbentuk menjadi orang yang mewariskan kebudayaan batak. Tapi coba ditanya deh bisa ngomong batak gak? pasti jawabnya enggak. (duh malu-maluin ya). Dengan alasan aku gak besar dan lahir di Medan lagi dan udah merantau lama dikota yang berbaur Melayu. 

Tapi bukan berarti aku tidak mengerti bahasa daerahku sendiri. Walau tidak dapat mengucapkannya secara benar, aku masih bisa memahami maksud yang disampaikan kepadaku. Ini ada beberapa kata-kata yang sering aku dengar dan aku gunakan menggunakan bahasa daerah : 
ito ----> panggilan yang biasa kupakai memanggil teman cowok yang seumuran atau tidak tau namanya :)
Unga mangan -----> itu maksudnya sudah makan
Boa Kabar -----> yang artinya bagaimana kabar
itu hanya seberapa dari kata-kata yang sering aku ucapkan menggunakan bahasa daerah. Sebenarnya malu juga jika ada teman-teman yang lancar berbahasa batak dan aku gak bisa membalasnya dengan bahasa batak hehehe hanya bisa mengerti dan membalas dengan bahasa Indonesia. 

Baru-baru ini seorang temanku yang lagi galau atau lagi kangen memintaku untuk menyanyikan sebuah lagu "tangianmi da inangi " sebuah lagu dari Victor Hutabarat. Dalam hati berkata wah lagu batak, gimana mau menyanyi lagu batak ngomong batak aja masih berkacauan hehe. Cari di google lagu dan liriknya gimana akhirnya aku dapatin dan print serta simpan tuh lagu di hp. Ini dia isi dari lugu tsb 
Tangiang ni… Dainang i namaparorot tondiki
Manang di dia peau-manang di dia peau
Tontong diramoti

Nang sipata salah au, tartutuk au dilangkahi
Diboanho di tagiangmu-diboanho ditagiangmu
Inanku naburju

Hudai natonggi dipargoluonon
Upah ni lojami humongkop gellengmon

Mauliate ma inang… disude panbaenanmi
Penggeng sari matua-penggeng saor matua
Paihut-ihut hami
Lagunya enak didengar dan memang penuh dengan arti yang mendalam. Aku memang gak bisa mengartikan semua kata-katanya dalam lirik lagu ini dengan jelas karena ada kata-kata yang baru pertama aku dengar tapi aku mengerti maksud dari lagu ini. Lagu ini berkisah tentang doa seorang ibu dan cinta kasih Ibu kepada anak-anaknya. Lagu ini dipersembahkan untuk seorang Ibu, dan sangat cocok menghibur hati anak-anak yang berada diperantauan yang merindukan Ibu nya. 

Aku akan coba mengartikan lirik lagu tersebut 

Tangiang ni… Dainang i namaparorot tondiki ----> Doamu oh Ibuku, itulah yang menguatkan jiwaku
Manang di dia peau-manang di dia peau ----> dimanapun aku berada
Tontong diramoti ----> terus diberkati

Nang sipata salah au, tartutuk au dilangkahi ---> kadang aku berada dijalan yang salah
Diboanho di tagiangmu-diboanho ditagiangmu ---- > kau bawa dalam doamu -kau bawa dalam doamu
Inanku naburju ---- > ibuku yang sangat baik

Hudai natonggi dipargoluonon ----> kucari/kucapai yang tinggi/baik di kehidupan ini
Upah ni lojami humongkop gellengmon ----> upah kerja kerasmu adalah melindungi anak-anakmu
Mauliate ma inang… disude panbaenanmi ----> terimakasih ya ibuku untuk semua kasih sayangmu
Penggeng sari matua-penggeng saor matua---->
Paihut-ihut hami ---.> kami akan ikuti seperti yang ibu lakukan

Aku berhasil mengartikan setiap kata dan maksud dari lagu tersebut, cuman ada satu dari kalimat lagu tersebut yang tidak dapat aku mengartikannya kebahasa Indonesia :) Bagaimana isi lagu tersebut bagus kan? sebuah lagu terimakasih untuk cinta kasih seorang Ibu. Dengan menyanyikannya dengan bahasa batak menambah keindahan dan makna yang mendalam dari lagu tersebut. Serta lagu tersebut  sangat menyentuh hati yang menyanyikan dan mendengarkannya :)

Sebuah lagu batak yang mempunyai makna yang dalam aku persembahkan untuk Niar Ningrum yang lagi mengadakan giveaway Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway.

"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway





Day 6 - 2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17

2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17 Aku sangat kagum akan kecintaan Daud pada Allah.  Setelah kerajaannya kokoh, Daud tidak berdiam diri saja san...