Sejuta Rasa Rindu Buat Bapak

Dua tahun sudah berlalu
Natal dan Tahun Baru ini tampa Sosok wibawamu
Dalam keceriaan yang terlihat didepan mataku ini
Rindu untukmu lebih besar dari keceriaan itu
Aku merindukan dirimu Bapak

Adakah yang dapat mengantarkan rindu ini untuknya
 dapatkah kalian menolong diriku 
diriku yang terbakar rasa rindu
rindu memanggilnya 
rindu melihat tatapannya
rindu mendengar dia menyebut namaku
memanggil namaku
dan aku akan berkata
iya pak

  

       

Kenangan Terakhir di Tahun 2012

Desember tinggal menunggu hari untuk segera berakhir ditahun 2012 ini dan Natal telah usai yang akan datang adalah Tahun Baru. HoHoHo. Semua pasti bilang tahun ini tidak terasa. Waktu teruslah berputar tampa meminta dia kembali lagi untuk berputar. Yang ada waktu terus maju berputar. Begitu jugalah dengan kita selalu maju kedepan jangan mundur kebelakang lagi :)

Banyak yang terjadi dibulan yang telah berlalu. Khususnya Nopember yang telah terlewati. Oh iya aku cuti tujuh hari kerja minggu kemarin. Tepatnya 22 Nopember sampai 30 Nopember. Tujuannya sih untuk menyegarkan pikiran dan tenaga memasuki Desember. Ya rileks-rileks sedikit dirumah menenangkan otak :) Tetapi tepat tanggal 24 Nopember itu Bouku (saudara perempuan dari Bapak) meninggal. Jadi aku ,mamak dan ada keluarga besarku berangkat ke Jakarta malamnya.

Ini adalah pengalamanku keduaku keibukota. Pertama kali itu ke Jakarta sewaktu duduk kelas satu SMA. Jadi aku minta izin seminggu tidak masuk sekolah hanya pergi jalan-jalan ke Jakarta. Hehehee. Pulangnya dari sana dan masuk sekolah kembali, ayo coba tebak apa yang terjadi dengan diriku. (aku dilarang masuk kelas dan sekolah dan kudu wajib bawa orangtua menghadap walikelas) onde mande bisa kebayang gak wajahku dipanggil diruang guru untuk dihakimi mengapa lantang libur seminggu. Karena pada saat izin itu hanya boleh tiga hari doang. Akunya bandal liburan sampai seminggu hahahaha. Perjalanan ke Jakarta pertama itu dengan Bapak, Mak, Abang,Adekku. Habis mengelilingi tempat liburan dan Keluarga yang juga banyak tinggal disana.

Kami tiba di Jakarta jam sembilan malam dari keberangkatan pukul 19.45 dari Pekanbaru. Tiba di bandara Soekarno Hatta langgung berangkat kerumah duka di RS Cikini Jl. Raden Saleh . Bouku ini anak paling besar dari sembilan saudara dari Bapak. Umurnya 64 tahun. Bou memiliki lima orang anak, dua perempuan dan tiga laki-laki. Cucunya aku lupa berapa orang :)

Bertemu dengan Bou yang masih ada dalam ingatanku itu cuman sekali dan kedua kalinya saat dia udah meninggal. Yang kuingat waktu  ita saat aku kelas satu SMA aku  berangkat ke Jakarta mengunjungi keluarga yang disana. Boulah teman kami berkeliling Jakarta. Aku masih menyimpan fotoku saat bersamanya. aku minta maaf ya Bou, terkadang semakin aku besar aku lupa kalian. Mendengar kabar kehilangan seperti ini hatiku miris menagis. Ingin share fotonya disini, tapi setelah dipikir gak etis juga foto waktu dia meninggal aku share. Maaf ya bou :)

Sebelum dimakamkan, ada acara adat dulu. Bagi kami orang batak dibuat adat bagi mereka yang meninggal telah lanjut umur dan telah memiliki pahopu (cucu). Jadi buat keluarga yang ditinggalkan dikasih ulos dari pihak tulang yaitu saudara laki-laki dari Bou. Lama juga acaranya dari pagi samape sore, sampai tutup acara pemakamannya.
Ini saat Mak kasih ulos ke anak dan menantu dari Bouku

Di Jakarta kemarin juga tidak lama, Rabu siang kami sudah balik pulang kampung ke Pekanbaru hehe. Kami tidak sempat jalan-jalan hanya mengunjungi beberapa rumah saudara. Oya, aku bertemu temanku di Jakarta juga. Saat di Rumah sakit Cikini. Senang rasanya bisa bertemu dengan dia dan berharap akan selalu ada perjumpaan lagi :)

Rabu jam 6 pagi wajib udah bangun dan begegas pulang. Jam tujuh udah nyampai dikampung Rambutan cari Damri untuk berangkat ke bandara. Tiba di badara itu sekitar pukul sembilan pagi padahal pesawat take off nya jam 12: 40. Kecepatan nyampainya, tapi daripada telat mau gimana? namanya juga dikampung orang hehehe
Menunggu waktu dibandara aku gunakan foto-foto, salah satunya fotoin mamak

Sesuatu hal yang tidak pernah terpikirkan bakalan ke Jakarta lagi. Padahal gak pernah ada niat ditahun ini akan kesana. Semoaga akan selalu ada kesempatan kesana lagi :)

Sekarang tinggal menunggu hari menuju tahun 2013. Tentu saja banyak harapan dan Resolusi yang ingin dicapai ditahun yang akan datang. Dan juga melanjutkan apa yang telah dicapai ditahun 2012 ini. Salah satunya adalah komitmen untuk tetap menulis. Setiap tulisan  bagaikan album foto yang penuh dengan  memori yang selalu mengingatkanku akan apa yang telah terjadi dalam kehidupanku. Juga menulis bagi sesama, berbagi cerita buat yang membacanya. Menulis untuk dipublis dimedia juga hal yang kuimpikan. Jangan lelah untuk terus belajar dan mencoba. Terus semoga mendapat pencerahan dikarirku atau pekerjaanku sekarang. Terus berusaha untuk belajar masak :) ya sebagai persiapan ingin memiliki keluarga baru :)

Lebih dari itu satu hal yang selalu kupinta adalah berkat kesehatan untuk dapat melakukan segala aktifitas dan mengejar mimpiku.  Berkat kesehatan juga buat mamak, kakak, abang, adek, dan keponakan2ku.Akhir kata Selamat Menyambut Tahun Baru 2013. Selalu semangat untuk menulis di blog hehehe





MERRY CHRISTMAS




Ho Ho Ho Natal tlah tiba........ Natal adalah sebuah keajaiban, Natal adalah sebuah keindahan, Natal adalah Sukacita karena Sang Juruselamat telah hadir kedunia. Terimakasih Tuhan buat kelahiranMu. Terimakasih buat KaryaMu ini. Selamat Hari Natal buat semua yang merayakannya. Tuhan berkati :)










Berwisata Alam Memeriahkan 5th Anniversary



LDR (Long Distance Relationship). Membaca sebuah postingan Giveaway Budhe Gembul membuatku juga teringat akan kisahku saat menjalin hubungan LDR hehehe. Tapi sekarang udah gak lagi karena sesuatu hal hehehe. Menjalani hubungan LDR siapa sih yang mau. Musti banyak sabar dan percaya yang tinggi :)Aku percaya semua orang pasti tidak mau pacaran jarak jauh apalagi kalo sudah menikah harus jauh-jauhan juga. Tidakkkkk....

Nah, Bundhe Gembul kan lagi buat acara giveaway meminta saran dan ide untuk merayakan 5th anniversary dengan seorang yang spesial di pulau Kalimantan sana sedangkan dia di pulau Jawa. Ide yang muncul dipikiranku saat membaca kasus yang mbak hadapi adalah merencanakan berwisata bersama. Tanggal annyversary nya itu kan tanggal 1-1-2013  ya kan mbak? Itukan hari libur dan awal memulai tahun yang baru. Jadi pasti ada waktu yang dapat digunakan. Bagaimana mbak dan pasangan mbak merencanakan liburan kekota yang memiliki tempat wisata yang mudah untuk dijangkau. Yang murah dijangkau juga banyak tempat wisata. Hubungan LDR ini haus akan pertemuan jadi mbak usahakan bagaimana agar dapat bertemu :) Pantai dan wisata alam adalah salah satu tempat untuk merayakan anniversary hubungan mbak ama dia. Berwisata berdua menurutku adalah kenangan yang tidak akan terlupakan bagi mbak sendiri dan pasangan mbak.  

Jika mbak pengen kasih surprise bagaimana mbak saja yang berkunjung ke Kalimantan. Dua atau tiga  hari sudah cukup menghabiskan waktu untuk berwisata bersama. Karena saya tidak tau tepat Kalimantan nya dimana, jadi agak susah untuk rekomendasi tempat wisatanya. Ini ada tempat rekomendasi wisata alam di Kalimantan yang dapat dikunjungi untuk merayakan 5th Anniversary mbak 

Gambar dan keterangan aku ambil dari sini

 " Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Jadi, jangan lupa untuk menyelam, karena Anda akan disuguhkan dengan aneka terumbu karang dan ikan - ikan cantik."


Gambar dan keterangan aku ambil dari sini

  "Ini kawasan wisata yang tak kalah seru di Kalimantan Barat, Taman Bougenville. Taman Bougenville adalah sebuah taman yang didominasi oleh bunga bougenville. Tak tanggung - tanggung, aneka bougenville yang ditanam berasal dari dalam dan luar negeri. Terhitung ada sekitar 46 spesies bunga bougenville di taman ini. Meski di dominasi bougenville, pengunjung yang datang tetap bisa melihat aneka bunga lain yang ada seperti, aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek."

 

Gambar dan keterangan aku ambil dari sini

  "Pasar terapung, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Jalan-jalan ke Kalimantan kurang lengkap bila tidak datang ke pasar terapung di Sungai Kuin. Pasar yang menjadi ciri khas Kalimantan Selatan ini bisa Anda temui tak jauh dari pusat Kota Banjarmasin. Sesampainya di tepian sungai, jukung akan menjemput Anda untuk mengelilingi sungai. Ada dua paket yang ditawarkan, yaitu paket berkeliling sungai dan paket keliling sekaligus mengunjungi Pulau Kembang."

Semoga ide dari saya dapat bermanfaat untuk anniversary nya Mbak Bundhe Gembul. Tidak lupa saya ucapakan Selamat atas lima tahun hubungan mbak. Moga tetap langgeng dan harmonis. Tuhan berkati :)

 Postingan ini diikutsertakan dalam 5th Anniversary Giveaway

Ternyata Sudah 12-12-2012


Ini udah tanggal 12-12 -2012 ternyata. Apa yang terjadi dengan angka yang cantik ini ? Semua pasti udah tau isu hari kiamat yang dikatakan pada tahun sebelumnya mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 12-12-12. Tapi bagiku tidak ada seorangpun didunia ini yang tau kapan dan tanggal berapa kiamat akan terjadi sbab hanya Bapa yang tau kapan semua itu terjadi :)So, masih ada waktu untuk melakukan kebaikan hehehe

Angka cantik 121212 tentunya banyak orang menggunakannya sebagai angka yang mudah diingat untuk mengenang suatu peristiwa yang penting seperti: menikah, tunangan,anak lahir. Ayo, siapa teman blogger yang sudah mempersiapkan pernikahannya tepat ditanggal cantik ini :)

Tepat hari ini Kakakku yang pertama ulang tahun, yang ke berapa ya?(mendadak lupa).Yang penting jangan lupa mengucapkan selamat dan doa buatnya. Happy B'day my sister! Diberikan umur panjang,Berkat kesehatan, Berkat jasmani dan Rohani amennnnn,  trus jadilah ibu yang diandalkan buat anak-anaknya. Tepat hari ini juga sahabat kecilku celebrate wedding anniversary yang pertama. Selamat yaaaaaaa. Moga cepat nyusul (amennnnnnn).

Aku jadi teringat akan hal yang juga ingin kuimpikan terjadi ditanggal ini hehehe. Mimpi setahun yang lalu tapi semuanya bubar dipertengahan tahun ini. Enam bulan sudah berlalu mimpi ini kulupakan karena tidak mungkin akan kucapai :) yang terpenting masih tetap semangat menjalani apapun yang terjadi karena Tuhan selalu bersamaku. 

Buatku setiap hari,setiap tanggal,bulan dan tahun adalah hari yang selalu baik karena Tuhan selalu beserta kita dan selalu punya rancangan yang terbaik buat kita.





















Sosialisasi HIV AIDS Di Blog

Pertama mendengar kata HIV AIDS itu sewaktu duduk di bangku Sekolah Menengah Umum sudah sekitar sepuluh tahun yang lalu. Waktu itu sering datang dari dinas kesehatan dan dinas kepolisian memberikan sosialisasi ke sekolah memberikan informasi mengenai apa itu HIV AIDS. HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yaitu  virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Virus inilah yang membuat sesorang terkena penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). 

HIV AIDS erat hubungan juga dengan narkoba. Maka dari itu pihak dari kepolisian juga datang memberikan sosialisasi bahayanya penggunaan narkoba dan bahayanya HIV AIDS yang berakibat kematian. Menurutku gerakan sosialisasi yang diberikan sangat bagus terutama buat pelajar yang masih muda. Karena remaja dan anak muda sangat rentan terkena akibat pergaulan yang bebas dan sifat remaja dan anak muda yang ingin mencari jati dirinya. Sebagai generasi penerus bangsa remaja dan anak muda wajib diberikan pengarahan dan sosialisasi mengenai penyakit mematikan ini.

Ngeri juga mendengar kematian akibat penyakit HIV AIDS. Kok bisa ya? Sampai disebut  penyakit mematikan? Yuk kita ulas lebih lagi mengenai dampak bagi mereka yang terinfeksi HIV AIDS.
AIDS adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Jadi AIDS disebabkan oleh virus yang namanya HIV (Human Immunodeficiency). Virus HIV adalah virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Dan tentunya kematian. Penderita penyakit HIV AIDS disebut ODHA

Bagaimana seseorang dapat terkena Virus HIV AIDS

Penularan HIV AIDS dapat terjadi karena :
1. Penularan Seksual. Hubungan seksual dengan banyak pasangan membuat seseorang mudah terinfeksi virus HIV AIDS. Penularan dapat terjadi jika  jika seorang yang sudah terinfeksi terkena HIV melakukan hubungan seksual dengan orang yang belum terkena virus HIV tampa penggunaan kondom.Untuk itu selalu dikatakan setialah pada pasanganmu. Pasangan satu seumur hidup, jadi tidak ada terkena penyakit kelamin dan terlebih penyakit AIDS yang mematikan. Jika seseorang sudah menularkan kepada pasangannya maka ada kemungkinan juga terinfeksi kepada bayi jika seorang Ibu mengandung.
2. Penularan melalui jarum suntik yang bebas dipakai orang lain. Penularan seperti ini terjadi biasa pada pemakai Narkoba. Yang bebas memakai jarum suntik yang telah terkontaminasi dan tercemar karena pemakaian bersama-sama.
3. Dari transfusi darah dari seseorang yang terinfeksiHIV.
4. Dari Ibu yang terinfeksi HIV ke bayi dalam kandungannya. 

Tahapan –Tahapan Seseorang Terkena Infeksi HIV AIDS

Ada beberapa Tahapan ketika mulai terinfeksi virus HIV sampai timbul gejala AIDS:

Tahap 1: Periode Jendela
Saat seseorang terinfeksi virus HIV kedalam tubunya maka terbentuklah antibody terhadap HIV dalam dalam. Seseorang yang terkena Virus ini masih tampak sehat dan merasa sehat. Berkisar dua minggu sampai enam bulan.
Tahap 2 : HIV Positif tanpa gejala
Virus HIV yang sudah terinfeksi pada seseorang berkembang biak didalam tubuh. Umumnya penderita HIV tampak sehat selama lima sampai sepuluh tahun tergantung daya tahan tubuhnya.
Tahap 3 : HIV Positif dengan muncul gejala
Kekebalan tubuh seseorang yang terinfeksi HIV semakin menurun. Mulai muncul gejala yang dapat dilihat seperti pembengkakan kelenjar limfa diseluruh tubuh, diare yang terus menerus,flu. Berlangsung selama lebih dari satu bulan tergantung daya tahan tubuh seseorang.
Tahap 4 : AIDS
Dalam tahap empat ini sudah terinfeksi AIDS dimana kondisi sistem kekebalan tubuh sangat lemah dan semakin parah. Berbagai penyakit lain muncul. Gejala penyakit AIDS  yaitu demam lebih dari 38°C secara berkala atau terus , menurunnya berat badan lebih dari 10% dalam waktu 3 bulan,  kelemahan tubuh yang menurunkan aktifitas fisik, nyeri sandi seperti flu, nyeri tenggorokan,pembesaran kelenjaran getah bening, diare mencret yang berkala atau terus menerus dalam waktu yang lama tanpa sebab yang jelas. Umunnya penderita AIDS sangat kurus, sangat lemah dan menderita infeksi. Gejala klinis utamanya terdapatnya kanker kulit yang disebut Sarkoma. Juga terdapat infeksi penyakit seperti TBC, pneumonia.

Tidak seharusnya ODHA dijauhi. Walaupun penyakit ini penyakit mematikan. Virus HIV tidak menular melalui:
  • Bersalaman, berpelukan dengan penderita
  • Batuk, bersin didekat penderita AIDS
  • Hidup serumah dengan penderita AIDS dan memakai peralatan rumah tangga seperti alat makan, telepon, kamar mandi, WC, kamar tidur, dll.
  • Gigitan nyamuk
  • Bekerja, bersekolah, berkendaraan bersama
  • Memakai fasilitas umum misalnya kolam renang, WC umum, sauna, dll.

Dunia Eradigital dan HIV AIDS

Dengan majunya dunia informasi teknologi yang meluas keseluruh masyarakat tidak ada lagi kata kita tidak mengetahui apa itu penyakit AIDS. Bagaimana seseorang dapat tertular penyakit AIDS. Remaja dan anak muda sekarang lebihlah pintar dan canggih akan dunia informasi. Bahaya apa yang muncul jika seseorang terkena virus HIV tersebut tentulah sudah tau dan mengerti. Perkembangan dunia informasi melalui media sosial dapat dimanfaatkan untuk sosialisasi penyakit HIV AIDS. Bagaimana penanganan terhadap mereka yang terinfeksi HIV. Kita dapat memanfaatkan dunia sosial blog untuk dapat bercerita mengenai mereka yang terkena HIV AIDS. Mereka yang terkena penyakit AIDS bukanlah dijauhi dari lingkungan sosial, mereka juga berhak mendapatkan layanan yang sama dengan kita yang tidak sakit. Diblog kita dapat bercerita apa kegiatan mereka, apa yang mereka lakukan untuk mereka tetap semangat hidup ketika mereka mengetahui terinfeksi penyakit HIV AIDS. Menulis diblog dapat dimanfaatkan sebagai teman sharing bagi mereka yang terinfeksi HIV. Bagaimana kisah ODHA bersemangat menjalani hidup ketika harus divonis menderita AIDS. Dengan membaca dan berbagi cerita di blog dapat memberikan informasi yang positif bagi semua yang membacanya. 





BIOTEKNOLOGI BAHAN BAKAR MASA DEPAN



Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui itu seperti apa ya Bu? Tanya seorang siswa kepada Gurunya ketika belajar mengenai sumber daya alam yang ada di bumi ini. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperhabarui itu seperti minyak bumi, gas alam, emas perak, batubara. Yaitu sumber daya alam jika dipergunakan/dipakai setiap saat terus menerus akan habis dan tidak dapat digantikan lagi/dibuat lagi oleh manusia. Karena itu adalah sumber daya yang ada dari alam/bumi ini tampa buatan manusia. Manusia hanya dapat melakukan daur ulang terhadap sumber daya alam tersebut, yaitu mengolah kembali bahan yang telah dipakai agar dapat digunakan kembali. Atau dengan penghematan pemakian sumber daya alam tersebut.

Teringat akan pelajaran waktu semasa duduk dibangku sekolah. Dimana kita diajarkan mengenai sumber daya alam yang ada dibumi ini. Salah satunya adalah minyak bumi yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Artinya minyak bumi jika sudah habis ya habis, kita tidak akan memilikinya lagi. Oleh karena itulah kita sebagai penikmat sumber daya alam yang ada untuk menjaga dan menghemat pemakaian minyak bumi, gas alam,emas perak, batubara agar tetap lestari dan tetap dapat kita pakai lebih lama dan lebih lanjut kegenerasi berikutnya.

 Apa itu minyak bumi ?

Minyak bumi sangat erat hubungannya dengan segala aktivitas kita sehari hari. Minyak bumi adalah sumber daya alam yang dipergunakan manusia sebagai bahan bakar. Setelah diolah minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar minyak kendaraan, bahan bakar untuk menggerakkan mesin-mesin produksi. Jenis olahan minyak bumi adalah seperi bensin, solar, pertamak, minyak tanah juga olahan dari minyak bumi. Begitu banyak fungsi dan pentingnya minyak bumi ini. Jadi kita bisa bayangkan jika minyak bumi habis bagaimana nasib kita.

Minyak bumi berasal dari hewan (plankton) dan jasad-jasad renik yang telah mati berjuta-juta tahun. Akibat adanya tekanan permukaan tanah di bumi serta pengaruh suhu di bumi berubah menjadi cairan pekat yang disebut minyak bumi. Oleh karena itu letak minyak bumi ada di kedalaman berpuluh- puluh meter dari permukaan tanah, bahkan kadang juga letaknya di bawah laut, dan manusia harus menggali untuk mengambilnya.

Alternatif pengganti bahan bakar

Pernah mendengar Bioteknologi? Apa itu bioteknologi? Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilan produk dan jasa guna kepentingan manusia. Dalam bioteknologi biasanya digunakan mikroorganisme atau bagian-bagiannya untuk meningkatkan nilai tambah suatu bahan.  Bioteknologi dapat dikembangkan pada sektor pertanian, kesehatan, peternakan dan pada bahan bakar.

Bahan bakar minyak bumi adalah  termasuk sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Suatu saat pasti habis, dan kita tentunya kita harus berpikir dari sekarang. Alternatif apa yang dapat kita gunakan sebagai pengganti jika sumber energi bahan bakar minyak itu habis? Saat ini telah ditemukan dua jenis bahan bakar yang diproduksi dari fermentasi limbah, yaitu Biogas (metana) dan gasohol (alcohol). Biogas adalah gas metana (CH4) yang dihasilkan dari penguraian bahan organik oleh mikroorganisme yang terdapat di dalam kotoran ternak. Gas metana dipakai sebagai penghasil energi panas untuk memasak mirip gas elpiji (LPG). Energi biogas ini lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan energi dari minyak bumi dan batubara karena tidak membuang gas-gas pencemar udara berupa karbon monoksida (CO). Disamping itu, limbah dari kotoran ternak yang telah diambil biogasnya dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Hasil uji coba pemanfaatan biogas dari kotoran enam sapi dapat menghasilkan energi yang cukup untuk keperluan sehari-hari seperti memasak,lampu penerangan, dan memanaskan air untuk tiga orang.

Di Negara Cina dan India sudah ada terdapat beberapa kelompok masyarakat yang hidup di desa yang telah menerapkan teknologi fermenter Biogas untuk menghasilkan metana. Bahan baku terknologi termenter tersebut adalah feses hewan,daun-daunan,kertas dan lain-lain yang akan diuraikan oleh bakteri dalam fermenter.  Jadi sesuatu yang kita anggap sampah dan tidak berguna dapat kita olah untuk sesuatu yang menghasilkan. Sedangkan tekonologi gasohol telah dikembangkan di Brazil sejak harga minyak meningkat sekitar tahun 1970. Gasohol dihasilkan dari fementasi kapang terhadap gula tebu yang melimpah. Gasohol bersifat murah, dapat diperbaharui dan tidak menimbulkan polusi.

Bioteknologi pengolahan limbah

Apa yang dapat kita lakukan untuk menghemat pemakaian energi bahan bakar? Kita tentunya selalu berhubungan dengan sampah dan barang-barang bekas seperti kaleng,kertas bekas dan sisa makanan , sisa aktivitas pertanian atau industri yang  sudah tidak dikehendaki oleh manusia. Bahan –bahan tersebut dinamakan limbah atau sampah. Keberadaan sampah sangat tidak kita suka dan  limbah sangat mengancam lingkungan. Oleh karena itu harus ada upaya yang kita lakukan untuk menanganinya. Penanganan sampah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan ditimbun, dibakar atau didaur ulang. Daur ulang adalah proses penanganan sampah yang baik bagi lingkungan. Salah satu contoh proses daur ulang sampah yang telah diuji pada beberapa sampah tumbuhan adalah proses pirolisis. Yaitu proses dekomposisi bahan-bahan sampah dengan suhu tinggi pada kondisi tampa oksigen. Dengan cara ini sampah dapat diubah menjadi arang,gas (misal metana) dan bahan anorganik. Bahan-bahan tersebut dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar. Kelebihan bahan bakar hasil proses ini adalah rendahnya kandungan sulfur, sehingga cukup mengurangi tingkat pencemaran.


Contoh  hasil dari proses pirolisis yang dapat digunakan sebagai  bahan bakar adalah arang. Arang diperoleh dengan memanaskan kayu sampai lengkap pirolisis (karbonisasi), hanya meninggalkan karbon dan anorganik abu. Jenis-jenis arang ada terdiri dari arang kayu,arang sekam padi, arang serbuk gergaji, briket arang. Arang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar.  Salah satu contoh lain yang sangat mudah dan memasyarakat adalah penggunaan serbuk gergaji sebagai bahan bakar untuk memasak. Penggunaaan serbuk gergaji sebagai alternatif penghematan energi  bahan bakar dikalangan industri rumah tangga dikarenakan harganya yang irit dibandingkan dengan penggunaan minyak tanah. Untuk penggunaanya  kita harus memiliki sebuah perapian yang nantinya dipakai untuk memadatkan serbuk gergaji yang akan digunakan. Dimana bentuk dan ukuran perapian yang digunakan  adalah seperti sebuah tabung, atau lebih tepatnya berbentuk sebuah silinder yang dapat dibuat dengan menggunakan semen. 

Semua ada didepan mata kita. Kita hanya perlu lebih jeli memanfaatkan apa yang ada tercipta dibumi ini demi kelestarian bumi tercinta.
 



Day 26- Yosua 16 -18

Yosua 16 -18 Hari ini aku belajar bahwa untuk menikmati janji Tuhan dalam kehidupanku aku harus melakukan tindakan. Aku ga boleh ...