Oct 25, 2012

"Penghargaan yang terlupakan"

 

Ini memang cerita lama, tadi aku mencek beberapa email yang pernah aku kirim. Dan hal ini  mengingatkanku pada piagam penghargaan diatas. Waktu itu aku ikut event lomba menulis puisi yang bertema Hari Bumi. Yang diselenggarakan Tri Lego Indah. Setiap peserta yang mengikutinya diberikan piagam penghargaan. Senang mendengarnya. Udah lama memang sekitar tahun 2011, tapi gak apalah diposting ceritanya sekarang walaupun udah telat hehehe. Makasih ya Mbak Tri. Kapan-kapan adain laginya event-event seperti ini :)

Ini dia puisi yang kuikut sertakan dalam event ini 

KEKUASAAN ITU MERUSAK KEINDAHAN BUMI INI

Lihatlah laut itu besar dan luas wilayahnya
disitu bergerak, tidak terbilang banyaknya binatang – binatang yang kecil dan besar
Disitu kapal – kapal berlayar, para pencari kerja mencari nafka
Engkau membuatkan mata air di lembah lembah , anak sungai mengalir di antara bukit- bukit
Dari langit Kauturunkan hujan di pegunungan, bumi penuh dengan hasil karyaMu
Pohon – pohon mendapatkan hujan melimpah
Disitu bersarang lah burung – burung, mereka berkicauan diantara daun daunan
Tak terkatakan keindahan bumi ini
Gunung – gunung tinggi menjadi tempat kambing hutan
Bukit – bukit batu adalah tempat perlindungan bagi pelanduk
Engkau menumbuhkan rumput untuk hewan
Dan bagi manusia segala macam tanaman untuk dapat menikmatinya
Matahari terbit dari timur dan terbenam di barat
Musim berganti sesuai dengan waktunya
Sungguh indah ciptaanMu Tuhan bumi penuh dengan keindahanMu
Tapi kini sebagian keindahan itu memudar
Tiada lagi terlihat perpohonan hijau
Air laut tercemar oleh tindakan manusia itu sendiri
Hewan hewan yang unik telah pada punah dihabisi untuk kesenangan pribadi
Tiada lagi tempat perlindungan di gunung dan bukit- bukit
Semuanya seperti menjadi permusahan diantara makhluk yang ada di bumi ini       
Manusia yang Engkau ciptakan  tuk berkuasa atasnya
Menyalahi dan merusakkan keindahan bumi ini
Siapkah engkau mempertanggung jawabkan ini semua
Atas kekuasaan yang telah diberikan bagimu untuk berkuasa atasnya wahai manusia?










 

"menanti"

menantimu dalam janji yang kau ucapkan
katamu kau akan datang
aku masih ingat kata yang terucap itu

ah, itu tidak mungkin
kata orang itu semua adalah maya
itu semua adalah bohong
itu semua tidak mungkin

dimana kuletakkan
rasa percayaku ini
didirimukah
atau kenyataan yang didepan mataku

Pict from google

Oct 17, 2012

Ada Apa Dengan Pesawat Jatuh

Ada apa dengan pesawat jatuh aku beri judul karena memang peristiwa ini menjadi heboh bukan karena pesawatnya yang jatuh tetapi tindakan pelarangan peliputan jurnalis oleh pihak TNI -AU. Peristiwa pesawat jatuh terjadi semalam 16 Oktober 2012. Sebuah pesawat tempur Hawk 200 TNI buatan Inggris jatuh sekitar pukul 10.30 WIB di Desa Pandau Jaya, Pasir Putih, Siak Hulu Kampar- Riau. 

Tidak ada korban dari jatuhnya pesawat tersebut, karena pilot pesawat selamat. Tetapi keheboan jatuhnya pesawat tersebut membawa korban kepada wartawan yang meliput peristiwa itu. Sehingga berita yang menjadi pusat center nya adalah korban wartawan bukan korban pesawat jatuh. Ada apa sebenarnya dengan pesawat yang jatuh tersebut ya sehingga tidak boleh diliput oleh media? (menjadi tanda tanya) Apakah peristiwa tersebut tidak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Mungkin memang pihak TNI hanya ingin masyarakat tidak berada dekat disekitar jatuhnya pesawat dikarenakan pesawat tersebut terbakar dan kuatir akan mengenai masyarakat sehingga tidak boleh berdekatan langsung dengan TKP. Sangat disayangkan peristiwa kekerasan tersebut terjadi. Wartawan hanya menjalankan profesi mereka sebagai pembawa berita kepada publik. Seharusnya ada kerjasama dalam berbagai pihak. Hendaknya dalam kasus apapun komunikasi memang penting sehingga tidak ada salah paham dan tindakan kekerasan pun tidak terjadi. Berlatih bersabar dalam menanggapi segala peristiwa :) 

Oct 15, 2012

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran

Tawuran merupakan suatu kegiatan perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok atau suatu rumpun masyarakat. Di Indonesia tawuran sering terjadi pada kalangan pelajar, mahasiswa ataupun warga desa. Tawuran sendiri bisa terjadi hanya karena masalah yang sepele tetapi dianggap besar karena ada perasaan tersinggung dan melecehkan salah satu kelompok. Aksi tawuranpun dilakukan terang -terangan di jalan raya seperti beberapa kasus tawuran pelajar yang kita lihat di ibukota akhir-akhir ini. Dan tawuran sendiri menghasilkan dampak yang negatif seperti berakibat kematian,kerusakan fasilitas umum, dan kerusakan mental pelaku serta masyarakat disekitarnya.

Berikut ada beberapa berita  mengenai tawuran antar pelajar:

1. Di Palembang Tawuran antara SMU Karya Sejati dengan Sekolah Menengah Persatuan Guru RI. Sebanyak 15 pelajar ditangkap setelah tawuran yang mengakibatkan seorang siswa tewas dan seorang lainnya terluka.  

2. Tawuran pelajar antara SMA Kartika dan SMA 87 tanggal 06 Agustus 2012 di Jakarta. Tawuran ini menewaskan seorang pelajar yaitu Jeremy Hasibuan siswa SMA Kartika yang tewas karena mendapatkan luka bacok di kepalanya.

3. Tawuran antara SMK Kartika Zeni, Matraman, dan SMA Yayasan Karya 66 (Yake), Kampung MelayuTawuran antar pelajar ini menewaskan Deni Yanuar siswa SMA Yake. Deni  tewas karena terkena sabetan celurit di dada sebelah kirinya. 

4. Tawuran antara SMA 70 dan SMA 6 di Bulungan Jakarta Selatan pada tanggal 24 September 2012 pada pukul 12 :10. Tawuran pelajar ini  menewaskan Alawy Yusianto Putra  siswa SMA 6  yang tidak ikut tawuran, tewas akibat kena bacok. Dan ada beberapa siswa yang luka-luka.

foto

5. Tidak hanya pelajar tingkat sekolah menengah saja yang terlibat tawuran, di Makasar pada tanggal 12 Juli 2006 mahasiswa Universitas Negeri Makasar terlibat tawuran dengan sesama rekannya disebabkan pro dan kontra atas kenaikan biaya kuliah. Tawuran tersebut mengakibatkan sejumlah mahasiswa luka-luka dan 8 unit motor hangus terbakar dan rusaknya ruang perkuliahan.

Berdasarkan data dari Komisi Nasional Perlindungan Anak, ketua komisi Arist Merdeka Sirait berkata "sedikitnya ada 16 siswa lain yang tewas akibat kasus serupa sepanjang tahun 2012. Mereka berasal dari 86 kasus tawuran antar pelajar yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Ada puluhan lain yang mengalami luka berat maupun ringan akibat perkelahian itu."

Sangat tragis korban kasus tawuran yang terjadi setiap tahun terus meningkat.  Komnas Perlindungan Anak  mencatat pada 2011 tawuran pelajar mencapai 339 kasus dan korban tewas 82 orang. Jumlah ini meningkat 165 persen dari 128 kasus tahun sebelumnya.

Penyebab terjadinya Tawuran

Menurut saya ada beberapa penyebab terjadinya tawuran yaitu sebagai berikut :
1. Diri sendiri pelaku
Mental dari setiap individu diuji, dengan  beradunya rasa gengsi dan solidaritas diantara sesamanya. Dikalangan pelajar sendiri penyebab tawuran karena ingin menunujukan siapa diri mereka sendiri, pelajar merasa tertantang dengan sesama pelajar lainnya. Dengan alasan untuk pencarian jati diri sendiri mereka.

2. Keluarga/ Orangtua
Tawuran antar pelajar disebabkan kurangnya perhatian dari orangtua. Orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya terkadang melepas perannya kepada pihak sekolah. Memiliki rasa tertolah dirumah/dikeluarga membuat pelajar mencari pelampiasan kepada hal-hal yang dianggapnya bisa menerima dirinya. Keluarga yang broken home juga penyebab adanya kalangan pelajar ingin mencari jalan cerah buat masalahnya. 

3. Sekolah, Masyarakat dan Pemerintah
Tekanan yang diterima pelajar disekolah juga dapat penyebab terjadinya tawuran, pelajar mengalami stress terhadap sistem pendidikan disekolah. Tertolaknya pergaulan pelajar disekolah dikarenakan adanya kelompok-kelpmpok pelajar atau sering disebut geng yang dibentuk sendiri. Juga disebabkan  tuntunan terhadap kemajuan teknologi yang semakin berkembang tetapi tidak diimbangi dengan kemajuan perekonomian pelajar. Tidak tersalurkan secara positif potensi yang ada di dalam diri pelajar karena  kurangnya sarana dan prasarana untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri pelajar tersebut. 

Cara Mencegah Tawuran
Dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab-penyebab terjadinya tawuran maka cara mencegah tawuran tersebut juga terpusat pada tiga kelompok penyebab terjadinya tawuran itu. 
1. Diri sendiri 
Tanamkan dalam diri kita sendiri akan cinta perdamaian, akan cinta kerukuran dan persaudaraan. Kita adalah satu saudara berbangsa dan bernegara yang berinduk pada bangsa kita Indonesia.
2. Keluarga/Orantua
Bagi Orangtua berikan contoh hidup yang baik kepada anggota keluarga dalam perbuatan,perkataan dan hubungan sosial dengan orang lain. Berikan waktu untuk sharing dan mendengar apa yang dirasakan anak dalam sehari- harinya. Berikan contoh untuk taat akan ibadah sehingga kepribadian anak juga dibentuk dengan iman dan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama. Jika anak salah berikan mereka teguran/hukuman yang tepat sehingga ada rasa jera dan takut untuk tidak mengulanginya lagi. Berikan anak kasih dan cinta yang cukup dari orangtua sehingga mereka akan selalu ingat bahwa mereka punya keluarga dan orang-orang terdekat.
3. Sekolah,Masayarakat dan Pemerintah
Bagi sekolah berikan aturan disiplin yang tegas dan teratur kepada pelajar. Berikan hukuman jika bersalah sehingga ada rasa takut dan jerah kepada pelajar. Lakukan razia dan pemeriksaan rutin terhadap apa yang dibawa oleh pelajar. Berikan bimbingan rohani setiap akhir minggu disekolah sesuai agama masing-masing pelajar. Pertambah bidang kegiatan ektrakurikuler disekolah sehingga semua hobi dan kreativitas yang dimiliki pelajar tersalur dengan baik. Juga sekolah ikut berpartisipasi dan mensuport pelajar untuk ikut serta dalam kegiatan -kegiatan sekolah. Seperti ikut serta dalam perlombaan tingkat pelajar dalam bidang masing-masing pelajar  sehingga meningkatkan motivasi pelajar yang diarahkan kearah yang terdidik. Contoh ikut serta dalam lomba pertandingan olahraga, lomba karya tulis, lomba cerdas cermat, lomba kreativitas sekolah. Jalin hubungan yang baik dengan sekolah-sekolah yang ada disekitar daerah sehingga tercipta kerukuran antar sekolah.
Bagi Masyarakat ikut serta menjaga keamanan dari segala macam bentuk tawuran. Menjaga tutur kata dan perbutan dilingkungan sosial dengan tidak memancing emosi dan rasa cemburu antar warga. Ciptakan lingkungan yang bersahabat dengan sesama warga disekitar tempat tinggal. Bentuk kegiatan-kegiatan untuk menumbuhkan rasa solidaritas dilingkungan sekitar. Seperti adakan kegitan gotong rayong antar kampung, kegiatan poskamling, kegiatan menanam pohon dan peduli lingkungan, serta kegitan positif yang menumbuhkan rasa persaudaraan antar masyarakat.

Bagi Pemerintah berikan sistem pendidikan yang membuat pelajar untuk termotivasi belajar dan berkreativitas. Lengkapi dan ciptakan sistem pendidikan yang rata dan bermutu disetiap sekolah sehingga tidak ada rasa gengsi dan minder antar sekolah. Perlengkapi setiap sekolah dengan komputer dan teknologi yang lengkap serta infrastruktur yang layak dan bemutu sehingga pelajar merasa nyaman dan bersemangat untuk menikmati sistem pendidikan. Perbaharui dan evaluasi cara mendidik disetiap sekolah -sekolah. Lakukan kunjungan dinas ke sekolah-sekolah untuk meninjau langsung proses dan pembelajaran disekolah. Bagi satuan pengamanan lakukan pengamanan 24 jam penuh disetiap daerah-daerah yang merupakan titik terjadinya tawuran. Cepat dan tanggap bila mendengar adanya kabar tawuran dan langsung bertindak mengamankannya.   

Cara Menanggulangi Tawuran

Bagi keluarga jika anak terlibat tawuran jangan mengucilkan dan menghakimi mereka. Memberikan hukuman bukan dengan menyudutkan mereka. Berikan perhatian extra dan lindungi mereka dari pengaruh buruk lingkungan yang salah. Bagi sekolah  beri perhatian khusus bagi pelajar yang sering terlibat tawuran. Beri bimbingan lewat Guru bimbingan yang ada disekolah. Ajak dan kumpul mereka untuk berdiskusi dan bertanya mengapa dan alasan apa mereka melakukan tawuran. Sehingga ada solusi dan  masukan bagi pelajar tersebut untuk tidak melakukannya lagi. Lakukan kunjungan dan diskusi antar sekolah  yang mengalami tawuran, dengan memecahkan masalah yang menjadi alasan pelajar tawuran. Serta terakhir mari Pemerintah dan masyarakat  kembali mengingat sumpah pemuda yang dibacakan pada konggres pemuda tanggal 28 Oktober 1928  yang mengaku  bertumpah darah satu yaitu tanah air Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Mari sama-sama  berkata bahwa kita adalah satu. Satu saudara,satu tanah air satu negara yaitu negara Indonesia yang layaknya hidup rukun dan bersatu.

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bersatu: Cara Mencegah Dan Menanggulangi Tawuran
Indonesia Bersatu

"Tertipu dalam Ingatan Masa Lalumu"



Aku kuatir rasa cemburu ini akan terus ada selama kamu mengingat kisah masa lalumu. Katamu hal yang tak pernah terlupakan dalam hidupmu. Tentu aku bisa menebak siapa yang kamu maksud. Oh, "tidak." Akankah aku melakukan kebodohan lagi atas kepercayaan. Mungkin memang benar aku tertipu dalam balutan rasa nyaman ini. Bagaimana bisa aku percaya. Maya oh Maya kamu menipu aku lagi. 
Sebuah penggalan fiksi yang belum siap.

Oct 11, 2012

Hadiah Giveaway

Udah hampir sebulan lebih  ternyata aku baru sempat posting hal ini  Hehehe. Maafkan daku bukan tidak tau berterimakasih tapi memang tidak sempat menuliskan postingannya dikarenakan kesibukan yang tidak menentu. Aku berterimakasih kepada yang empunya blog CINTA DAMAI mbak Popi, Terimakasih hadiah Giveawaynya telah sampai. Aku lupa kapan tepat waktunya lagi, aku juga tidak sempat foto paket hadiahnya dikarenkan sudah dibuka duluan sama orang yang menerimanya dirumah. 

Sedikit mengulas balik waktu itu Mbak Popi ngadain Giveaway yang  bertema Asyiknya berbisnis dengan membuat sebuah postingan tentang Bisnis apa yang ingin kamu jalani dan kenapa pilih bisnis itu? Dan akupun ikut serta dengan membuat sebuah postingan tentang bisnis yang ingin kujalani disini postingannya. Dan Horeeee Jasmine sebagai Juri dalan Giveaway ini mengambil nama yang ada namaku. Karena pemenangnya ditentukan dengan pilihan acak dan dipilih oleh Jasmine anaknya Mbak Popi. Postingan pengumumannya dapat dilihat disini.

Ini dia hadiahnya  berupa Satu buah Parfume Babes Crazy Kiwi by Oriflame 


Terimakasih ya mbak Popi buat Giveawaynya dan sebuah Parfume Babes Crazy Kiw. Aku sangat senang. Sering-sering adain GA lagi ya!!!! dan Semoga aku bisa nyusul membuat sebuah Giveaway di blogku :)

Oct 1, 2012

October

Pict from google

Bulan Oktober telah datang. Bulan kesepuluh ditahun ini. Bulan yang diawali huruf pertama "O." Memasuki bulan ini diawali ulangtahunnya keponakanku Owen yang ke -9 tahun. Happy B'day ya Owen!!! panjang umur, sehat selalu, sukses dalam belajar semakin cinta Tuhan, semakin cinta keluarga, sukses mencapai impian dan cita-citamu sayang God bless u. Amen. 

Tanggal 1 Oktober juga diperingati sebagai Hari kesaktian Pancasila untuk mengenang Gerakan 30 September oleh PKI pada 1965. Tentu kita tau apa sejarah yang terjadi dinegeri kita sekitar tahun 1965. Tentang 7 pahlawan Revolusi. Aku sih gak terlalu ingat tentang sejarah ini detainya seperti apa. Tapi, aku tau sedikit tentang  sejarah ditanggal 30 September dan 1 Oktober 1965.

Pancasila adalah dasar negara kita Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sila yang pasti kita ingat karena selama duduk dipendidikan sekolah kita pasti ingat pembina upacara selalu sebutin 5 sila tersebut. Yaitu : 
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Cerita diatas untuk mengingat memori kita akan sejarah yang pernah terjadi di negera kita ini. Yuk, lanjut lagi ke tentang Oktober. Didalam bulan Oktober ini juga banyak saudara dan famili2 aku yang berulang tahun. Ada kakakku yang nomor 2 "kak Ros" Happy B'day to you. Ada sepupuku "Kasih dan Bintang" happy B'day to you. Sepertinya ada lagi, tapi aku rada gak ingat benar siapa. Pokoknya bertambahnya satu usia lagi semoga bisa menjadi lebih baek dari tahun dan bulan-bulan yang telah berlalu.

Bulan ini sebenarnnya mengingatkanku pada apa yang sebenaranya ingin kucapai diakhir tahun ini. Karena ini adalah bulan yang mendekati habisnya tahun 2012. Tapi , semua rencana dan harapan yang telah kubuat diawal tahun dan tahun sebelumnya tidak bisa aku capai dan aku nikmati dipenghujung akhir tahun ini, karena aku kehilangan dia. Ya dia pergi tinggalin semua rencana dan impian yang kubangun. Tapi ya sudahlah, aku berusaha kuat,aku tegar,aku wanita yang kuat dan mandiri yang sanggup hadapin kegagalan ini. Aku masih punya sejuta mimpi-mipi lagi yang aku percaya aku bisa capai. Jika jatuh bangkit lagi, jika jatuh lagi bangkit lagi, dan jika jatuh lagi, bangkit terus pantang mundur dan pantang lelah. Semangat terussss :) 
 
Harapanku memasuki Oktober ini semakin lebih rajin. Terkadang mood yang kupunya jatuh turun oleh keadaan disekitarku. Untuk itu aku berharap di bulan Oktober ini aku memiliki semangat yang stabil sehingga dalam setiap apa yang kulakukan dalam pencapaian impianku  itu bisa fokus dan rajin. Semakin rajin membaca. Jujur dibulan kesembilan yaitu September, satu bukupun tidak ada aku baca/aku beli. Agak sedikit miris memang. Gimana mau lebih mendalami baca aja sekarang kurang. Ayok semangat lagi baca dan baca !!!!! Aku juga berharap dapat titik terang untuk Deadline 30 November tahun ini. Kalau tidak segera aku penuhi, bisa -bisa urusannya bisa tambah panjang. Untuk masalah ini aku belum bisa share lebih banyak. God tolong aku ya. Tolong bantu cari pentunjuk untuk masalah ini. Agar dananya bisa cukup sampai bulan November ini. Amen..

Yang penting tetap semagat. Oktober semangat terus yaaaa!!!!. Apa yang tak pernah dipikirkan,yang tidak pernah timbul didalam hati,apa yang tak pernah dilihat mata. Aku percaya Sang Pencipta jauh lebih tau dan telah menyediakannya untuk anak-anak yang berharap kepadaNya.

Day 6 - 2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17

2 Sam 6 -7, 1 tawarikh 17 Aku sangat kagum akan kecintaan Daud pada Allah.  Setelah kerajaannya kokoh, Daud tidak berdiam diri saja san...