"Viro, Live the Moments”

Bebarapa minggu kemarin, hujan melanda kotaku. Kota dimana aku dibesarkan dan bersosialisasi disini. Aku tidak pernah pergi dan merantau dari aku sekolah sampai aku bekerja dikota ini. Moment yang selalu datang setiap tahun dirumahku adalah banjir. Ya, banjir akan kurasakan setiap tahunnya jika  hujan yang deras mengguyur kotaku. Dua hari berturut turut hujan datang. Aku ingat itu hari senin dan rabu. Senin di malam harinya dan rabu disore harinya. Belum lagi aku siap membersihkan rumah hari senin itu. Rabunya hujan datang lagi. Hujan buat sebagian orang mungkin biasa saja. Tapi,buatku hujan harus berhati-hati dan berwaspada sedini mungkin. Apakah akan banjir jika hujan turun tiada hentinya.

Aku masih ingat Rabu aku pulang dari kantor. Aku menyadari datang hujan saat itu. Tapi tidak berpikir akan banjir karena aku melihat hujan  hanya sebentar didaerah tempat kerjaku. Tapi salah. Daerah tempat tinggalku hujan cukup deras. Berhubung Air hujan dihari Seninnya belumlah terlalu menyusut kering. Hujan disore hari Rabu itu membawa kondisi banjir buat aku. Jembatan yang biasa aku lewati untuk mencapai rumahku sudah penuh dengan air bagai sungai yang tiada tampak ujungnya dimana.

Ya, seperti yang kupikirkan dijalan melewati jembatan itu. Rumahku masuk air hujan. Capek kondisi seperti ini. Harus mengurasnya lagi,membersihkan kembali,meletakkan barang-barang diposisi semula lagi. Kondisi rumah bagai kamar mandi. Penuh air disetiap bagian. "Aku capek" kata yang keluar dari mulutku merasakan hal seperti ini.

Gak menunggu banyak waktu  lagi aku segera membersihkan ruangan yang dimasuki air. Agar tidak menyebar luas  dan semakin meninggi nantinya. Semangat '45'. Aku memberi judul pada semangat yang bergelora didalam jiwaku. Ambil ember,sekop,sapu,kain pel. Ini harus diselesaikan secepatnya. Hari semakin malam nantinya dan aku butuh rumah yang bersih untuk beristirahat malam harinya.

Awal yang kubersihkan adalah kamar. Bagiku kamar adalah istana buatku. Aku tidak mau barang-barang didalam kamar rusak terkena air. Terutama buku-bukuku. Aku sudah pernah mengalami buku-buku sekolahku beberapa tahun yang lalu direndam banjir. Karena air banjirnya mencapai setengah dari betisku. Aku menguras air yang masuk dikamar. Aku menggambarkan rumahku berbentuk kotak yang dipagari beton-beton penghalang air masuk. Jadi ketika air sudah masuk kerumah kita tidak bisa membuang begitu saja secara langsung. Karena rumah sudah dikelilingi tembok penghalang. Harus dikuras sendiri dan diambil sendiri airnya lalu dibuang kearah luar.

Capek. Aku merasakan capek. Setelah sehari bekerja aku harus melakukan pekerjaan menguras dan membersihkan lagi rumah dalam kondisi seperti ini. Mama yang melihatku bekerja membersihkan rumah mengatakan "jangan lupa minum". Jangan sampai pinggangmu sakit nantinya. "iya ma" aku langsung menjawab.

Aku meninggalkan pekerjaanku sesaat dan pergi kedapur. Ambil air minum dan melepas rasa capek ini. Ya, aku menyadari kita butuh air minum. Kita butuh air pengganti ion tubuh kita. Kebiasaanku bangun pagi wajib minum air putih segelas, sebelum melakukan aktivitas yang lain. Sudah jadi kebiasaan dikeluargaku. Bapak sebagai pemberi saran pertama dan dia sering malakukan hal itu. Dan pada jaman sekolah aku juga suka membawa air putih kemana-mana. Didalam tasku selalu ada air putih. Pergi jalan keluar dari rumahpun selalu bawa air putih. Hal yang selalu kuingat dan kulestarikan.

Air putih itu begitu penting. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Kita dapat bertahan tidak makan selama 7 hari, tapi kita lemah dan tidak kuat bila tidak minum air selama 3 hari.

Berikut ini ada tujuh  manfaat minum air putih bagi kesehatan kita yang kuambil dari beberapa sumber :

1. Tetap Langsing Dengan Air
Mencoba untuk menurunkan berat badan? Air meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman sarat-kalori dengan air, dan minum segelas sebelum makan untuk membantu Anda merasa lebih kenyang. Minum lebih banyak air juga membantu meningkatkan amper metabolisme – terutama jika gelas Anda dingin. Tubuh Anda harus bekerja untuk menghangatkan air, dalam proses membakar beberapa tambahan kalori.

2.Air Mendorong Tenaga Anda
Jika Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga, minumlah air. Dehidrasi membuat Anda merasa lelah. Air membantu darah mentransportasi oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel. Jika Anda mendapatkan cukup air, jantung Anda juga tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

3.Menurunkan Stres Dengan Air
85% dari jaringan otak Anda adalah air. Jika Anda mengalami dehidrasi, baik tubuh dan pikiran Anda akan menjadi stres. Jika Anda merasa haus, Anda sudah mengalami sedikit dehidrasi. Untuk menjaga tingkat stres turun, cadangkanlah segelas air di meja Anda atau membawa botol minuman dan minum sedikit demi sedikit secara teratur.

4.Membentuk Nada Otot Dengan Air
Air minum membantu mencegah kram dan melumasi otot sendi di dalam tubuh. Bila Anda terhidrasi dengan baik, Anda dapat berolahraga lebih lama dan lebih kuat tanpa “menghantam tembok .”

5.Memelihara Kulit
Garis-garis halus dan kerutan lebih dalam ketika Anda mengalami dehidrasi. Air adalah krim kecantikan alami Anda. Minum air menghidrasi sel-sel kulit dan mengankat mereka kembali, membuat wajah Anda tampak lebih muda. Ia juga mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, membuat wajah Anda bersih, jernih, dan bercahaya.

6.Tetap Teratur Dengan Air
Seiring dengan serat, air sangat penting bagi pencernaan yang baik. Air membantu melarutkan partikel limba dan meluluskan mereka dengan lancar melalui saluran pencernaan Anda. Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menyerap semua air, meninggalkan usus besar Anda kering dan membuatnya lebih sulit untuk meluluskan kotoran.

7.Air Mengurangi Batu Ginjal
Tingkat penyakit batu ginjal yang menyakitkan meningkat karena orang – termasuk anak-anak – tidak minum cukup air. Air mencairkan garam dan mineral dalam urin yang membentuk kristal padat yang dikenal sebagai batu ginjal. Batu ginjal tidak dapat terbentuk dalam cairan urin, maka itu kurangi risiko Anda dengan banyak air. 

Banyaknya manfaat yang kita peroleh dari minum air putih. Kita juga harus teliti dan waspada memilih produk air mineral. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Serta telah lulus dalam uji TDS (Total Water Solid), TDS sendiri digunakan untuk mengukur kadar kemurnian air dari mineral anorganik. Uji ini penting karena sebenarnya Air tidak mengandung kadar mineral lain selain H2O.

 
Viro water telah menjadi salah satu produk air minum dalam kemasan yang dipercaya karena mutu dan kemurniannya. VIRO water telah memenuhi semua syarat tersebut dengan membuktikan hasil uji klinis dengan menghasilkan air yang tidak berbau, berwarna, serta mengandung nilai TDS sebesar 19-24 ppm atau termasuk dalam air mineral yang aman untuk dikonsumsi. VIRO water sangat memperhatikan kualitas dari produk, diawali dengan proses pemilihan, pengolahan dan pelestarian air baku. Karena hanya bahan baku terbaiklah dan lolos dari proses uji laboratorium yang akan digunakan, sehingga segala kebaikan air sehat dapat dijaga hingga dapat dikonsumsi oleh konsumen

Pesanku jangan lupa jaga kesehatan kita. Jauh lebih penting dari materi yang kita cari kesehatan yang lebih utama. Minum air putih salah satu cara kita menjaga kesehatan. Postingan ini saya ikutkan dalam lomba Ngeblog bareng Viro.

Day 29- Hakim hakim 1 -2

Hakim hakim 1 -2 Setelah kematian Yosua. Israel bertanya kpd Tuhan siapkah yang harus lebih dahulu maju menghadapi Kanaan? Firm...